Apa Super Power-Mu? Ini Alasan Memilih Karier Yang Sesuai!

Minggu, 31 Oktober 2021 | 00:01:00

Juni Dani, S.H., CBC, LCPC

Juni Dani, S.H., CBC, LCPC

Career Stylist & Character Coach

Founder of jdnext.id

Apa Super Power-Mu?  Ini Alasan Memilih Karier Yang Sesuai!

Foto: Ladiestory.id

Untukmu yang sebentar lagi lulus sekolah, apakah kamu sedang bingung memilih karier yang sesuai untukmu?

Untukmu yang saat ini sudah bekerja, apakah kamu dapat menjalankan pekerjaanmu saat ini dengan baik? 

Setiap manusia memiliki karakter atau kepribadian yang unik, dan setiap karakter/kepribadian memiliki super power alias kekuatannya masing-masing.  

Lalu, mengapa kita perlu mengetahui super power kita? Dengan mengetahui super power kita, maka kita dapat memilih karier yang sesuai dengan kekuatan karakter atau kepribadian kita.

Nah, sayangnya, masih banyak orang yang belum sepenuhnya mengenali kekuatan karakternya sendiri, sehingga sulit menjawab ketika ditanya talenta dan kekuatannya masing-masing.

Alasan Penting Memilih Karier yang Sesuai Kekuatan Diri Sendiri

Apa sih alasan pentingnya mengenali karakter dan memilih karier yang sesuai dengan kekuatan karakter kita?  

1. Lebih Baik dalam Menjalani Pekerjaan 

karier sesuai kekuatan diri sendiri
Foto: Ladiestory.id

Tentunya seseorang akan lebih baik dan lebih mudah dalam melakukan pekerjaan yang dapat dilakukannya dengan baik, bukan?

Suatu pekerjaan yang terlihat susah untuk orang lain, bisa dengan mudah dilakukan oleh seseorang jika pekerjaan itu sesuai dengan talenta dan kekuatan karakternya. 

Contohnya, seseorang yang memiliki kekuatan dalam menjalin hubungan dengan orang (people person) tentunya dapat melakukan lebih baik pekerjaan yang mengharuskannya untuk bertemu dan berbicara dengan banyak orang.

Misalnya, pekerjaan sebagai sales, marketing, pembawa acara, dsb. Jika pekerjaan-pekerjaan tersebut dilakukan oleh kamu yang tidak suka bertemu dengan banyak orang, maka kamu pasti harus berusaha lebih keras agar dapat melakukan pekerjaan ini dengan baik.

Jika dilakukan terus menerus dalam jangka panjang, bisa jadi kamu akan menjadi cepat lelah, jenuh, dan merasa pekerjaan ini tidak sesuai dengan “passion-mu.

2. Lebih Menikmati Pekerjaan 

karier sesuai kekuatan diri sendiri
Foto: Ladiestory.id

Umumnya seseorang akan lebih menikmati melakukan pekerjaan yang sesuai dengan karakter atau kepribadiannya.

Seseorang dengan karakter introvert akan lebih senang melakukan pekerjaan seorang diri daripada harus bertemu dengan banyak orang, Itu sebabnya orang-orang introvert sangat menikmati ketika diminta work from home sehingga tidak perlu bertemu dengan banyak orang. 

Berbeda halnya dengan orang-orang extrovert yang lebih menikmati bekerja dalam tim dan bertemu dengan banyak orang. Orang extrovert akan merasa terkurung dan stres ketika harus work from home dan tidak dapat bertemu dengan orang lain dalam waktu yang lama. 

Apabila kita menikmati pekerjaan kita, tentunya kita tidak akan cepat “burnout”.  

3. Kinerja Meningkat

karier sesuai kekuatan diri sendiri
Foto: Ladiestory.id

Ketika seseorang melakukan pekerjaan yang dapat dilakukannya dengan mudah karena sesuai dengan kekuatannya, maka ia dapat dengan cepat menguasai pekerjaannya itu. 

Contohnya, orang yang memiliki kekuatan dalam hal komunikasi verbal umumnya dapat lebih cepat menguasai pekerjaan sebagai pengajar, pembicara, negosiator, reporter, sampai menjadi YouTuber.

Ketika seseorang menguasai pekerjaan yang dilakukannya maka kinerjanya pun meningkat sehingga ia dapat lebih produktif dalam bekerja.

Memang benar mencari pekerjaan itu tidak mudah, namun jika kita asal-asalan memilih pekerjaan, maka bisa jadi kita harus banyak berjuang alias “struggling” dalam menjalani pekerjaan yang tidak sesuai dengan karakter kita.

Bukankah lebih baik jika sedini mungkin kita mengenali karakter kita sehingga kita dapat mengasah kekuatan kita dan merencanakan karier kita sejak awal? 



Juni Dani (@jdnext)

Penulis adalah seorang Character Behavior Consultant dan Professional Coach yang sekarang menjalani kariernya sebagai Career Stylist.

Juni Dani dapat dihubungi melalui:

Instagram: @jdnext

Email: [email protected]

Website: www.jdnext.id