Bacaan Surah Al-Fatihah: Tulisan Arab, Latin, Serta Terjemahannya

Jumat, 13 Agustus 2021 | 06:31:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Bacaan Surah Al-Fatihah: Tulisan Arab, Latin, Serta Terjemahannya

Foto: Ladiestory.id

Surah Al-Fatihah merupakan surah pembuka dalam Al-Quran. Surah yang terdiri dari tujuh ayat ini adalah bacaan surah pertama dalam setiap rakaat salat. Nabi Muhammad SAW bersabda,"Tidak sah salatnya orang yang tak membaca Surah Al-Fatihah" (H.R. Muslim).

Dengan demikian, membaca surah Al-Fatihah adalah kewajiban dalam salat dan termasuk salah satu rukunnya. Bahkan, salat dianggap tidak sah bila tidak membaca surah ini. Di samping itu, surah Al-Fatihah juga memiliki beberapa nama lain.

Nama Lain Surah Al-Fatihah

Foto: Ladiestory.id

 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, surah Al-Fatihah memiliki beberapa nama lain. Yang paling umum didengar adalah Ummul Kitab, Ummul Quran, atau surah Hamdalah, seperti diriwayatkan dari Abu Hurairah, "(Surat) alhamdulillah (Al Fatihah) adalah ummul qur’an, ummul kitab dan as sab’ul matsani” (H.R. Tirmidzi).

Selain itu, berikut beberapa nama lain surah Al Fatihah:

1. As-Sab'ul Matsani atau atau tujuh ayat yang berulang-ulang

Nama lain ini merujuk pada Surah al-Hijr:87, "Sungguh, Kami telah memberikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al-Quran yang agung".

2. Asy-Syifa atau penyembuh atau penawar.

Surah ini kerap dibaca agar seseorang mendapatkan berkah. Selain mendapatkan berkah, orang tersebut juga mendapat kesembuhan dari penyakit-penyakit.

Diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri, disebutkan bahwa, "Al Fatihah sebagai penawar segala racun" (H.R. Tirmizi)

3. Ar-Ruqyah.

Diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri, para sahabat bertemu penduduk sebuah kampung, yang pembesarnya tersengat binatang (kalajengking) dan mengalami demam. Penduduk kampung tersebut bertanya adakah di antara para sahabat yang bisa meruqyah.

Salah satu maju dan meruqyah sang pembesar kampung dengan bacaan Surah al Fatihah. Ketika hal itu dikisahkan kepada Nabi, Rasulullah menjawab, "Bagaimana engkau bisa tahu Al-Fatihah adalah ruqyah?"

Kandungan Surah Al Fatihah

Foto: Ladiestory.id

Al Fatehah mengandung prinsip-prinsip asasi

Dalam surah Al Fatihah, terdapat beberapa kandungan yang mencakup tujuan dari Al-Quran. Kandungan tersebut meliputi prinsip dan turunan ajaran agama yang meliputi aqidah, ibadah, syariah, keyakinan atas hari akhir, keimanan atas sifat mulia Allah, pengesaan dalam penyembahan, juga permohonan pertolongan melalui doa.

Selain itu, Al Fatihah juga mengandung prinsip-prinsip asasi semua surah-surah di dalam Al-Quran.

Bacaan Surah Al Fatihah

Foto: Ladiestory.id

Terjemahan

Berikut terjemahan surah Al Fatihah:

  1. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
  2. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam,
  3. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,
  4. Pemilik hari pembalasan.
  5. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.
  6. Tunjukilah kami jalan yang lurus,
  7. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.