4 Aturan Saat Cheating Day supaya Tidak Kebablasan

Kamis, 4 November 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

4 Aturan Saat Cheating Day Supaya Tidak  Kebablasan

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Beberapa perempuan ada yang menganggap kalau berat badan itu hal penting sehingga perlu dijaga.

Inilah yang sering disebutkan oleh para pelaku diet, sebuah istilah yang familiar sama dengan nama ‘cheating day‘ alias libur diet sehari.

Khusus pada hari itu, ketika sedang diet kita diizinkan untuk mengonsumsi makanan kesukaan atau apa pun yang jadi pantangan saat diet selama satu kali dalam seminggu. 

Manfaat dari cheating day adalah melengkapi kekurangan kalori selama melakukan program diet. Selain itu, ini dapat dijadikan sebagai penghargaan pada diri sendiri atas perjuangan menjalankan diet.

Dalam sebuah buku “The Men’s health MetaShred Diet”  karya Michael Roussell, Ph.D menyampaikan jika memang perlu sesekali libur dalam melakukan diet, namun bukan berarti kita bebas makan seenaknya.

Aturan Cheating Day supaya Tidak Kebablasan

Banyak yang salah mengartikan cheating day sebagai hari boleh makan apa saja tanpa kontrol dan batasan.

Tentu saja hal ini akan membuat segala usaha yang dilakukan menjadi kurang optimal. Berikut aturan mak saat cheating day agar tidak kebablasan.

1. Perhatikan Kandungan Kalori sehingga Tetap Seimbang

aturan cheating day
Foto: Ladiestory.id

Sering kali kebanyakan orang ingin makanan yang nggak boleh dimakan saat diet seperti pasta, pizza, burger, es krim, atau makanan manis.

Sebenarnya  diperbolehkan, namun lebih baik tetap perhatikan asupan makanan sehat yang mengandung protein, kaya serat, dan rendah lemak.

Caranya adalah dengan adalah membuat sendiri makanan-makanan itu sehingga kita bisa memilih bahan yang lebih sehat. 

2. Atur Jam Makan Khusus sehingga Porsi Makan Bisa Terkontrol

Walaupun hari libur, tapi  jangan biarkan kita terus-terusan makan seharian. Mulailah atur dan lakukan hanya pada jam tertentu kita bebas makan enak, misalnya di atas jam 7 malam.

Manfaat dari mengatur jam tertentu ketika cheating day supaya terhindar nggak kebablasan ketika melahap menu makanan kesukaan.

Foto: abcnews

3. Lebih Baik Makan dengan Jumlah Porsi yang Sedikit tapi Sering

Porsi makan yang sedikit tapi sering memang lebih disarankan dibanding dengan langsung kalap makan dalam jumlah yang besar.

Manfaatnya adalah meminimalikan perut begah, menjaga porsi makan sehingga membantu sistem metabolisme tubuh mencerna makanan dengan mudah.

Ketika makanan bisa dicerna dengan mudah, maka otomatis tidak ada lemak-lemak yang tertinggal di dalam tubuh.

4. Pioritaskan Memilih Makanan kesukaan supaya Tidak Terlalu Banyak Menu

Walaupun sedang bolos diet, ingat bukan berarti kita boleh menyantap segala makanan yang nggak sehat sesuka hati.

Supaya tidak terlalu banyak makanan, maka batasi pilihan menu jadi makanan yang benar-benar disukai saja. Apalagi kalau ternyata makanan kesukaanmu menjadi pantangan diet selama ini.

Itu dia beberapa aturan makan saat cheating day. Jadi, kamu tetap boleh konsumsi makanan favoritmu, tapi dengan jumlah yang wajar, ya!