Susah Fokus Tiap Baca Buku? 5 Tips Ini Bantu Kamu Atasinya

Senin, 1 Agustus 2022 | 09:30:00

Susah Fokus Tiap Baca Buku? 5 Tips Ini Bantu Kamu Atasinya

Hobi Membaca (Special)

Ladiestory.id - Membaca merupakan salah satu aktivitas positif yang dapat membantu otak agar tetap aktif, sehingga melakukan fungsinya dengan baik dan benar. Baca buku juga memiliki berbagai manfaat untuk mental dan fisik, diantaranya meningkatkan memori, meningkatkan fokus, memperluas kosakata dan keterampilan komunikasi yang dapat membantumu berinteraksi secara lebih baik dengan orang lain.

Namun, kadangkala saat menghabiskan waktu dengan membaca sekian jam, rasanya tetap tidak ada yang masuk ke otak. Hal itu juga yang akhirnya membuat malas menyentuh buku, padahal awalnya membaca buku merupakan sebuah hobi. Ini dinamakan sebagai reading slump.

Reading slump merupakan keadaan di mana kita merasa kurang motivasi atau tidak fokus ketika membaca buku. Hal ini biasanya terjadi karena terlalu sibuk, penat, atau sedang merasa seru dengan hal lain.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi reading slump.

Istirahat Sejenak

Ilustrasi perempuan sedang tidur siang. (Special)

Biasanya, ketidakfokusan saat membaca disebabkan karena daya konsentrasi menurun akibat kelelahan. Oleh karena itu, jangan terburu-buru ingin menyelesaikan suatu bacaan, apabila fokusmu sudah mulai berantakan dan mata mulai merasa penat. Selain membuatmu kesulitan menyerap isi bacaan, hal ini juga akan mengganggu kesehatanmu. Cobalah untuk refreshing terlebih dahulu, seperti berhenti membaca buku selama beberapa hari, jalan-jalan sampai merasa lebih tenang, dan tidur  dengan pulas. Jika dirasa kondisi sudah membaik dan otak mulai fresh, kamu dapat melanjutkan kembali aktivitas membacamu.

Jauhkan Hal-hal yang Mengganggu

Ilustrasi Membaca (Ladiestory.id)

Ada hal-hal yang dapat mengganggu saat membaca buku, seperti ponsel, televisi atau laptop, hingga akhirnya fokus membaca buku jadi berantakan. Oleh karena itu, sebelum membaca usahakan benda-benda yang berpotensi menganggu konsentrasimu sudah kamu singkirkan. Hal ini ditujukan untuk menghindari fokus berantakan sehungga kamu tetap melakukan aktivitas membaca.

Ubah Suasana

Ilustrasi Baca Buku (Foto: Ladiestory.id)

Membaca biasanya akan terasa sangat membosankan, apabila kamu melakukannya di tempat yang sama dengan durasi yang lama, dan dikerjakan secara berulang-ulang. Hal ini menyebabkan tingkat konsentrasi membaca akan berkurang karena biasanya mood akan berubah menjadi buruk. Oleh karena itu, kamu perlu mencari tempat baru yang sekiranya nyaman, rapi, dekat dengan jendela, tidak berisik, atau terdapat lilin aroma yang membuat suasana menjadi lebih menenangkan. Sesekali kamu bisa menghabiskan waktu membacamu di kafe, teras rumah, loteng, dan juga taman.

Explore Genre Baru

Ilustrasi Baca Buku (Foto: Ladiestory.id)

Salah satu faktor yang menyebabkanmu malas membaca adalah rasa bosan dengan genre cerita yang sama. Oleh karena itu, kamu bisa mengatasinya dengan mencoba membaca genre yang lain. Misalnya, kamu menyukai genre romantis, kamu bisa mencoba membaca genre thriller atau horor. Namun, kamu juga bisa mencoba membaca buku lama yang pernah kamu baca untuk meningkatkan mood dan minat, terutama buku dari penulis favoritmu.

Buatlah Jadwal Khusus

Ilustrasi Agenda (Foto: Ladiestory.id)

Apabila kamu termasuk orang yang sibuk dan padat dengan aktivitas. Kamu bisa buat jadwal khusus untuk membaca sehingga aktivitas ini dapat terus berjalan. Selain itu, otak menyukai rutinitas dan jadwal yang teratur membuatnya lebih mudah berkonsentrasi dan fokus dalam membaca. Kamu bisa meluangkan waktu membaca seperti sebelum tidur, sesudah bangun tidur, atau saat istirahat makan siang.

Nah, itu tadi 5 cara yang dapat kamu lakukan agar dapat lebih berkonsentrasi saat membaca. Selamat mencoba!

s