Arti, Manfaat, dan Nama Lain Bunga Matahari

Kamis, 9 September 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Arti, Manfaat, dan Nama Lain Bunga Matahari

Foto: Ladiestory.id

Siapa yang menanam bunga matahari di depan atau di halaman rumah? Bunga matahari memiliki keindahan yang tiada duanya. Bahkan banyak tempat wisata yang menyediakan hamparan luas dengan dipenuhi tanaman bunga matahari. Mengambil foto dari berbagai sudut pun akan terlihat estetik dan instagramable.

Bunga matahari memiliki ciri umum diantaranya adalah batang tumbuh tegak dengan tinggi yang dapat mencapai 3 meter. Daunnya cukup lebar, berbentuk jantung. Bunga matahari sangat khas karena ukurannya yang lebar, mahkota berwarna kuning, dan bentuk keseluruhannya menyerupai matahari.

Dibalik warna kuningnya yang begitu indah, pasti kamu tidak asing dengan kuaci matahari. Ya, jenis cemilan ini menjadi salah satu manfaat dari bunga matahari. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat bunga matahari dari pereda nyeri, untuk kesehatan, hingga untuk kecantikan.

Selain itu, terdapat beberapa nama lain bunga matahari berasal dari berbagai daerah. Bahkan bunga matahari juga memiliki arti dan makna yang unik di seluruh dunia. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut ini.

Nama Lain Bunga Matahari

Foto: Ladiestory.id

Bunga matahari merupakan tanaman asli Amerika Utara. Tahukan kamu bahwa terdapat nama lain bunga matahari. Nama ilmiah atau nama lain bunga matahari adalah Helianthus annuus.

Nama ini sebenarnya merujuk pada spesies bunga matahari biasa. Dimana memiliki yang kepala bunga bundar dalam kombinasi dengan ligula terlihat seperti matahari yang bersinar.

Arti nama lain bunga matahari dalam bahaya Yunani adalah helios yang berarti matahari sedangkan anthos memiliki arti bunga. Bunga matahari adalah nimfa terkutuk yang mengikuti kekasihnya saat ia bergerak di sekitar matahari. Begitulah menurut mitologi Yunani.

Namun juga terdapat beberapa nama lain bunga matahari dari beberapa daerah. Diantaranya nama bunga panca matoari, bunga teleng matoari, kembang sangenge, bungka matahari.

Arti Bunga Matahari

Foto: Ladiestory.id

Bunga matahari memiliki arti dan makna unik di seluruh dunia. Sebab banyak budaya memiliki pandangan yang sama tentang bunga matahari berkat karakteristiknya. Beberapa makna yang paling umum meliputi:

  1. Umur panjang, terutama karena sebagian besar varietas mekar penuh selama berbulan-bulan selama hari-hari terpanas di musim panas
  2. Perasaan kagum dan cinta terhadap seseorang, seperti anggota keluarga atau teman
  3. Loyalitas dan ikatan yang kuat antara dua orang, sebagaimana diwakili oleh batang yang kuat dan lurus
  4. Melambangkan positif dan kuat, sebab saat bunga matahari mekar akan berubah menghadap matahari
  5. Memberi makan diri kamu dan orang lain, seperti yang kita tahu bahwa bunga matahari menghasilkan banyak biji yang bisa dimakan
  6. Mencerahkan suasana hati, sebab melalui warna kelopak kuning atau oranye mampu memberi semangat.
  7. Dalam kebudayaan Cina, bunga matahari memiliki makna semoga sukses dan kebahagiaan abadi

Manfaat Bunga Matahari

Foto: Ladiestory.id

Bukan hanya menawarkan keindahan saja, bunga matahari juga dikenal memiliki beberapa manfaat.

1. Mengurangi tekanan darah

Pada umumnya penyakit jantung diawali dari tekanan darah yang tinggi, sehingga menyebabkan stroke atau serangan jantung. Namun melalui senyawa biji bunga matahari dapat mencegah enzim yang menyebabkan pembuluh darh mengkerut.

Biji bunga matahari inilah yang dapat menurunkan tekanan darah dan membantu pembuluh darah lebih rileks. Selain itu, mengurangi tinggi tekanan darah juga bisa didapat dari magnesium dalam biji bunga matahari.

Rupanya, biji bunga matahari juga bermnafaat bagi tubuh sebab kaya akan asam lemak tak jenuh, terlebih asam linoleat. Sedangkan tubuh manusia menggunakan asam ini untuk membuat senyawa. Seperti hormon yang meningkatkan tekanan darah dan melemaskan pembuluh darah.

2. Mengatur kolesterol

Kebanyakan orang menanam bunga matahari sebagai tanaman hias untuk mempercantik rumahnya. Namun ternyata bunga matahari ini sangat bermanfaat bagi kesehatan salah satunya mampu mengatur kolesterol.

Bahkan data dari Direktorat Gizi Departemen Kesehatan, biji bunga matahari ternyata mengandung gizi yang cukup lengkap. Biji bunga matahari ini mengandung minyak nabati dengan kadar kolesterol rendah. Oleh sebab itu cocok  dikonsumsi orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau mengalami kelainan jantung.

3. Membantu mengontrol diabetes

Foto: Ladiestory.id

Sebenarnya biji bunga matahari dapat bermanfaat untuk mengontrol diabetes dan juga bisa membantu untuk program diet. Sebab dengan mengonsumsi biji matahari setiap hari dapat mengurangi gula darah. Hal ini disebabkan biji bunga matahari yang mengandung asam klorogenat senyawa tanaman.

Kamu bisa menambahkan biji bunga matahari ke makanan seperti roti dapat membantu mengurangi efek karbohidrat pada gula darah kamu. Protein dan lemak biji memperlambat waktu pengosongan perut dan memungkinkan pelepasan gula dari karbohidrat secara bertahap.

4. Pereda nyeri alami

Jika poin satu hingga tiga kita membahas khasiat dari biji bunga matahari. Namun rupanya bunga matahari juga bisa dijadikan pereda nyeri alami.  Oleh sebab itu bunga matahari dapat digunakan untuk mengurangi nyeri saat sakit gigi, sakit kepala, nyeri haid, dan nyeri lambung.

5. Untuk kecantikan

Tak hanya untuk kesehatan tubuh, namun bunga matahari juga dapat digunakan untuk kecantikan. Sebab biji bunga matahari dapat menghasilkan minyak. Nah minyak tersebut yang dapat dipakai guna kecantikan seperti perawatan wajah, rambut, dan kulit.

Selain itu, kamu bisa mencapurkan minyak biji bunga matahari dengan salad. Sehingga bagus untuk tubuh sebab mengandung asa linoleat.

Inilah arti, manfaat, dan nama lain bunga matahari. Apakah kamu tertarik untuk menanam bunga cantik ini?

Berita Terkait