Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | APA MANFAAT DIET RAW FOOD UNTUK KESEHATAN?

Apa Manfaat Diet Raw Food untuk Kesehatan?

LS Health
Penulis: LS Health
Rabu, 03 Maret 2021 | 08:44:47
Durasi baca: 2 menit, 4 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Apa Manfaat Diet Raw Food untuk Kesehatan?

Teori diet raw food ini beranggapan bahwa proses memasak dapat menghancurkan nutrisi di dalam makanan, sehingga lebih baik mengonsumsi makanan segar. Diet raw food ini dipercaya dapat menyehatkan pencernaan, sehingga makanan dapat lebih mudah diserap tubuh, dan membantu mengurangi risiko munculnya penyakit tertentu.

Apa Manfaat Diet Raw Food?

Efektivitas diet ini sebenarnya masih dalam penelitian. Namun ada beberapa manfaat yang ditawarkan atau diklaim oleh diet raw food, yaitu:

  • Menurunkan risiko penyakit jantung. Karena diet ini banyak melibatkan konsumsi buah dan sayur, maka dianggap dapat membantu mengurangi tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Akan tetapi kepastian manfaat diet raw food yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.
  • Menurunkan kolesterol jahat, karena redahnya konsumsi lemak jenuh.
  • Menurunkan indeks massa tubuh, yang juga berarti mengatasi kelebihan berat badan. Hal ini karena makanan yang dikonsumsi pada diet raw food cenderung rendah kalori.
  • Membuat kulit terlihat lebih segar.
  • Menyehatkan pencernaan, sebab makanan yang dianjurkan dalam diet ini kaya akan kandungan serat.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh.

Aturan diet raw food

Jika seseorang tertarik melakukan diet raw food, artinya perlu tahu aturan dalam memilih dan mempersiapkan makanan. Beberapa yang perlu diperhatikan adalah:

Baca juga: Takut Gendut, Coba Yuk Diet Ala Nagita Salvina

Perendaman

Makanan mentah tentu perlu dibersihkan secara menyeluruh, terutama biji-bijian dan kacang-kacangan yang masih mengandung inhibitor enzim dan hanya bisa hancur lewat proses memasak. Tergantung pada jenis makanannya, proses perendaman memerlukan waktu yang berbeda-beda, mulai 2-24 jam.  Suhu perendaman juga harus diketahui, apakah di suhu ruangan atau perlu disimpan di lemari pendingin. Setelah proses perendaman selesai, mengeringkannya pun harus di kontainer kedap udara.

Pemanasan

Makanan untuk pelaku diet raw food bisa dipanaskan secara alami memanfaatkan sinar matahari. Istilahnya adalah dehydrating, yaitu meletakkan makanan di kontainer tertutup sehingga makanan akan dipanaskan di temperatur rendah. Biasanya, metode ini dilakukan dalam pembuatan kismis, tomat, keripik kale, roti, atau crackers.

Blending

Makanan untuk diet raw food juga bisa diblender menggunakan food processor jika ingin dikonsumsi dalam bentuk pesto, smoothies, atau sup. Selain itu, sayur dan buah juga bisa dijus sebelum dikonsumsi.

Manfaat yang ditawarkan diet raw food ini mungkin membuat kamu jadi tertarik untuk mencobanya. Tapi, jangan terburu-buru. Perhatikan dan ingat baik-baik, beberapa dari makanan ini mungkin tidak aman dikonsumsi dalam keadaan mentah karena dapat mengandung kuman atau racun. Makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi mentah atau tanpa pengolahan adalah kacang merah, singkong, jamur, kacang polong, kacang kapri, telur, daging, dan susu. Ikan segar yang berkualitas tinggi masih boleh dikonsumsi, misalnya sebagai hidangan sashimi atau sushi. Tapi, agar lebih aman, sebaiknya tambahkan wasabi untuk membasmi bakteri di dalamnya.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Baca juga: Rekomendasi Suplemen Untuk Kesehatan Wanita


 

Manfaat Diet Raw Food Diet Raw Food Raw Food

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health