Kucingmu Buang Air Sembarangan, Ini 5 Alasannya

Sabtu, 16 Juli 2022 | 19:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Kucingmu Buang Air Sembarangan, Ini 5 Alasannya

Ilustrasi Kucing (pinterest)

Ladiestory.id - Memiliki kucing peliharaan kesayangan memang selalu menjadi perhatian dan merawatnya pun memang tidak gampang, mulai dari kesehatan bulu, kandang, dan makanan hingga tempat pembuangan kotoran si kucing wajib diperhatikan. Wadah kotoran atau litter box juga harus diperhatikan agar terjaga kebersihan serta bebas dari bakteri penyakit dan bau yang merisaukan. Walaupun sudah disediakan tempat pembuangan kotoran, kenapa kucing kesayangan enggan membuang kotoran di wadah tersebut? Nah, 5 alasan ini bisa jadi alasan kucing enggan buang air dan kotoran di tempat yang sudah disediakan.

Tidak Merasa Nyaman

Ilustrasi Kucing (pinterest)

Kenyamanan memanglah menjadi prioritas utama bagi kucing peliharaan. Jika hal ini terjadi pada kucing peliharaan bisa jadi dia merasa tidak nyaman dengan litter box atau wadah kotoran yang sudah kamu sediakan. Hal ini dikarenakan ia merasa tidak leluasa atau belum terbiasa menggunakan wadah kotoran tersebut atau bentuk dan ukuran litter box yang kamu sediakan tidak efisien dengan kebutuhannya.

Maka dari itu, coba dan latih kucing kesayanganmu agar merasa terbiasa untuk membuang kotoran pada litter box yang kamu sediakan, kamu juga harus memperhatikan ukuran wadah pembuangan kotoran yang sepadan dengan kondisi maupun ukuran tubuh kucingmu.

Kurang Bersih

Ilustrasi Kucing (pinterest)

Kucing adalah hewan yang sangat mengerti kebersihan, loh. Ia juga bisa merasa bad mood jika tempat makanan, tempat istirahat bahkan tempat pembuangan kotorannya penuh dan tidak bersih. Jelas hal ini juga harus menjadi perhatian sang owner untuk terus menjaga kebersihan dan kebutuhan kucing kesayangan. Jangan abai dan acuh begitu saja, coba bersihkan dan ganti secara berkala pasir litter box kucing kesayangan, dengan begitu ia pun akan bahagia karena kebutuhan akan kebersihannya terpenuhi. Jadi, si kucing kesayangan akan merasa senang ketika membuang air di tempat yang kamu sediakan.

Merasa Terganggu

Ilustrasi Kucing (pinterest)

Coba perhatikan kembali dimana posisimu menempatkan litter box atau tempat wadah pembuangan kotoran si kucing. Bisa jadi kucing kesayangan enggan buang kotoran lantaran ia merasa terganggu bahkan terancam akan teritorinya. Carilah posisi yang membuatnya nyaman agar dia merasa lebih rileks. Kamu bisa memilih sudut ruangan, bahkan ruang belakang rumah yang tidak mudah dijangkau dari kehadiran predator maupun kebisingan bahkan pengusik. Kamu pun juga harus menghindari ruangan atau tempat tertentu agar bau kotoran kucing tidak tercium ke seisi ruangan, ya Ladies.

Kurangnya Suhu Udara dan Kelembapan

Ilustrasi Kucing (pinterest)

Kucing yang tidak disiplin tentu akan membuang kotorannya disembarang tempat yang ia pikir sebagai tempat ternyamannya. Apalagi kucing tidak memiliki celah untuk menemukan posisi yang pas untuk membuang kotorannya sehingga ia pun enggak segan abai dengan fasilitas yang sudah disiapkan. Perlu adaptasi dan kebiasaan berulang agar kucing bisa memahami maksud dan tujuan baik yang kamu berikan kepadanya.

Biasanya kucing lebih suka membuang kotoran diruangan terbuka atau disudut-sudut ruangan. Namun, agar kucing peliharaan juga bisa memperhatikan tempat pembuangan kotorannya kamu juga harus perhatikan suhu udara dan kelembapan pada ruangan atau litter box nya. Hal ini berupaya dapat mengurangi bau tak sedap serta kondisi kebersihan terhadap tempat pembuangan supaya terhindar dari bakteri dan penyakit. Rutin bersihkan kotoran secara berkala dan gunakan disinfectan atau anti bacterial ampuh yang dapat membunuh kuman agar kucing kesayangan tidak terjangkit penyakit.

Tidak Ingin Berbagi dengan Lainnya

Ilustrasi Kucing (pinterest)

Kucing juga merupakan hewan yang pencemburu dan tidak ingin mengalah. Ia akan tetap berusaha mempertahankan apa yang menjadi miliknya atau memilih mencari tempat baru agar tidak diganggu oleh kucing lainnya. Alasan selanjutnya kucingmu enggan membuang kotoran di tempat yang telah kamu sediakan karena ia tidak ingin berbagi dengan yang lainnya.

Jika tempat miliknya sudah terkontaminasi oleh kucing peliharaan yang lain ia juga merasa enggan berbagi bersama dengan yang lain dan memilih meninggalkannya. Wah-wah, bisa begitu ya Ladies? Kalau sudah begini kamu juga bisa membeli litter box atau wadah baru supaya enggak rebutan, Ladies.