Ada 5 Bahasa Cinta, Mana yang Kamu Sukai?

Jumat, 2 Februari 2024 | 00:00:00

KD Mumpuni

Penulis : KD Mumpuni

Ada 5 Bahasa Cinta, Mana Yang Kamu Sukai?

Ilustrasi Pasangan. (Creative Market)

Ladiestory.id - Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menerima dan mengekspresikan cinta. Beberapa orang lebih merasa dicintai melalui kata-kata pujian, sementara yang lain lebih memahami cinta melalui tindakan nyata.

Ketika kamu memahami bahasa cinta pasangan atau orang yang dicintai, kamu dapat berkomunikasi dengan lebih efektif dan membangun kedekatan yang lebih erat. Misalnya, jika pasangan kamu memiliki bahasa cinta berupa tindakan nyata (Acts of Service), kamu dapat membantunya dengan tugas rumah tangga atau memberikan dukungan nyata dalam hal yang dibutuhkan.

Dengan memahami bahasa cinta seseorang, kamu dapat menghindari kesalahpahaman dan ketidakcocokan dalam menyampaikan cinta.

Terkadang, kamu mungkin berusaha menyatakan cinta dengan cara yang kamu inginkan, tanpa memperhatikan bahasa cinta pasangan kamu. Misalnya, seseorang yang sangat menyukai memberikan hadiah mungkin berpikir bahwa pasangan kamu akan merasa dicintai dengan cara yang sama, padahal pasangan kamu mungkin lebih menghargai waktu berkualitas atau kata-kata pujian.

Menurut seorang konselor sekaligus penulis buku, Dr. Gary Chapman, setiap orang memiliki cara unik dalam menyampaikan perasaan cinta, dan memahami bahasa cinta seseorang penting untuk membangun hubungan yang sehat dan bahagia. Dr. Gary Chapman terkenal karena karyanya yang berjudul "The 5 Love Languages" (Bahasa Cinta).

Menurutnya ada lima bahasa cinta, sebagai berikut.

Words of Affirmation (Pujian)

Ilustrasi pasangan bahagia. (Pexels.com/veraarsic)

Ini berkaitan dengan kekuatan kata-kata. Orang yang memiliki bahasa cinta ini merasa dihargai dan dicintai melalui kata-kata yang positif, pujian, kata-kata penyemangat, atau ucapan terima kasih. Kata-kata yang menyentuh hati mereka memiliki dampak yang besar.

Acts of Service (Bantuan)

Ilustrasi act of service. (Pexels/cottonbro studio)

 Bagi mereka yang memiliki bahasa cinta ini, tindakan atau perbuatan nyata yang menunjukkan perhatian dan kesetiaan merupakan cara mereka menerima cinta. Hal-hal seperti membantu dalam pekerjaan rumah, memberikan bantuan tanpa diminta, atau melakukan sesuatu yang memudahkan hidup mereka sangat berarti.

Receiving Gifts (Memberikan Hadiah)

Ilustrasi Memberikan Hadiah Kepada Pasangan. (Freepik)

 

 

Ini bukan hanya tentang hadiah besar atau mahal. Orang dengan bahasa cinta ini merasa dicintai ketika mereka menerima hadiah yang bermakna atau refleksi dari perhatian dan perasaan dari orang yang memberikannya.

Quality Time (Waktu Berkualitas)

Ilustrasi quality time. (Pexels/Ketut Subiyanto)

Bagi mereka yang memiliki bahasa cinta ini, waktu yang diberikan secara penuh perhatian dan tanpa gangguan menjadi cara utama untuk menyatakan cinta. Berbicara secara mendalam, melakukan kegiatan bersama, atau sekadar berbagi momen bersama sangat penting.

Physical Touch (Sentuhan Fisik)

Ilustrasi pasangan berpelukan. (Special)

 

Untuk mereka yang memiliki bahasa cinta ini, sentuhan fisik, seperti pelukan, ciuman, atau kontak fisik lainnya, menjadi cara kuat dalam menyatakan cinta dan kasih sayang.

Pentingnya mengenal bahasa cinta seseorang agar kamu dapat menyampaikan bahasa cinta  dengan cara yang dapat mereka pahami dan terima dengan baik. Terkadang, kamu mungkin menyampaikan cinta dengan cara yang kamu anggap tepat, tetapi pasangan atau orang yang kamu cintai mungkin mengharapkan sesuatu yang berbeda.

Dengan memahami bahasa cinta orang lain dan berkomunikasi mengenai kebutuhan serta harapan, kamu dapat membangun hubungan yang lebih kuat secara emosional. Sekarang, sudahkah kamu tahu cara mengetahui bahasa cinta dari seseorang terkasih didekat kamu saat ini? Kalau sudah, apa bahasa cintanya dia untuk kamu? Bisikin dong Ladies.