5 Aktivitas Me Time Seru untuk Habiskan Waktu di Hari Libur

Kamis, 28 Juli 2022 | 12:15:00

5 Aktivitas Me Time Seru Untuk Habiskan Waktu Di Hari Libur

Ilustrasi Tanda Bahwa Perlu Cuti. (Pinterest)

Ladiestory.id - Saat weekend, kesempatan untuk beristirahat terlepas dari hari kerja yang padat, justru sering kali membuat stres. Sebagian orang mungkin menggunakan kesempatan hari libur hanya untuk tidur agar badan rileks atau pun berkumpul bersama teman dan keluarga terdekat. Namun, agar weekend kamu tidak bosan, kamu dapat lakukan aktivitas ini agar me time semakin seru.

Lakukan Hobi

Ilustrasi Melakukan Hobi Menulis. (Pinterest)

Salah satu cara untuk menghilangkan stres akibat padatnya jadwal di hari biasa adalah dengan melakukan hobi. Dengan kamu melakukan hobi, banyak sekali manfaat yang dapat kamu rasakan. Mulai dari memberikan waktu bersantai, mengistirahatkan tubuh dan otak sejenak, mengubah stres menjadi lebih positif, hingga memberikan kepuasan dan kebebasan.

Misalnya kamu melakukan hobi menulis atau menggambar. Dengan kamu menuangkan ide pikiran dalam sebuah tulisan atau gambar, selain menghilangkan stres atau penat, juga dapat menciptakan hasil karya buatanmu sendiri.

Dengan kegiatan ini, kamu akan memproses emosi dan mengalihkan perhatian dengan kegiatan yang disukai. Sehingga tak terasa rasa penat dan stres pada pikiran akan berkurang. Lakukan hobi yang dapat memberikan manfaat untuk kamu nikmati.

Pergi ke Tempat Favorit

Ilustrasi Pergi ke Tempat Favorit. (Instagram.com/museummacan)

Kegiatan ini bisa jadi pilihan kamu untuk meluangkan waktu agar pikiran tidak penat. Kamu bisa melakukan aktivitas ke tempat, seperti perpustakaan, taman hiburan, kebun binatang, atau ke mall.

Jika kamu memiliki kesukaan dalam membaca buku, saat ini banyak perpustakaan yang gratis dibuat pemerintah untuk kamu kunjungi. Selain sebagai tempat yang nyaman untuk kamu kunjungi, bisa juga meminjam buku sebagai bacaan saat waktu luang. Sehingga kamu dapat memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan produktif seperti ini.

Cara lainnya juga bisa dengan berkunjung ke museum, jika kamu ingin menyejukkan mata dengan melihat karya-karya terbaik. Banyak museum yang dibuka dan pendaftaran online yang bisa kamu kunjungi. Selain hilangkan penat, kamu juga dapat banyak pengetahuan dan inspirasi saat melihat karya-karya indahnya.

Kreatif dengan kreasikan DIY

Ilustrasi Membuat DIY. (Special)

DIY atau Do It Yourself adalah aktivitas membuat berbagai kreasi dengan benda yang kamu lakukan sendiri. Banyak artikel yang menampilkan berbagai DIY yang mudah diterapkan di rumah dan tentunya bermanfaat.

DIY biasanya membuat sesuatu berupa kerajinan tangan, pakaian, hingga perabotan rumah. Barang-barang yang tak terpakai biasanya digunakan untuk membuat DIY. Sehingga dengan kegiatan secara tidak langsung juga sekaligus mengurangi sampah dan membuatnya menjadi barang yang lebih berguna.

Menonton Film atau Drama Favorit

Ilustrasi Wanita Menonton Film. (Special)

Aktivitas me time lainnya adalah menonton film atau drama kesayanganmu. Tak harus bersama teman, kamu juga bisa menonton berbagai film atau drama sendirian, baik melalui bioskop atau pun di rumah saja dengan aplikasi berbayar.

Menonton film dapat menyehatkan pikiran dan mengalihkan pikiran sesaat dari rutinitas yang padat. Selain itu, menonton film juga dapat menjaga kesehatan mental.

Kamu bisa menonton film atau serial drama, baik lokal maupun dari luar negeri dengan mudah saat ini. Kamu juga bisa menyesuaikan dengan genre yang kamu sukai, misalnya romance. Aplikasi akan menampilkan saran film atau drama romance terbaik yang bisa kamu tonton.

Bersih-bersih Rumah

Ilustrasi membersihkan rumah. (Special)

Padatnya aktivitas di hari kerja, membuat sebagian orang sering tidak memikirkan keadaan rumah. Setelah pulang kerja pun, tubuh sudah cukup kelelahan untuk melanjutkan aktivitas di rumah.

Nah, jika demikian, maka membersihkan rumah bisa jadi kegiatan yang kamu lakukan saat weekend tiba. Lingkungan rumah yang rapi bisa membuat pikiran stres mereda dan tentunya lebih nyaman. Sebuah penelitian The Personality and Social Psychology Bulletin mengungkapkan, jika rumah yang tidak rapi akan menunjukkan tingkat depresi tertentu.

s