Ramai Isu KDRT, Andien Curhat Pengalaman Jadi Korban Kekerasan

Minggu, 16 Oktober 2022 | 10:00:00

Ramai Isu Kdrt, Andien Curhat Pengalaman Jadi Korban Kekerasan

Penyanyi tanah air, Andien Aisyah. (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

Ladiestory.id - Penyanyi Andien mengaku pernah mengalami abusive relationship dari mantan kekasihnya. Bahkan, Andien berkali-kali dipukul hingga dicekik oleh sang mantan.

Viralnya kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Lesti Kejora yang dilakukan suaminya, Rizky Billar, membuat Andien turut menceritakan bagaimana sulitnya keluar dari hubungan yang penuh dengan kekerasan fisik. Lewat akun Twitter pribadinya, perempuan berumur 37 tahun itu mengaku bahwa ia selalu memaafkan pacarnya meski wajahnya ditonjok hingga lebam.

"Gue pernah ngalamin abusive relationship with my boyfriend back then. Pas dipukulin pertama kali, gue langsung putusin. Besokannya dia kayak nangis2 mohon2 dan bilang nggak bisa hidup tanpa gue. lalu karena gue kasihan.. Gue luluh," curhat Andien di Twitter pada Jumat (14/10/2022).

"Setelah gue balikan, dia ngulangin hal yang sama. Lalu gue putusin lagi. Abis itu dia nangis2 lagi, mohon2, ampe gue kasian..Terus gue luluh lagi. Begitu aja terus selama 9 bulan," tuturnya.

Curhat Andien Aisyah (Twitter.com/andienaisyah)

Kala itu, Andien tak bisa bercerita kepada orang tua, sebab ia tidak mau pacarnya disalahkan. Penyanyi itu kerap mencari alasan untuk menutupi penyebab dari luka lebam di wajahnya.

Andien juga tak mengikuti saran dari temannya untuk meninggalkan sang kekasih. Pasalnya, ia masih berharap jika pacarnya bisa berubah. 

"Setiap temen gue yang tau, udah selalu menyarankan gue udah ninggalin dia. Apalagi makeup artist gue yang saat itu kerjaannya “menyamarkan” memar di mata gue setiap show. Tapi… Gue selalu menekankan ke orang2 bahwa gue yakin dia bisa berubah," jelas Andien.

Setelah sembilan bulan terjebak dalam abusive relationship, Andien akhirnya mampu keluar dari hubungan toksik tersebut. Hal ini berkat nasihat dari ibundanya.

Sang ibu menjelaskan bahwa, Andien tak bisa mengubah sifat seseorang. Lebih lagi, ibunya menegaskan bahwa mengubah watak sang pacar bukanlah tanggung jawabnya.

Curhat Andien Aisyah (Twitter.com/andienaisyah)

"Beliau bilang: menurutmu, kamu bisa mengubah orang yang sudah 20 tahun lebih mengenyam kehidupannya sendiri? Dengan pola asuh yang udah terpatri di dia, semua kebiasaannya, semua masa lalunya. Bisa kamu ubah dlm bbrp bulan ini?" cerita Andien.

"And she added.. “Andienku, dia bukan tanggung jawab kamu. Bukan tanggung jawab kamu untuk mengubahnya. Itu tanggung jawab dia sendiri. Tanggung jawab kamu adalah diri kamu. That hit me hard," tutupnya.

Usai mendengar perkataan ibunya, Andien  memilih untuk menyelamatkan diri sendiri. Ia juga sadar bahwa selama ini dirinya menjadi korban manipulasi pelaku sehingga sulit keluar.