Angkat Sel Kulit Mati, Begini Cara Gunakan Body Scrub yang Benar

Jumat, 17 Desember 2021 | 14:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Angkat Sel Kulit Mati, Begini Cara Gunakan Body Scrub Yang Benar

Foto :Tribun Jogja

Ladiestory.id - Cara memakai body scrub yang benar adalah hal yang penting. Dengan begitu, sel-sel kulit mati dapat terangkat sempurna hingga kulit lebih cerah maksimal.

Namun, apakah sudah benar cara menggunakan body scrub yang Kamu lakukan selama ini? Untuk mengetahuinya, ayo simak artikel berikut.

Cara Menggunakan Body Scrub

Berikut cara menggunakan body scrub dengan benar.

1. Mandi air hangat

Ilustrasi mandi menggunakan air hangat. (Special)

 Cara mengenakan body scrub yaitu dengan mandi air hangat terlebih dahulu. Mandi air hangat bisa membantu membuka pori-pori kulit sehingga proses eksfoliasi kulit bisa berjalan optimal.

Mandi mengenakan air hangat serta sabun sekaligus membantu mengangkat kotoran dan minyak yang menempel pada tubuh. Tapi, perlu diperhatikan supaya tidak mandi air hangat dengan waktu yang lama sebab dapat menjadikan kulit menjadi kering.

2. Pastikan tangan dalam kondisi bersih

Usai tubuh telah dibersihkan, cara mengenakan body scrub yang paling penting yaitu memastikan tangan pada keadaan bersih. Sebab, manfaat body scrub akan berjalan optimal jika kamu mengenakan tangan ketika proses pengaplikasiannya.

3. Gunakan body scrub

Ilustrasi penggunaan scrub. (Special)

 

Cara mengenakan body scrub yaitu dengan mengambil secukupnya mengenakan tangan maupun spatula khusus. Lalu, oleskan di permukaan kulit tubuh yang masih basah. Oles dan gosokkan pada seluruh bagian tubuh, seperti leher, lengan, dada, punggung, sampai kaki.

4. Pijat area tubuh

Cara mengenakan body scrub yang benar pun perlu diikuti dengan aktivitas pijatan. Pijat bagian tubuh dengan perlahan baik dari kaki hingga tubuh area atas dengan gerakan memutar selama 5-10 menit. Memijat tubuh bisa membantu menenangkan kulit, khususnya jika kamu tengah lelah atau stres akibat rutinitas sehari-hari.

5. Bilas tubuh

Usai cara mengenakan body scrub yang benar dilakukan, kamu dapat membilas tubuh dengan air dingin. Bilas tubuh hingga bersih sehingga tidak terdapat sisa-sisa partikel scrub yang menempel di kulit. Lalu, keringkan tubuh mengenakan handuk bersih dengan perlahan.

6. Oleskan pelembap

Cara mengenakan body scrub bisa menghilangkan kelembapan kulit, maka kamu perlu mengembalikannya dengan mengoleskan krim pelembap khusus tubuh maupun body lotion. Pilihlah krim pelembap sesuai tipe kulit kamu, kemudian oleskan pada seluruh permukaan kulit tubuh.

American Academy of Dermatology menganjurkan supaya pemakaian pelembap tubuh dilakukan sesegera mungkin, paling lama 5 menit sesudah mandi, supaya kulit tetap sehat dan terhidrasi dengan baik. Sebaiknya, jangan mengenakan krim pelembap bagi wajah pada kulit tubuh, ya. Pasalnya, kandungan pelembap wajah cenderung lebih ringan ketimbang produk produk pelembap bagi tubuh.

Pemakaian Body Scrub

Idealnya, cara menggunakan body scrub bisa dilakukan 2-3 kali dalam seminggu. Hindari cara mengenakan body scrub tiap hari. Sebab, cara menggunakan body scrub yang terlalu kerap malah bisa membuat kulit kering, sensitif, dan iritasi. Cara menggunakan body scrub pun boleh dilakukan jika kulit terasa begitu kering, kasar atau mengelupas.

Bila kulit kamu kering dan sensitif, sebaiknya lakukan scrub tubuh satu kali dalam seminggu. Untuk Kamu yang mempunyai kondisi kulit tertentu, maupun merasa tidak yakin terkait berapa kali mesti melakukan body scrub, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

Cara menggunakan body scrub tidak dianjurkan jika Kamu mempunyai luka terbuka di bagian kulit tubuh atau kulit iritasi karena ruam atau kulit terbakar sinar matahari (sunburn). Langkah tersebut bisa meningkatkan risiko iritasi kulit yang lebih parah.