Ini Pentingnya Matikan Lampu Saat Tidur untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 21 Juli 2022 | 23:30:00

Ini Pentingnya Matikan Lampu Saat Tidur Untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi bangun tidur. (Special)

Ladiestory.id - Sejumlah orang yang terpapar lampu listrik di malam dan kurangnya cahaya alami di siang dapat mengganggu tidur yang cukup untuk mempengaruhi kesehatan, kebugaran dan produktivitas.

Ilustrasi perempuan tidur. (Special)

Mengutip Health, laporan menyebutkan orang yang kurang terkena cahaya matahari di siang hari dan terlalu banyak paparan cahaya dari lampu di malam hari dapat berdampak negatif pada kesehatan dan produktivitas seseorang.

Selain itu, penelitian terbaru yang diterbitkan Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) juga mengatakan pentingnya tidur dalam keadaan cahaya redup atau mati. Pada penelitiannya, orang yang tidur di kamar dengan cahaya redup atau mati menunjukan peningkatan resistensi insulin keesokan paginya.

“Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya satu malam paparan pencahayaan ruangan moderat saat tidur dapat merusak glukosa dan regulasi kardiovaskular yang juga merupakan risiko penyakit jantung, diabetes, dan sindrom metabolik,” kata Phyllis Zee, PhD, Kepala Kedokteran Sekolah Kesehatan.

Rekannya, Ivy C. Mason PhD juga mengatakan, ”ini terjadi ketika kamu memiliki cahaya selama periode tidur, itu akan mengirimkan sinyal campuran ke tubuh kamu bahwa ada periode aktif yang dapat meningkatkan proses yang terkait dengan tubuh kamu dalam menggunakan energi.”

Cara terbaik bahwa untuk meningkatkan paparan cahaya siang yang dialami adalah dengan keluar rumah, menjaga tirai tetap terbuka, dan duduk di dekat jendela selama bekerja. Pada malam hari, mulai sekitar tiga jam sebelum tidur, gunakan lampu yang redup.

Ilustrasi sleepcall bareng pacar. (Special)

Semakin dekat dengan waktu tidur, semakin penting untuk membatasi paparan cahaya, jika sulit matikan lampu kamar dan tetap nyalakan lampu tidur. Cobalah untuk rutin dan redupkan layar ponsel saat ingin tidur.

Malam saat tidur penting untuk mengatur lingkungan kamar tidur yang gelap. Jika kamu membutuhkan lampu tidur untuk keselamatan saat malam, usahakan agar tetap mengarah ke lantai dan tidak setinggi mata. Secara keseluruhan, mendapatkan tidur terbaik mungkin tidak akan menjadi obat untuk semua penyakit, tetapi itu dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Para Ahli juga sangat merekomendasikan cara ini untuk mengubah hal-hal ke arah yang positif.

Mematikan lampu saat tidur harus dilakukan setiap harinya. Cara ini juga dimaksudkan untuk diterapkan pada orang dewasa sehat berusia 18 hingga 55 tahun dengan jadwal siang hari yang teratur.