Anak Lesti Kejora Terkena Hernia, Yuk Kenali Lebih Dalam

Selasa, 20 September 2022 | 17:00:00

Andi Afifah

Penulis : Andi Afifah

Anak Lesti Kejora Terkena Hernia, Yuk Kenali Lebih Dalam

Ilustrasi Hernia pada Bayi (Special)

Ladiestory.id - Kabar duka datang dari pasangan penyanyi dangdut Lesti Kejora dan Rizky Billar. Pasalnya anak pertama mereka, Muhammad Leslar Al Fatih Billar ingin menjalani operasi hernia. Muhammad Leslar Al Fatih Billar, saat ini masih berusia 8 bulan dan lahir dalam kondisi prematur. Prematur merupakan salah satu penyebab terjadinya hernia. Dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (20/09/2022), yuk ketahui apa itu hernia dan apa penyebabnya lebih dalam.

Hernia merupakan kondisi dimana organ dalam tubuh menonjol melalui jaringan otot yang melemah. Kondisi ini juga dikenal dengan “turun berok” yang bisa dialami oleh siapa pun. Biasanya orang yang terkena hernia disebabkan karena mengangkat barang-barang yang berat. Namun pada bayi, hernia terjadi karena otot-otot bayi belum berkembang sepenuhnya.

Hernia pada bayi merupakan masalah yang rentan terjadi ketika awal kelahiran bayi. Ada dua jenis hernia yang umum dialami oleh bayi yaitu hernia inguinalis dan hernia umbilikalis.

Hernia Inguinalis

Ilustrasi Hernia pada Bayi (Special)

Hernia Inguinalis dapat terjadi pada bayi laki-laki maupun perempuan. Namun biasanya terjadi pada bayi yang lahir secara prematur. Hernia inguinalis dapat dideteksi dengan memperhatikan area sekitar alat kelamin.

Jika kamu menemukan benjolan sebesar jempol pada selakangan atau buah zakar, terutama ketika sedang menangis atau aktif bergerak dan mengempis ketika sedang berbaring. Hal tersebut kemungkinan bayi terkena hernia inguinalis.

Sedangkan pada bayi perempuan, kamu bisa mendeteksi ketika ada benjolan lonjong di selangkangan atau labia bibir. Amati juga ketika bayi lebih rewel dan nafsu makan yang menurun.

Hernia Umbikalis

Ilustrasi Hernia Umbikalis pada Bayi (Special)

Sedangkan hernia umbikalis lebih mudah dideteksi. Kamu bisa mengecek apakah ada benjolan disekitar pusar. Hal ini bisa terjadi ketika tali pusar tidak tertutup dengan rapat setelah bayi lahir.

Hernia umbikalis biasanya akan hilang sendiri ketika anak berusia 1-2 tahun. Namun ketika hernia muncul saat usia 4 tahun, kamu bisa langsung cek ke dokter untuk penangan lebih lanjut. Hernia umbikalis biasa terjadi ketika berat badan anak lebih rendah dari biasanya dan bayi prematur.

Penanganan Hernia pada Bayi

Ilustrasi Bayi sedang Tidur (Special)

Bagi bayi yang terkena hernia umbikalis, kamu tidak usah terlalu khawatir. Karena biasanya akan menghilang dengan sendirinya ketika anak berusia 1 hingga 2 tahun. Namun, ketika anak mengeluh rasa sakit. Kamu bisa membawanya ke dokter.

Sedangkan hernia inguinalis hanya bisa disembuhkan hanya melalui operasi. Karena jika tidak melakukan operasi, dikhawatirkan akan merusak jaringan lainnya. Untuk mengetahui apakah anak terkena hernia, kamu bisa mengecek dan memperhatikannya ketika mandi dan memakaikan baju. Katika ada benjolan di pusar atau perut bagian bawah, coba lakukan konsultasi ke dokter agar dapat diatasi dengan cepat.

s