Arti, Tujuan, Dan Unsur Resensi Buku

Selasa, 17 Agustus 2021 | 00:05:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Arti, Tujuan, Dan Unsur Resensi Buku

Foto: Ladiestory.id

Mengandalkan nama penerbit maupun nama penulis buku, tentu tidak menjamin bisa memperoleh buku dengan isi yang bagus. Oleh sebab itu, pentingnya untuk membaca ulasan buku sebelum membeli. Salah satu ulasan buku tersebut tersedia dalam bentuk resensi buku.

Foto: Ladiestory.id

 

Resensi adalah istilah yang berhubungan dengan ulasan dan digunakan pada karya apapun. Baik itu resensi untuk buku, film, lukisan, dan lain sebagainya. Sedangkan resensi terhadap buku merupakan kegiatan mengupas, mengevaluasi, mempertimbangkan, mengkritik, dan membedah substansi sekaligus memberikan komentar pada sebuah buku.

Tujuan Menulis Resensi Buku

Foto: Ladiestory.id

 

1. Memberi gambaran

Resensi buku bertujuan untuk memberi gambaran tentang jalan cerita, konflik dalam suatu buku, cara penulis memaparkannya, dan sebagainya kepada pembaca.

2. Mengetahui kelemahan dan kekurangan

Pada dasarnya merensesi buku dapat memberi penilaian terhadap buku tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu judul buku. Sehingga di dalam resensi pasti akan dijelaskan keunggulan apa saja yang dimiliki buku lengkap dengan kekurangannya.

3. Memberi masukan pada penulis

Resensi yang ditulis dan dipublikasikan akan memungkinkan untuk penulis dari buku tesebut membaca. Oleh sebab itu, melalui resensi dapat bertujuan untuk memberi masukan, kritik, dan saran kepada penulis.

4. Mengetahui latar belakang buku

Resensi yang ditulis dapat bertujuan untuk mengetahui alasan atau latar belakang kenapa suatu buku diterbitkan. Baik diterbitkan atas keinginan dari penulis maupun penerbit.

5. Mengetahui kualitas buku

Mengetahui dan menguji kualitas buku, seseorang yang menulis resensi biasanya akan membeli buku yang bersangkutan kemudian dibaca sampai habis. Baru kemudian mengulas isi di dalamnya dalam bentuk resensi. Sehingga tujuan dari resensi salah satunya juga untuk mengetahui dan menguji kualitas buku.

Unsur-Unsur Resensi Buku

Foto: Ladiestory.id

 

1. Judul Resensi

Judul sangat berfungsi bagi suatu resensi sebab secara garis besar menggambarkan isi resensi tersebut. Judul tersebut ditulis dengan menarik agar pembaca ingin terus membaca hingga akhir kalimat bahkan sampai membuktikannya dengan membeli sendiri suatu buku yang usai diresensi.

2. Idenititas Buku

Identitas buku menajdi gambaran umum dari dalam buku. Pada dasarnya identitas buku berisi judul buku, nama pengarang, tahun terbit dan jumlah halaman. Namun menambahkan informasi lebih detail akan menjadi lebih baik seperti tahun cetaknya, ketebalan buku, nomor edisi buku, penerbit, harga buku bila perlu sampai ukuran buku.

3. Intisari atau Ikhtisar

Instisari buku merupakan sinopsis atau rangkuman yang menjelaskan isi buku secara ringkas berdasarkan pada beberapa pokok pembahasan di dalam buku tersebut. Pada dasarnya teknik penyusunan resensi pada buku fiksi dan buku non fiksi berbeda.

Maka, instisari pada buku fiksi akan didasarkan pada rangkaian peristiwa penting yang dicantumkan penulis dalam bukunya. Sementara instisari pada buku non fiksi atau buku ilmiah didasarkan pada intisari-intisari buku yang diresensi.

4. Biografi Pengarang

Unsur resensi buku selanjutnya adalah kepengarangan dengan mencantumkan mengenai penulis buku, yang biasanya ditulis secara ringkas. Unsur ini menjadi salah satu poin petunjuk pembaca untuk menentukan suatu buku.

Biasanya memuat tentang kehidupan si penulis mulai dari latar belakang, keahlian, sampai karya-karyanya. Menulis biografi pengarang menjadi esensial sebab membantu pembaca tidak hanya mengenal suatu karya namun juga mengenal siapa pencipta karya tersebut. Hal ini menuntut penulis resensi untuk paham buku yang akan diresensi sekaligus paham siapa yang menulisnya.

5. Kelebihan dan Kelemahan Buku

Dalam menulis kelebihan dan kelemahan buku tidak boleh ditulis secara asal yang berarti tidak serta merta menyebutkan kekurangan buku tersebut. Pada umumnya berisi penilaian kelebihan dan kekurangan buku.

Bagian inilah yang berisi pendapat terhadap buku yang diulas. Bagian ini pula yang dilihat kembali secara seksama oleh pembaca untuk memastikan apakah buku tersebut layak dibaca atau tidak, apakah sesuai dengan yang dicari atau tidak.

6. Kesimpulan

Kesimpulan merupakan unsur terakhir dari sebuah resensi buku. Sebuah opini dapat dituliskan dalam kesimpulan, selain itu juga berisikan kritikan dan masukan yang ditujukan kepada penulis buku.

Inilah arti, tujuan dan unsur yang harus ada dalam resensi buku.