Aman dan Enak! 5 Olahan Cokelat untuk Anak

Minggu, 31 Juli 2022 | 18:00:00

Aman Dan Enak! 5 Olahan Cokelat Untuk Anak

Ilustrasi ibu dan anak sedang membuat camilan olahan cokelat. (Special)

Ladiestory.id - Cokelat merupakan salah satu makanan manis favorit banyak orang, terutama anak-anak. Jika kamu menawarkan cokelat pada anak-anak, kemungkinan besar mereka tidak akan menolaknya. 

Cokelat adalah sesuatu yang disukai semua orang, tetapi ada juga yang menjauhinya karena berbagai alasan. Beberapa khawatir tentang penambahan berat badan karena kelebihan gula. Di sisi lain, ada yang tidak percaya dengan pengawet dalam produk cokelat yang tersedia saat ini. Ada banyak orang menganggap cokelat sebagai makanan 'buruk'.

Sama halnya dengan orang tua yang membatasi anak-anaknya memakan cokelat karena alasan kesehatan. Oleh karena itu, membuat olahan cokelat di rumah bisa menjadi alternatif agar anak tetap bisa menikmati cokelat tanpa perlu khawatir. Kamu juga bisa membuat berbagai olahan cokelat sehat yang takarannya kandungan gizinya jelas.

Berikut ini lima olahan cokelat untuk anak yang bisa dibuat di rumah, tentunya dengan bahan yang bisa ditakar sendiri oleh ibu.

Cokelat Fudge

Ilustrasi Cokelat Fudge. (Special)

 

Cokelat Fudge merupakan salah satu olahan cokelat yang mudah dibuat. Kamu hany perlu menyiapkan 225 gram dark chocolate, 260 gram susu kental manis, 15 gram butter, dan Kacang sebagai topping. Kamu bebas memakai kacang mede atau almond.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Lelehkan coklat, susu dan butter, aduk sampai bahan cokelat tercampur rata. Jika sudah, siapkan wadah yang telah dilapisi dengan plastic wrap. Tuang adonan ke dalam wadah tersebut, lalu taburkan kacang di atasnya. Jika seluruh adonan sudah masuk, tutup bagian atas dengan plastic wrap atau kertas minyak. Simpan dalam kulkas selama beberapa jam. Jika sudah cukup dingin, potong sesuai selera dan siap dihidangkan.

Chocolate Cornflake Cakes

Ilustrasi Chocolate Cornflake Cakes. (Special)

 

Berikutnya, merupakan olahan kue kering yang bisa menemani ketika anak-anak bermain. Cara membuatnya cukup mudah dan bisa dibuat tanpa oven. Kamu hanya perlu mempersiapkan 250 gram cokelat batangan, 50 gram sprinkle warna-warni, dan 200 gram cornflakes (sereal jagung).

Cokelat batangan yang telah disiapkan diiris tipis-tipis, lalu cairkan. Masukkan cornflakes ke dalam cairan cokelat tersebut dan aduk sampai rata. Lalu ambil sesendok teh adonan dan masukkan ke kertas cup cake. Terakhir, taburkan dengan sprinkle dan chocolate cornflake cakes siap dinikmati!

Nama Cokelat atau Royce Chocolate

Ilustrasi Nama Cokelat atau Royce Chocolate. (Special)

 

Berikutnya adalah cokelat khas Jepang yang sempat viral di TikTok beberapa waktu lalu. Kamu nggak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk menikmati cokelat ini, karena cara membuatnya sangat mudah.

Bahan-bahannya yang perlu disiapkan adalah 200 gram susu cokelat, 200 gram dark chocolate, 200 ml whipped cream, 1/2 sdm kental manis, 20 ml butter cair dan bubuk kakao cokelat.

Langkah pertama, masak whipped cream cair dan butter dengan api kecil. Masak hingga mendidih atau butter telah meleleh sempurna. Setelah matang, matikan kompor dan masukkan cokelat blok yang sudah diiris dalam keadaan adonan cream yang masih panas. Aduk rata hingga cokelat meleleh dengan sempurna.

Selanjutnya, tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dilapisi baking paper hingga merata. Masukkan ke dalam kulkas selama setidaknya 8 jam. Perlu diperhatikan, kamu tidak perlu memasukkannya ke dalam freezer, ya. 

Setelah membeku dengan sempurna, potong cokelat menjadi bagian kecil. Lalu ayak cokelat bubuk dengan menggunakan saringan hingga seluruh permukaan cokelat tertutupi dengan cokelat bubuk. Terakhir, pindahkan cokelat ke dalam piring saji dengan menggunting sisa baking paper.

Chocolate Peanut Butter Pudding

Ilustrasi Chocolate Peanut Butter Pudding. (Special)

 

Namanya memang terdengar cukup rumit, namun makanan yang satu ini cukup mudah untuk dibuat. Kamu hanya butuh 1 1/2 alpukat matang, 1 buah pisang matang besar, 1/2 cangkir cokelat tanpa pemanis atau bubuk kakao, 1/2 cangkir mentega asin krim untuk topping, 1/2 cangkir pemanis pilihan seperti sirup maple, 1/4 cangkir susu almond atau susu lainnya, dan whipped cream untuk topping.

Blender semua bahan kecuali whipped cream. Lalu, tambahkan susu dan aduk hingga tercampur rata dan tuangkan pada gelas yang sudah disiapkan. Setelah itu dinginkan di kulkas dengan whipped cream di atasnya. Puding ini enak disajikan dalam keadaan dingin.

Cokelat Truffle

Ilustrasi Cokelat Truffle. (Special)

 

Terakhir, ada Cokelat Truffle yang bisa dibuat bersama anak di rumah. Bahan-bahannya 450 gram dark chocolate, 180 ml fresh cream, coklat bubuk, dry coconut, dark chocolate yang dipotong kecil-kecil, dan kacang mede yang dipanggang dan cincang kasar.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memotong coklat menjadi ukuran yang kecil-kecil dan masukkan ke dalam wadah kaca atau stainless tahan panas. Setelah itu, tuang cream ke dalam wadah dan panaskan adonan menggunakan metode bain marie atau di tim dengan menggunakan air panas di bawah wadah. Jangan sampai wadah langsung menyentuh air panas agar tidak merusak cokelat. 

Jika sudah mengaduk adonan sampai tercampur rata dan mengkilap, tuang adonan ke wadah lain dan diamkan di kulkas selama 30-60, hingga konsistensinya dapat dibentuk bulat-bulat menggunakan tangan.

Berikutnya kamu perlu menyiapkan coating truffle, yaitu kacang mede, dry coconut, serta potongan coklat dan coklat bubuk. Ambil adonan ice cream scoop atau sendok secukupnya. Lalu bentuk menjadi bola dan langsung lumuri dengan bahan coating satu per satu hingga semua adonan terbentuk.

Cokelat Truffle pun siap untuk langsung dinikmati. Kamu bisa disimpan ke dalam kulkas terlebih dahulu agar cokelat menjadi lebih dingin.

s