Anggarkan 5 Hal Ini Sebelum Menggunakan Uang THR

Rabu, 29 Mei 2019 | 10:48:28

Larasati

Penulis : Larasati

Anggarkan 5 Hal Ini Sebelum Menggunakan Uang Thr

Menjelang hari raya, pastinya ada yang ditunggu-tunggu, khususnya bagi yang bekerja karena akan? mendapatkan Tunjangan Hari Raya ( THR ). Namun, yang harus diwaspadai adalah Jika kita tidak cermat, maka uang THR tersebut bisa saja habis tanpa sisa, karena tergoda dengan berbagi diskon yang bertebaran di semua pusat perbelanjaan. Sifat boros selama hari raya ini bisa membuat kita gigit jari setelah lebaran, karena uang habis tidak tersisa.


Agar hal itu tidak terjadi, dan kita tidak terjebak serta bisa bijak menggunakan THR, simak 5 hal? yang harus didahulukan sebelum menggunakan uang THR, yaitu:?


1. Catat Semua Keperluan yang Harus Dikeluarkan Selama Hari Raya
Selain baju baru, pengeluaran selama hari raya sangatlah banyak, termasuk mengeluarkan zakat fitrah, membeli bahan-bahan atau makanan untuk hidangan hari raya, dan juga memberi uang THR untuk orang tua serta sanak saudara di kampung halaman.?


2. Sisihkan Untuk Ditabung
Uang THR bukan berarti harus dihabiskan semua saat hari raya, tapi kita juga harus bisa menyisihkan sebagian untuk ditabung. Hidup bukan hanya hari ini saja, kita harus bisa menyiapkan dana untuk masa depan.


3. Dahulukan Membayar Utang
Jika kita mempunyai utang, maka dahulukan dulu untuk membayarnya karena itu aalah kewajiban. Setelah menunaikan kewajiban, maka kita bisa menggunakan THR untuk kebutuhan yang lainnya.


4. Persiapkan? Dana Untuk Mudik
Bagi yang akan mudik ke kampung halaman, sebaiknya memisahkan dana THR untuk perjalanan mudik, buat estimasi biaya jika menggunakan kendaraan pribadi serta kebutuhan makanan selama perjalanan. Ditambah lagi dana untuk oleh-oleh buat keluarga di kampung halaman, atau oleh-oleh saat pulang dari kampung halaman.


5. Anggarkan Untuk Berinvestasi
Agar uang THR bermanfaat untuk masa depan kita, anggarkanlah untuk menanam investasi, sehingga uang THR bermanfaat untuk masa depan.


Nah, untuk itu segera anggarkan uang THR utuk 5 hal diatas, sebelum dikeluarkan untuk dana yang sifatnya konsumtif. Sehingga uang THR kita tidak habis percuma tapi bermanfaat untuk masa depan.

Semoga bermanfaat ya!