Apa Itu Fangirl? 5 Kebiasaan Buruk Fangirling yang Sebaiknya Cepat Dihilangkan

Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Apa Itu Fangirl? 5 Kebiasaan Buruk Fangirling Yang Sebaiknya Cepat Dihilangkan

Foto: scmp

Ladiestory.id - Di dunia ini bisa kita temukan banyak sekali orang-orang berbakat yang layak untuk diidolakan. Maka dari itu, tentu sangat banyak orang yang mengidolakan. Biasanya ada sangat banyak fan perempuan, karena itu ada istilah baru yang disebut fangirl. Apa itu fangirl?

Apa Itu Fangirl?

Fangirl berasal dari kata ‘fan’ yang berarti penggemar dan ‘girl’ yang berarti seorang perempuan. Jadi arti dari fangirl adalah seorang perempuan (biasanya remaja) yang menggemari idola mereka, atau fans perempuan.

fangirl
Foto: scmp

Apa Itu Fangirling?

Fangirling ini masih berhubungan dengan fangirl, jika fangirling itu seorang fangirl yang sedang melakukan aktivitas/pekerjaan yang menyangkut dengan idola mereka, yang selalu excited ketika ada yang ngomong tentang idolanya

Kadang-kadang seorang fangirl itu bisa jadi slayers jika ada seseorang menjelekkan idolanya atau dibandingin sama fans lainnya. Contoh, dia dengar idola dia di-hate,  maka bakalan keluar yang namanya slay. Tandanya dia tidak suka kalau ada fans lainmengatai idola si fangirl itu.

Kebiasaan Buruk Fangirling yang Sebaiknya Cepat Dihilangkan

Sementara itu, terdapat beberapa kebiasaan buruk yang disengaja atau tidak, dilakukan oleh orang-orang yang melakukan fangirling. Ada baiknya kebiasan tersebut cepat dikikis bila tidak ingin mendapatkan efek buruk disampingnya. Seperti dikutip dari laman lterallydarling, inilah 5 kebiasaan buruk fangirling yang harus ditinggalkan.

1. Kompetitif Fangirling

fangirl
Foto: korea

Fangirl biasanya bangga terhadap apa yang didukungnya. Sehingga akan cukup aneh jika terdapat seorang fangirl yang tidak mengikuti beberapa fandom.

Umumnya antar-fandom menjadi saling kompetitif, jika diteruskan dan menimbulkan hal negatif maka sebaiknya keluar dari fandom tersebut.

2. Sentuhan yang Berlebihan

fangirl
Foto: koreaboo

Jika bertemu dengan idola, maka biasanya akan berusaha untuk menyentuhnya bahkan memberikan pelukan. Hal tersebut cukup wajar sebab ia adalah seseorang yang selama ini diidolakan.

Tetapi jika berpelukan terlalu lama bahkan hingga menyentuh daerah muka idola, tidak akan membuatnya nyaman. Tunjukanlah penghargaan yang cukup pantas dengan melakukan interaksi menyenangkan dan memberikan perhatian sewajarnya. Perlakukan idola sebagaimana mereka ingin diperlakukan.

3. Menuntut Jawaban dari Idola

Sebagai seorang fangirl, biasanya akan senang jika komen ataupun post yang di bagikan melalui media sosial akhirnya dibalas oleh idola. Terkadang, hal itu seperti keharusan dan beberapa fangirl malah menjadi sedikit menuntut agar dibalas.

4. Mengajukan Pertanyaan yang Tidak Pantas

fangirl
Foto: channel-korea

Seorang fangirl biasanya menonton berbagai interview yang diikuti oleh idola. Sehingga wawasan mengenai kehidupan pribadi sang idola menjadi semakin bertambah.

Bahkan beberapa fandom mengadakan pertemuan tertentu dengan idola mereka agar lebih dekat. Fangirl terkadang diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.

Ketika melakukannya, sebaiknya ajukan pertanyaan yang sopan dan tidak terlalu menyinggung. Terutama mengenai apapun yang terlalu bersifat personal.

5. Melecehkan secara Seksual di Media Sosial

Respon yang kurang benar dan tepat terhadap posting yang dibagikan oleh idola di media sosial terkadang malah membuat pelecehan seksual melalui verbal.

Ada baiknya menggunakan kata-kata yang baik sehingga tidak memancing kekerasan tidak langsung seperti itu.

Inilah pengertian fangirl dan 5 sikap buruk yang harus ditinggalkan oleh seorang fangirl. Semoga kita bisa menjadi fans yang lebih bijak lagi, ya.