Ayudia Beberkan Awal Mula Mantap Berhijab, Sang Suami Akui Tak Tahu Alasannya

Rabu, 24 Agustus 2022 | 16:15:00

Selsa Nawang Wulan

Penulis : Selsa Nawang Wulan

Ayudia Beberkan Awal Mula Mantap Berhijab, Sang Suami Akui Tak Tahu Alasannya

Ayudia dan Ditto Percussion. (instagram.com/ayudiac)

Ladiestory.id - Pasangan suami istri, Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion beberapa waktu lalu hadir dalam podcast "Daniel Mananta Network" pada (26/7/2022). Dalam pertemuan itu, mereka membahas beberapa topik kehidupan menarik, salah satunya adalah pembahasan mengenai keputusan Ayudia untuk berhijab.  Ibu satu anak ini mengaku bahwa alasan di balik keputusannya berhijab tidak diketahui pasti oleh sang suami.

Ayudia dan Ditto Percussion. (Youtube/Daniel Mananta Network)

“Tiba-tiba dia bilang to gue mau hijab ya. Gue sebagai suami gak nanya kenapa mau hijab, ya gue mau mau aja. Cuman kan pasti ada ceritanya dan sampe sekarang gue gak tau dan gue gak ngulik,” ujar Ditto. 

Ditto berpendapat bahwa keputusan sang istri berhijab merupakan hal yang bersifat personal, di mana pastinya terdapat alasan tersendiri yang menjadi urusan antara seorang makhluk dan penciptanya. 

“Jadi hanya dia yang tau kenapa menutup itu. Apa yang terjadi sama Tuhan, lu mungkin ada mimpi atau apa. Gue gak mau ngulik itu karena takutnya jadi malu, jadi gak mau cerita. Makanya Ayu pun sampe sekarang gak pernah cerita,” ungkap Ditto.

Ayu sendiri pada awalnya mengira bahwa hijab digunakan untuk menandakan bahwa seorang wanita muslim sudah menunaikan ibadah haji. Karena Ayu melihat mamanya mulai berhijab usai pergi haji. 

“Kalau boleh di-flashback nyokap gue itu berhijab dari dulu, gue lupa tepatnya kapan mungkin gue SD. Itu dia setelah pergi haji, dia berhijab. Nah pada saat itu gue inget masih kecil, jadi ingatan gue pada waktu itu ‘oh abis jadi seorang haji tuh pake kerudung. Jadi kayak gue pikir itu simbol setelah lo haji gitu awalnya,” jelas Ayu. 

Ayudia dan Ditto Percussion. (Youtube: Daniel Mananta Network)

Keputusannya untuk berhijab datang di momen-momen saat dirinya ingin melahirkan anak pertamanya, yakni Dia Sekala Bumi. Ayu mengaku di momen itu sempat dihadapkan dengan rasa takut akan kemungkinan dirinya bisa meninggal ketika sedang berada di ruang persalinan.

Bahkan dirinya hingga menanyakan kemungkinan itu kepada salah satu perawat yang ada di ruangannya. Berangkat dari kejadian tersebut, Ayu memutuskan untuk terus menjadi lebih baik lagi. Ia menyadari bahwa dirinya masih diberikan kesempatan untuk hidup hingga saat ini, setelah berjuang keras melahirkan anak pertamanya.

“Sekarang gue udah dihadapkan dimana, Yu ini lu bisa hidup dan mati terus lu kebayang lo dulunya  gak ada, terus sekarang ada. Lo dikasih nyawa loh, dikasih kesempatan untuk hidup. Lo gak mau gitu melakukan suatu hal yang baik, maksudnya kayak untuk menunjukkan rasa syukur lo,” tutur Ayu. 

Sejak saat itu, Ayu memantapkan dirinya untuk berhijab dan menutupi auratnya sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan. Menurut Ayu sendiri, dengan berhijab, selain bisa menjaga auratnya, juga sekaligus dapat menjaga hubungan rumah tangganya dengan sang suami. Karena Ayu paham jika dirinya memiliki kekuatan untuk dapat menarik lawan jenis jika tetap berpenampilan terbuka.