Apa yang Perlu Dipersiapkan 3 Bulan Sebelum Hari Pernikahan

Senin, 13 September 2021 | 12:55:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Apa yang Perlu Dipersiapkan 3 Bulan Sebelum Hari Pernikahan

Foto: Frank & co. Wedding & Engagement Ring Collection

Waktu menunjukkan H-3 bulan dari pernikahanmu. Apa saja yang idealnya sudah kamu ‘bereskan’ dalam kurun waktu ini? Proses persiapan pernikahanmu telah dimulai sejak H-6 bulan, dengan melakukan pemilihan berbagai macam vendor seta melakukan booking. Ini dia hal-hal yang idealnya telah atau setidaknya sedang kamu lakukan pada H-3 bulan.

Persiapan Hari Pernikahan
Foto: shutterstock_738056683

Mencicipi wedding cake dan catering

Tentu saja persiapan ini diperuntukan bagi mereka yang mengadakan resepsi dan dihadiri para undangan. Kamu memang idealnya mencicipi sendiri makanan dan minuman yang nantinya akan disediakan, untuk memastikan kualitas. Kamu bahkan bisa membuat pernikahan terasa makin personal dengan memilih menu-menu favoritmu sendiri.

Persiapan Hari Pernikahan
Foto: shutterstock_445895788

Hairdo and makeup trials

Poin yang satu ini, baik menikah sebelum, selama atau sesudah masa pandemi adalah hal yang penting dan pasti dilakukan. Karena selain bersinar dengan perhiasan emas yang dipakai seperti cincin berlian, baik itu cincin tunangan, cincin kawin atau perhiasan wanita lainnya, tentu saja kamu ingin kelihatan bersinar dengan tata rias wajah serta rambut.

Pastikan undangan dan souvenir sudah siap

Mungkin kamu belum perlu mengirim undangan pada kurun waktu ini, namun memastikan bahwa dua hal tersebut sudah siap sejak H-3 bulan adalah satu langkah yang baik. Karena kurang dari sebulan lagi – yaitu sekitar H-2 bulan, kamu akan mulai mengirim undangan.

Persiapan Hari Pernikahan
Foto: shutterstock_445895788

Mulai persiapan bulan madu

Menikah di masa pandemi adalah tantangan tersendiri. Kamu tidak bisa mengundang tamu sebanyak yang kamu inginkan, dan belum tentu bisa pergi ke lokasi bulan madu impianmu.

Tapi, dengan adanya berbagai kebijakan selama pandemi, kamu tetap bisa kok menikmati bulan madu, misalnya dengan menyewa villa private di luar kota dan menikmati kebersamaan dengan pasangan berdua saja.

Mulai lunasi biaya vendor yang memungkinkan

Beberapa vendor memungkinkan pembayaran hingga H-1 bulan bahkan setelah pernikahan. Namun, jika memungkinkan, ada baiknya kamu mulai melunasi vendor yang sudah dipilih. Misalnya vendor toko perhiasan emas yang akan kamu pakai di hari H. Baik itu cincin berlian sebagai cincin kawin, atau perhiasan wanita lainnya.

Oh ya, tidak ada salahnya juga mulai ‘membocorkan’ tanggal pernikahanmu pada keluarga dan sahabat terdekat. Misalnya dengan posting foto cincin tunangan beserta tulisan “soon” di sosial media, sehingga mereka yang melihatnya bisa segera memikirkan hadiah pernikahan untukmu!

Tapi, jangan lupa… hadiah pernikahan memang sesuatu yang dinantikan, namun bukan sesuatu yang wajib. Fokuslah mempersiapkan pernikahanmu dan bersenang-senanglah!

Berita Terkait