Tak Selamanya Buruk! 5 Alasan Bertengkar Baik bagi Hubungan

Senin, 2 Januari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Tak Selamanya Buruk! 5 Alasan Bertengkar Baik Bagi Hubungan

Ilustrasi Pasangan yang Bertengkar. (Special)

Ladiestory.id - Dalam sebuah hubungan, tentunya akan ada konflik dan masalah. Hubungan yang telah terjalin lama pun tidak bisa terlepas dari adanya cek-cok, amarah, kesalahpahaman, bahkan pertengkaran. Perbedaan karakter dan sifat pasangan membuat kondisi kedua belah pihak kadang tak terkendalikan.

Padahal, pertengkaran dalam suatu hubungan itu tidak selamanya buruk, lho. Ternyata ada pula hal positif yang bisa kamu ambil dan pelajari akibat bertengkar dengan pasangan. Berikut lima alasannya.

Jadi Diri Sendiri

Hilangkan Ego dengan Pasangan (Special)

Banyak orang yang beranggapan jika bertengkar dapat  memperkeruh suasana dalam hubungan. Bahkan, banyak pula pasangan yang gagal ditengah jalan dan memilih untuk berpisah. Mereka yang tak ingin menyerah dan tak mau mengalah tentu akan tetap konsisten menjadi dirinya sendiri. Tentunya sebagai pasangan, kamu bisa menyeimbangkan hubungan dan mengubah sudut pandang maupun sikap masing-masing. 

Hubungan yang sehat akan mengajarkanmu untuk menemukan versi terbaik dalam dirimu sendiri. Pertengkaran memang mengajarkan untuk menyadari sifat mana yang sebaiknya kamu tanamkan dalam diri dan sifat mana yang harus kamu ubah.

Walaupun menjadi diri sendiri, kamu tetap menjadi pribadi yang sesuai dengan karakter dan sifat yang kamu miliki.  Namun,  pertengkaran ini bisa mengajarkanmu berubah demi kebaikan diri dan kebaikan hubunganmu dengan pasangan.

Hargai Perbedaan Prinsip

Hilangkan Ego dengan Pasangan (Special)

Pertengkaran kadang kala juga sering diakibatkan adanya perbedaan prinsip antar pasangan, mulai dari sudut pandang, pola pikir, ataupun keputusan-keputusan yang akan diambil. Tak jarang, banyak pasangan yang bertolak belakang dan kurangnya sikap untuk menghargai prinsip pasangan.

Padahal, adanya perbedaan prinsip ini bisa digunakan untuk mengambil langkah dan keputusan bersama. Maka dari itu, pertengkaran yang sering timbul akibat perbedaan prinsip ini bisa membuat kamu dan pasangan untuk menghargai dan memahami prinsip yang kamu pegang masing-masing.

Nah, setelah kamu dalam kondisi berdamai, sebaiknya utarakan apa yang menjadi kesenjangan di antara kamu dan pasangan. Komunikasi yang baik juga bisa menghasilkan solusi yang baik pula.

Ungkap Kejujuran

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Special)

Jika pertengkaran yang timbul di antara kamu dan pasanagan karena kurangnya komunikasi, maka kamu dan pasangan bisa mencari cara untuk mengubah jalinan komunikasi yang lancar untuk meningkatkan hubungan yang lebih baik lagi, salah satunya dengan jujur atau berterus terang.

Terkadang, pertengkaran dapat mengungkap kejujuran terhadap perasaan yang telah lama terbendung. Pada saat seseorang sedang meluapkan segala emosinya, maka tak jarang mereka akan mengungkapkan segala kejujuran yang selama ini ia rasakan.

Justru akibat pertengkaran ini, kamu dan pasangan juga bisa mencari preferensi komunikasi yang cocok, misalnya berkomunikasi lewat pesan digital atau bertatap muka secara langsung.

Ajarkan Pentingnya Batasan dan Privasi

Ilustrasi pasangan. (Special)

Terkadang, banyak hal yang menjadi pemicu munculnya pertengkaran dalam hubungan, mulai dari masalah yang krusial hingga hal-hal yang dianggap sepele. Berbicara tentang privasi dalam hubungan, tentunya kamu dapat cerdas dan berhati-hati dalam menyampaikan informasi tentang pasangan kepada orang lain, baik itu tentang sifat dan kepribadian pasangan maupun urusan dalam hubunganmu.

Semua itu tentu ada aturannya. Hal ini juga bisa memicu terjadinya pertengkaran dalam hubungan. Oleh sebab itu, pertengkaran ini akan mengajarkanmu untuk memahami batasan-batasan apa saja yang boleh dan tidak boleh kamu ceritakan.

Bantu Menyelamatkan Hubungan

Ilustrasi pasangan. (Special)

Kerap bertengkar dengan pasangan tentu akan membuat hubungan semakin buruk, bahkan kamu dan pasangan pun bisa memilih untuk mengakhiri hubungan begitu saja tanpa langsung berpikir panjang. Adanya perbedaan prinsip dan ketidakcocokan karakter dalam hubungan memang sah-sah saja.

Dengan adanya pertengkaran ini akan membuatmu semakin belajar untuk menemukan arti cinta yang sebenarnya. Tak selamanya pertengkaran ini berakhir dengan keburukan. Ada kalanya pertengkaran ini membawa kamu dan pasangan untuk berterima kasih karena telah menyelamatkan hubungan yang telah terjalin.