5 Manfaat Baca dan Menulis yang Perlu Kamu Tahu

Senin, 1 Agustus 2022 | 10:45:00

5 Manfaat Baca Dan Menulis Yang Perlu Kamu Tahu

Hobi Membaca (Istimewa)

Ladiestory.id -  Membaca dan menulis menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Karena dengan membaca kamu akan mendapatkan berbagai pengetahuan, sedangkan menulis dapat merekam sejarah dan apapun yang terjadi dalam hidumu.

Membaca dapat membantu kemampuan menulis. Kamu bisa memulai dari membaca dari hal-hal yang kamu sukai. Lalu, kamu bisa mengulas kembali melalui tulisan. Bahkan dilansir healthline dengan membaca buku serta menulis dapat memberikan banyak manfaat terutama manfaat kesehatan.

Lalu apa saja ya manfaat yang dapat kita dapatkan dengan membaca dan menulis? 

Melatih Otak

Ilustrasi Perempuan Menulis. (Special)

Manfaat yang pertama tentu dengan banyak membaca dan menulis akan secara tidak langsung melatih otak kita untuk berfikir. Otak adalah organ didalam tubuh manusia yang terdapat banyak syaraf yang perlu terus untuk dilatih. Membaca dan menulis adalah aktivitas lain selain berhitung, yang bisa kita lakukan untuk melatih otak untuk terus beraktivitas.

Tingkatkan Kepekaan

Ilustrasi Membaca (Special)

Selain bisa melatih kinerja otak, membaca dan menulis juga bermanfaat untuk meningkatkan kepekaan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ketika seseorang membaca dan menulis, maka akan meningkatkan kemampuan untuk membangun dan mengelola hubungan sosial.

Selain itu, dengan membaca cerita kamu akan mendapatkan pengalaman yang kamu pelajari. Sehingga ketika mendapatkan pengalaman yang sama, kamu sudah tahu cara mengatasinya.

Perbanyak Literasi Baru

Hobi Membaca (Istimewa)

Kemudian manfaat yang ketiga selain dapat melatih otak dan meningkatkan kepekaan secara emosional. Dengan membaca tentunya, kamu bisa mempunyai banyak kosa kata baru maupun kata-kata baru yang mungkin saat ini sedang trend atau viral. 

Mengurangi Stress

Ilustrasi perempuan menulis. (Istimewa)

Manfaat selanjutnya dengan membaca dan menulis maka kamu akan terhindar dari stres. Ya dengan membaca serta menulis maka kamu bisa menuangkan segala inspirasi dan emosi. Oh ya, membaca artikel atau buku selama 30 menit serta menulis apa yang sudah dibaca dapat menurunkan tingkat stres loh.

Pilihan Profesi

Ilustrasi sedang membaca. (Spesial)

Ketika membaca dan menulis, kamu akan mendapatkan pengetahuan serta pengalaman baru yang mungkin belum tentu didapatkan dalam kehidupanmu sehari-hari. Selain itu dengan membaca dan menulis di era digital seperti ini juga bisa menjadi pilihan profesi loh. Kamu bisa menjadi content writer atau jurnalis.

Bagaimana Ladies, sudah berapa lama kamu membaca menulis hari ini? Yuk bagi kamu yang belum memulai baca dan menulis, cara memulainya mudah lho intinya kamu harus punya kemauan dalam diri kamu untuk memulai. 

s