6 Ide Kreasi dan Inovasi dari Kain Perca, Kreatif!

Senin, 29 November 2021 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

6 Ide Kreasi Dan Inovasi Dari Kain Perca, Kreatif!

Foto: Mudanesia

Ladiestory.id - Kain perca adalah potongan kecil atau sisa bahan kain yang dihasilkan dari proses produksi pakaian, celana atau yang lainnya. Sisa bahan produksi ini ternyata bisa dimanfaatkan dan dikreasikan sehingga menjadikan suatu barang yang bermanfaat dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Kreasi dan Inovasi Kain Perca

Buat kamu yang memiliki kain perca di rumah, kamu bisa mengkreasikan kain tersebut menjadi suatu barang, yang bisa kamu gunakan atau untuk dijual. Berikut beberapa contoh hasil kreatifitas yang bisa kita buat dari kain perca.

1. Sarung Bantal

Foto: Dekoruma

Contoh kreativitas yang pertama kain perca adalah sarung bantal. Tidak hanya berfungsi  sebagai alas kepala saat tidur, tetapi bisa menjadi benda dekorasi utama di dalam kamar dan di kursi.

Kamu bisa membuat sarung bantal yang unik dan menarik menggunakan kain perca. Hal ini sangat bermanfaat untuk kamu, setidaknya kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli sarung bantal yang baru.

2. Keset Kaki

Foto: Lazada

Benda yang satu ini sering kamu jumpai di setiap rumah. Keset kaki selalu ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan memanfaatkan sisa kain perca yang sudah tidak digunakan, kamu bisa membuat keset kaki sendiri.

Selain mengurangi limbah, kamu dapat menjaga kebersihan rumah dengan membuat kreativitas keset yang unik dan bervariasi. Keset kaki juga bisa kamu jual ke teman-teman kamu yang membutuhkan lho.

3. Alas Makan atau Placemat

Foto: Qorry Felt

Kreasi lain yang sangat mudah dibuat adalah alas makan atau placemat. Selain simpel, teknik dasar pembuatannya cukup mudah. Kamu cukup menyambungkan potongan kain perca dari berbagai motif kemudian kamu bentuk sesuai dengan keinginan kamu.

Kamu bisa menyalurkan kreativitas kamu dengan membuat bentuk-bentuk placemat misalnya bentuk lingkaran, heksagon atau bentuk yang lainya. Dengan begitu tampilan meja makanmu akan lebih menarik.

4. Kalung

Foto: Pinterest

Kalung merupakan salah satu aksessoris yang biasa dipakai semua wanita, baik kalangan muda atau tua. Kalung tidak hanya dibuat dari emas saja, melainkan bisa dari kreatifitas lainnya misalkan kayu, plastik dan kain perca.

Bagi para penggemar kalung, tentunya kalung dari kain perca ini memiliki daya tarik sendiri. Kalung dari kain perca ini juga tak kalah mampu menjadikan penampilanmu lebih cantik dan keren.

5. Tas

Foto: Cara craft

Untuk menunjang penampilanmu, tak hanya kalung saja yang bisa dibuat dari kain perca. Kamu juga bisa membuat tas dari kain perca. Cukup menggunakan sisa potongan kain perca, dan beberapa tambahan aksesori lainnya, kamu bisa membuat tas yang unik, dan menarik.

Selain bisa kamu gunakan sehari-hari, kamu bisa menjual ke teman-teman kampus atau teman kantor kamu. Penggunaan tas dari kain perca saat ini juga terbilang cukup populer di pasaran. Ini bisa jadi salah satu ide bisnis kamu juga.

6. Boneka

Foto: Boneka baru

Manfaat kain perca lainnya adalah bisa kamu jadikan lahan bisnis. Kamu bisa membuat boneka dari kain perca dengan berbagai karakter sesuai dengan permintaan konsumen.

Selain memiliki nilai jual yang lumayan tinggi, peminat boneka juga banyak dan dari semua golongan. Tentunya dalam membuat boneka kamu harus memiliki inovasi, kreatifitas dan ciri khas boneka yang akan kamu buat agar bisa menarik perhatian.

Demikianlah beberapa kreativitas yang bisa kamu buat dari kain perca. Semoga bisa menjadi bahan referensi buat kamu yang bingung dalam mengelola kain perca.