Bacaan dan Tata Cara Doa untuk Kesembuhan Orang Tua Sakit Agar Cepat Pulih

Selasa, 24 Agustus 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Bacaan dan Tata Cara Doa untuk Kesembuhan Orang Tua Sakit Agar Cepat Pulih

Foto: Ladiestory.id

Berbakti kepada orang tua tidak hanya sekadar membantu perekonomian, taat, membahagiakan mereka. Namun, salah satu cara kita berbakti kepada orang tua dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT. Terlebih jika kondisi orang tua sakit.

Memang mengurus orang tua termasuk ibadah yang paling tinggi derajatnya. Kita sebagai anak akan mendapat banyak pahala jika mengurus orang tua. Bahkan, lebih utama mengurusi orangtua dibandingkan berjihad.

Kumpulan Doa Untuk Kesembuhan Orang Tua Sakit

Namun mengurus, merawat, membawa ke dokter tidaklah cukup. Kita tetap harus meminta kesembuhan kepada Allah SWT dengan cara berdoa. doa merupakan sebuah permohonan dari seorang hamba yang ditujukan kepada Allah SWT. doa adalah inti ibadah yang mendalam.

Sebab itu jika kondisi orang tua sakit, kita harus doa untuk kesembuhan orang tua sakit. Inilah bacaan doa dan beberapa cara yang harus diperhatikan. Agar doa dikabulkan dan orang tua cepat diberi kesembuhan.

1. Doa Untuk Kesembuhan Orang Tua Sakit Agar Cepat Sembuh

Foto: Ladiestory.id

 

Ketika orang tua sakit, pasti sebagai anak kita akan merawat dan mengobati dengan cara dibawa ke dokter. Namun sebagai anak yang berbakti kepada orang tua, rupanya hal itu tidak cukup. Sebab, kita sebagai anak harus doa untuk kesembuhan orang tua sakit agar cepat sembuh.

Bahkan sesuai firman firman Allah SWT, memanjatkan doa untuk kesembuhan orang tua sakit termasuk dalam perbuatan yang baik. Selain itu, memanjatkan doa kesembuhan itu tentunya dapat mendatangkan rahmat Allah SWT agar penyakit yang mereka derita bisa segera diangkat dan orang tua kita bisa kembali pulih serta sehat.

Berikut bacaan doa untuk kesembuhan orang tua yang  merupakan bentuk sunnah Rasulullah SAW. Sehingga dapat diamalkan umat muslim untuk menunjukkan bakti kepada orang tua kita. Selain itu memanjatkan doa agar kembali sehat dan dapat beraktivitas normal.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

“Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.”

Artinya, “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri.” (HR. Bukhari)

Selain itu, Anda juga bisa memanjatkan doa seperti di bawah ini :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.”

Artinya, “Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

2. Doa Untuk Kesembuhan Orang Tua yang Sakit Parah

Foto: Ladiestory.id

 

Jika orang tua Anda mengalami sakit parah, itu menandakan Anda harus meningkatkan kuantitas dan kualitas doa. Anda harus lebih rajin beribadah dan memanjatkan doa berikut ini di setiap salat. Berikut bacaan doa yang bisa dipanjatkan

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

"Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khirolli."

Artinya, “Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.”

Urutan Doa untuk Kesembuhan Orang Tua Sakit Agar Cepat Sembuh

Foto: Ladiestory.id

 

Setiap orang pasti menginginkan doa nya dikabulkan oleh Allah SWT. Terutama jika orang tua sakit, maka kita menginginkan untuk Allah segera mengabulkan doa kita. Tentu saja dengan memberi kesehatan dan umur panjang bagi orang tua. Namun, ada beberapa langkah atau urutan doa untuk kesembuhan orang tua sakit agar cepat dikabulkan oleh Allah.

Langkah pertama Anda bisa memulai doa dengan memuji Allah SWT karena hanya kepada-Nya, meminta pertolongan terutama untuk kesembuhan orang tua. Setelah itu, lanjutkan dengan melantukan selawat kepada Rasulullah SAW.

Langkah ketiga adalah dengan meminta ampunan kepada Allah SWT atas segala kesalahan yang diperbuat. Kemudian, sampaikan segala kesusahan beserta perbuatan mulia yang pernah diperbuat oleh orang. Sebagai penutup atau langkah terakhir, panjatkan doa untuk kesembuhan orang tua sakit dengan meminta kesembuhan dariNya.

Inilah doa untuk kesembuhan orang tua sakit agar cepat sembuh. Lebih baik kita selalu memanjatkan doa untuk orang tua dalam keadaan apapun, baik sakit maupun sehat. Jika orang tua Anda sedang sakit, semoga lekas sembuh, ya!