Anak yang Rajin Membaca dan Menulis Akan? Yuk Cari Tahu Manfaatnya

Selasa, 29 Juni 2021 | 14:23:39

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Anak Yang Rajin Membaca Dan Menulis Akan? Yuk Cari Tahu Manfaatnya

Foto: Ladiestory.id

Sebagai orang tua sangat penting untuk selalu memonitoring kegiatan belajar anak. Terutama ketika ia sudah mulai memasuki usia sekolah, dimana harusnya sudah terbiasa dengan kegiatan baca tulis tanpa tekanan. 

Karena selain kewajiban dari sekolah, membaca dan menulis untuk anak memiliki banyak sekali manfaat. Anak yang rajin membaca dan menulis akan mendukung dalam hal pelajaran di sekolah. 

Tak hanya itu, belajar membaca dan menulis rupanya juga memiliki manfaat lain yang sangat berpengaruh di masa depan loh. Apa saja manfaatnya? Mari scroll artikel ini ke bawah! 

Manfaat Anak Rajin Membaca dan Menulis 

Ditas sudah dijelaskan bahwa manfaat anak rajin membaca dan menulis adalah bisa mendukung dalam hal pelajaran di sekolah. Selain itu, manfaat lain yang bisa didapat adalah sebagai berikut: 

Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak 

Foto: Freepik.com
Foto: Ladiestory.id

Ketika anak sering membaca, otomatis akan ada banyak informasi dan pengetahuan baru yang ia peroleh. Dengan demikian, anak dapat memahami sesuatu dengan mudah dan cepat. 

Apalagi jika kegiatan ini dilakukan ketika anak berusia 6 tahun pertama, yang mana itu merupakan masa usia emas untuk anak. Di usia tersebut, jika anak dilatih untuk rajin membaca maka hubungan antar sel pada otaknya bisa menjadi lebih kuat. 

Jika ini dilakukan secara terus menerus maka dapat memberikan perkembangan kecerdasan di otak anak secara lebih baik. Karena kegiatan membaca mempunyai efek luar biasa terhadap semua peran organ otaknya.

Kunci Keberhasilan di Bidang Pendidikan Saat di Sekolah

Foto: Freepik.com
Foto: Ladiestory.id

Kegiatan membaca untuk anak sangat berpengaruh pada kesuksesan akademik saat ia berada di sekolah. Membaca membuat ia banyak mengetahui informasi dan pengetahuan baru. 

Selain itu, membaca juga dapat menambah kualitas potensi tulis menulis, memperkaya perbendaharaan kata, sekaligus melakukan kontak bicara secara baik dan lancar.

Membaca juga dapat mengenalkan anak dengan ragam kosakata baru yang sebelumnya belum diketahui. Dengan banyak membaca, maka kemampuan serta  keterampilan serta kefasihan bahasa anak juga akan meningkat. 

Melatih Anak Untuk Lebih Fokus 

Foto: Freepik.com
Foto: Ladiestory.id

Membiasakan anak untuk rajin membaca ternyata dapat melatih anak untuk lebih fokus dan konsentrasi. Ketika anak membaca buku dengan durasi yang cukup lama, maka ia akan terbiasa untuk fokus dan berkonsentrasi. 

Dengan demikian, anak akan menjadi lebih siap saat belajar di sekolah karena ia telah terbiasa menyerap informasi. Meskipun selama membaca ia hanya membolak-balikkan halaman atau melihat-lihat gambar. 

Kegiatan Tulis Bisa Membangun Hubungan pada Organ Otak

Foto: Freepik.com
Foto: Ladiestory.id

Meski saat ini menulis tangan sudah digantikan dengan menulis lewat PC atau laptop, namun Anda tetap harus terus melatih anak menulis menggunakan jari. Sama seperti membaca, menulis juga dapat membangun hubungan pada organ otak anak.

Ketika anak menulis dengan anggota jari dan tangannya, otomatis dapat membentuk relasi dalam organ pikir sang buah hati. Selain itu, menulis dengan jari juga dapat melatih kelenturan otot-otot pada jari anak sehingga ia terbiasa melakukan aktivitas yang berkaitan dengan jari dan tangan. 

Dapat Meningkatkan Intelegensi Pada Anak 

Foto: Freepik.com
Foto: Ladiestory.id

Saat anak mulai menulis, anak akan secara otomatis untuk melakukan riset yang bertujuan untuk memperkaya tulisannya. Selain itu, ia juga akan mempelajari serta menambah kosakata baru yang belum pernah ia pelajari sebelumnya. 

Saat akan menyelesaikan tulisannya, anak juga akan dituntut untuk berpikir sistematis dan terstruktur. Tujuannya adalah untuk membangun perkembangan intelegensi anak, meningkatkan kemampuan verbal serta mendukung prestasi akademiknya di sekolah. 

s