Anti Kalap, 5 Tips Jitu Atur Gaji THR Supaya Nggak Numpang Lewat

Minggu, 9 April 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Anti Kalap, 5 Tips Jitu Atur Gaji Thr Supaya Nggak Numpang Lewat

Ilustrasi uang kertas. (Special)

Ladiestory.id - Menjelang hari raya keagamaan para karyawan tentunya akan mendapatkan uang "Tunjangan Hari Raya" (THR). Uang tambahan yang diberikan oleh masing-masing perusahaan ini tentunya sebagai modal tambahan yang berguna untuk kebutuhan pribadinya, bisa saja untuk dibelanjakan kebutuhan menjelang hari raya baik itu dibelikan untuk kue lebaran, baju baru, perlengkapan ibadah atau uang tersebut diberikan kepada keluarga tercinta. Bagi kamu yang baru saja mendapatkan uang THR dari perusahaan dengan nominal yang cukup banyak dan berniat untuk menyisihkan sebagian uang THR untuk investasi atau ditabung serta ingin mengelola nya lebih bijak dan tak  numpang lewat, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

Pisahkan untuk Kebutuhan Pribadi

Ilustrasi uang kertas. (Special)

Ketika mendapatkan gaji tambahan dari THR tentunya kamu akan menyusun daftar prioritas agar uangmu bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan yang telah kamu tentukan. Kamu bisa menjalankan daftar prioritasmu dengan cara memisahkan kebutuhan pribadi dan lainnya, jangan langsung dicampur jadi satu begitu saja, hal itu justru bisa membuatmu menjadi bingung bahkan uang THR mu habis tak tersisa. Kamu bisa memisahkan uang THR mu untuk diberikan ke sanak saudara dengan nominal yang telah ditentukan serta membeli kebutuhan pribadimu, atur porsi bujet sesuai dengan kebutuhan dan upayakan THR mu masih memiliki sisa untuk kamu simpan atau di tabung sebagian.

Sisihkan untuk Dana Darurat

Ilustrasi dana darurat. (Special)

Tak ada salahnya kamu menyisihkan sebagian uang THR mu untuk dana darurat. Jika kamu sudah bisa mengelola uang dengan baik, maka kamu bisa menyisihkan sebagian uang mu tersebut untuk dana darurat. Kita tidak akan tahu keadaan atau situasi selanjutnya setelah menjalankan hari raya, bisa saja kamu loyal memberikan bingkisan bahkan membagikan uang yang kamu miliki ke sanak saudara untuk berbagi kebahagiaan dan suka cinta dari hasil yang kamu miliki, namun tidak ada yang tahu bagaimana situasi setelahnya. Maka dari itu, untuk berjaga-jaga supaya kamu terhindar dari situasi darurat kamu juga bisa menyisihkan sebagian uang yang kamu miliki tersebut pada post dana darurat.

Simpan di Rekening Tabungan

Ilustrasi menabung. (Special)

Cara selanjutnya supaya kamu bisa bijak mengelola keuangan THR, maka kamu bisa menyisihkan sebanyak 20% hingga 30% THR mu ke rekening tabungan. Hal ini untuk meminimalisir pengeluaran yang besar supaya kamu bisa menggunakan seperlunya yang kamu butuhkan, dengan begitu kamu akan jauh lebih hemat dan terselamatkan dari hal tak terduga lainnya.

Buat Anggaran Pengeluaran

Ilustrasi uang kertas. (Special)

Jelang hari raya akan ada banyak kebutuhan yang ingin segera dibelanjakan. Eits, hati-hati jika kamu sampai kalap belanja alhasil uangmu akan hilang sekejap. Nah, untuk menyiasatinya kamu pun dapat membuat rencana anggaran pengeluaran, dengan begitu cara ini dapat mengurangi pengeluaran yang begitu besar serta menghindari pengeluaran untuk kebutuhan yang sepenuhnya tidak kamu perlukan.

Manfaatkan Promo

Ilustrasi diskon Idulfitri. (Special)

Ketika menjelang hari raya akan ada banyak promo menarik yang ditawarkan mulai dari produk makanan, pakaian, elektronik hingga transportasi dan akomodasi perjalanan. Nah, untuk menghemat pengeluaran keuangan, kamu pun bisa memanfaatkan promo tersebut untuk mendapatkan harga diskonan ataupun potongan harga. Promo ini lumayan bermanfaat apalagi jika kamu berhasil mendapatkan potongan harga yang jauh dari biasanya, kamu pun bisa mendapat keuntungan berkali lipat. Tetapi jangan langsung kalap, perhatikan juga terms & condition nya sebelum menggunakan promo dengan bijak, Ladies.