Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Selama Ramadhan

Jumat, 16 April 2021 | 22:57:59

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Selama Ramadhan

Ramadhan adalah saat dimana kita berpuasa menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa diantaranya adalah makan dan minum. Namun sejatinya kita hanya mengurangi 1 kali makan menjadi 2 kali sehari dari 3 kali yaitu pada saat sahur dan berbuka.

Namun meskipun makan hanya 2 kali sehari tidak lantas menghemat pengeluaran kita. Justru dengan kegiatan puasa semakin menambah pengeluaran kita saat Ramadhan. Ini terjadi karena hidangan saat sahur dan berbuka menjadi lebih banyak dan bervariasi dibanding biasanya.

Saat Ramadhan juga kita cenderung konsumtif sehingga tidak mengherankan apabila terjadi kenaikan harga pada bulan Ramadhan. Dan terjadi perputaran uang dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat selama Ramadhan jika dilihat secara makro.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Selama Ramadhan

Buat Rencana Keuangan

Buatlah rencana anggaran belaja apa saja yang sekiranya dibutuhkan selama sebulan nantinya. Buatlah pos-pos pengeluaran dan pastikan pengeluaran terjadi untuk membeli barang-barang yang memang dibutuhkan. Jangan lupa untuk membuat anggaran untuk keperluan seperti mudik, memberi THR jika kamu pengusaha, zakat, dan sedekah.

Catat Semua Pengeluaran Sehari-hari

Terlihat sederhana, namun sejatinya dibutuhkan tekat dan dorongan yang kuat untuk mendisiplinkan diri mencatat setiap pengeluaran setiap hari. Ini sangat penting untuk memonitor kemana uang kamu perginya. Apakah sudah sesuai dengan rencana yang sudah dibuat sebelumnya atau justru dihabiskan diluar itu. Dengan mencatat, mungkin kamu akan mendapati beberapa pengeluaran yang sebetulnya tidak esensial namun selalu kamu habiskan untuk hal tersebut.

Kenali, Atasi dan Antisipasi Pengeluaran Besar

Banyak hal yang dapat membuat pengeluaran semakin membengkak pada saat bulan Ramadhan. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk mengenali mana saja yang akan menjadi pengeluaran yang besar. Setelah tahu mana yang berpotensi mengeluarkan uang kita, selanjutnya adalah mengatasi pengeluaran itu dengan menggunakan alternatif tertentu yang bisa dimungkinkan atau dengan cara lainnya.

Buka Puasa Bersama

Buka puasa bersama kerap kita lakukan bersama dengan para sahabat dan teman-teman kita. Kegiatan ini sangat menyenangkan dan kita nantikan. Namun kegiatan ini tanpa disadari cukup menguras kantong. Ini sering kali yang menjadikan bulan Ramadhan jauh lebih banyak pengeluaran dibandingkan dengan bulan biasanya. Sebaiknya rencanakan jauh-jauh hari kegiatan buka puasa bersama atau sengaja menganggarkan untuk buka puasa bersama agar dana sudah terencana jauh-jauh hari.

Pakaian

Salah satu budaya saat menjelang Idul Fitri adalah membeli pakaian baru. Ini karena semua orang ingin menggunakan pakaian baru saat hari lebaran tiba. Namun belanja pakaian bukanlah sesuatu hal yang wajib apa lagi ditengah kondisi keuangan yang mungkin sedang kurang baik yang tengah dialami.

Itulah beberapa cara mengatur keuangan selama bulan Ramadhan. Ini sangat penting untuk dilakukan agar Ramadhan benar-benar membawa berkah bukannya membuat kantong kamu jebol. Dengan perencanaan dan melakukan beragam cara mengatur keuangan yang tepat, ibadah selama bulan Ramadhan akan lebih khusyuk tanpa harus begitu kahwatir dengan dana yang kian menipis.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com