Awkarin Terbang ke Bali Khusus untuk Jalani Ritual Melukat

Rabu, 27 Juli 2022 | 10:43:00

Tyas Sukma

Penulis : Tyas Sukma

Awkarin Terbang Ke Bali Khusus Untuk Jalani Ritual Melukat

Awkarin. (Instagram.com/narinkovilda)

Ladiestory.id - Selebgram Karin Novilda melakukan upacara melukat di Ubud, Bali. Wanita yang kerap dipanggil Awkarin ini sengaja datang khusus dari Jakarta untuk melakukan ritual tersebut. Terlihat dari unggahan Instagram pribadinya pada Senin (25/7/2022).

 

Awkarin. (Instagram.com/narinkovilda)

“Jadi, tepatnya hari Sabtu kemarin, aku memutuskan untuk mencoba melakukan lukat, di Ubud. Memang, tujuan aku ke Bali kali ini dikhususkan untuk kegiatan purification ceremony khas Bali ini, itulah mengapa aku memilih tinggal di Ubud bukan di center Bali seperti biasa,” tulis Awkarin.

Mantan kekasih Sabian Tama ini mengaku suka dengan kegiatan-kegiatan spiritual dan melukat merupakan salah satu pengalaman yang ingin ia coba.

“Dan gue melakukan melukat karena gue itu suka mendalami kegiatan-kegiatan spiritual. Dan melukat ini adalah salah satu experience yang ingin aku coba sebagai salah satu milestone perjalanan spiritualku,” ujar Awkarin.

Awkarin menjelaskan melukat berasal dari kata Sulukat yang berarti menyucikan diri untuk memperoleh kebaikan. Ritual ini tak hanya untuk masyarakat Bali saja, namun juga bisa untuk wisatawan.

“Melukat berasal dari kata Sulukat, dengan “Su” bermakna baik dan “Lukat” yang bermakna penyucian. Secara singkat, Sulukat berarti menyucikan diri untuk memperoleh kebaikan. Air yang digunakan dalam upacara ini, dianggap mampu membersihkan diri dan pikiran serta menghalau hal-hal negative,” ujar Awkarin.

“Ritual adat khas Bali sangat sakral dan mengesankan karena tradisi ini melekat pada alam. Diketahui jika kebanyakan ritual di Bali ini diperuntukkan masyarakat Bali yang menganut kepercayaan Hindu. Namun, ada beberapa Budaya atau ritual Bali yang bisa dilakukan tak hanya untuk masyarakat Bali saja, namun juga untuk wisatawan,” lanjutnya

Dalam ritual melukat, air dipercaya dapat menghilangkan pengaruh kotor yang dapat merusak dalam diri. Setelah selesai Awkarin pun dipakaikan gelang tridatu.

 

Awkarin. (Instagram.com/narinkovilda)

“Dalam upacara ini, air juga dipercaya dapat menghilangkan pengaruh kotor atau klesa yang dapat merusak dalam diri manusia dengan bantuan dari alam semesta,” ujar Awkarin.

“Setelah prosesi melukat selesai, aku dipakaikan Tridatu seperti yang sudah aku jelaskan di InstaStory,” pungkasnya.