Alodokter, Telon Lang Plus dan Bundamedik Healthcare Center Berkolaborasi Kampanyekan #SehangatHarapanIbu

Kamis, 2 Juni 2022 | 18:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Alodokter, Telon Lang Plus Dan Bundamedik Healthcare Center Berkolaborasi Kampanyekan #Sehangatharapanibu

Ilustrasi pasangan konsultasi ke dokter. (Special)

Ladiestory.id - Alodokter, Telon Lang Plus, dan Morula Indonesia, yang merupakan bagian Bundamedik Healthcare System (BMHS), mengumumkan sebuah kampanye kolaborasi bertajuk #SehangatHarapanIbu pada hari ini, Kamis (2/6/2022).

Kampanye ini berguna menyemangati dan menginspirasi keluarga Indonesia yang masih belum mendapatkan buah hati untuk tetap berharap dan mencoba sepenuh hati. Telah banyak alternatif yang dapat dilakukan untuk memungkinkan kehamilan, salah satunya yang paling menjanjikan adalah program bayi tabung (IVF). 

Hadir pada acara konferensi pers hari ini adalah Suci Arumsari sebagai Co-Founder and President Director Alodokter, Hamdan Dahlan selaku Commercial Director PT Borden Eagle Indonesia, dan Azhar Nurbahri selaku General Manager Medical Business and Operations PT Morula Indonesia. 

Press Conference #SehangatHarapanIbu. (Spesial)

Data menunjukkan bahwa, mayoritas pasangan di Indonesia masih memutuskan ingin memiliki anak setelah melalui tahap pernikahan, membentuk sebuah keluarga untuk mewujudkan relasi sosial dan konsep keluarga ideal. Akan tetapi, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyebut ada penurunan angka fertilitas di Indonesia.

Bahkan, hasil survei dan data Sensus Penduduk, angka fertilitas dinamika kependudukan di Indonesia mengalami penurunan dari sebesar 2,6 per wanita pada periode Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2002 hingga 2012 menjadi 2,4 anak pada SDKI 2017. 

Namun demikian, di era teknologi canggih saat ini, teknologi kesehatan secara signifikan dapat membantu peluang pasangan untuk mendapatkan momongan. Salah satunya teknologi in vitro fertilization (IVF) atau dikenal dengan bayi tabung. Keuntungan utama dari program bayi tabung (IVF) adalah kemungkinan tercapainya kehamilan yang sukses dan kelahiran bayi yang lebih sehat. 

“Peluang kehamilan pada pasangan suami istri memang beragam, karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan baik dari sisi suami ataupun istri. Menjalani pola hidup sehat adalah salah satu faktor penting menjaga kesuburan," ungkap Azhar Nurbahri.

"Program bayi tabung (IVF) saat ini menjadi alternatif utama untuk memiliki buah hati. Ini dapat dibuktikan dari catatan Morula Indonesia telah beroperasi selama 24 tahun, dengan teknologi terbaru dan sertifikasi internasional, hingga saat ini telah membantu lebih dari 100.000 pasien baik dari Indonesia maupun di luar negeri," lanjutnya.

Press Conference #SehangatHarapanIbu. (Ladiestory.id/ArfiahRamadhanti)

Langkah awal dalam merencanakan program bayi tabung (IVF), pasangan suami istri harus dalam kondisi sehat dengan menjalani tes fertilitas untuk mengetahui kondisi kesuburan mereka, agar program kehamilan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat secara medis. Tes kesuburan biasanya meliputi pengecekan kualitas sperma, kualitas rahim, leher rahim, indung telur hingga tuba falopi dan konsultasi gaya hidup yang mendukung kehamilan, hingga indikasi masalah infertilitas.

“Telon Lang Plus yang telah menemani Ibu Indonesia sejak tahun 1983, saat ini tergerak untuk membantu pasangan menikah yang belum memiliki momongan dan yang memiliki tantangan infertilitas agar dapat merasakan kesempatan yang sama menjadi orang tua," kata Hamdan Dahlan.

Telon Lang Plus memiliki visi untuk “Caring for The New Generation”, di mana Telon ingin dapat membantu orang tua untuk merawat dan melindungi bayinya dari masalah kesehatan ringan sehingga menjadi lebih tenang dan percaya diri dalam menjaga kesehatan bayinya. Hal ini terutama karena Balita adalah salah satu kelompok usia yang rentan terhadap kondisi hipotermia,  yaitu kondisi ketika suhu tubuh turun drastis hingga di bawah 35°C.

Suci Arumsari mengatakan, saat ini semua hal telah terdigitalisasi, maka secara langsung peran teknologi telehealth dalam mengedukasi masyarakat mengenai kesehatan secara digital menjadi fundamental. Dari awal Alodokter hadir di Indonesia, topik kehamilan dan tumbuh kembang bayi dan anak adalah topik yang paling dicari diantara jutaan konten yang tersedia di Alodokter. 

Inilah kenapa Alodokter sangat memahami betapa keinginan memiliki dan membesarkan anak dengan baik masih menjadi impian keluarga Indonesia. Maka Alodokter berharap melalui kolaborasi #SehangatHarapanIbu ini dapat memberi inspirasi dan harapan bagi keluarga Indonesia untuk terus berusaha.

Pada kolaborasi ini Alodokter memberikan keluarga Indonesia kemudahan berkonsultasi melalui fitur “Chat Dokter” pada platform Alodokter, terutama dengan dokter spesialis kandungan. Keluarga Indonesia dapat memastikan untuk melanjutkan pada tahap tes fertilitas dan tahap-tahap berikutnya. Pada Alodokter juga terdapat jutaan konten mengenai Program Bayi Tabung, menjaga kesuburan, mempersiapkan diri untuk kehamilan, Dipastikan bahwa informasi di Alodokter seluruhnya telah diverifikasi oleh dokter.