Bagaimana Cara Mudah Untuk Melatih Otak Agar Lebih Cerdas?

Senin, 30 November 2020 | 18:35:39

LS Health

Penulis : LS Health

Bagaimana Cara Mudah Untuk Melatih Otak Agar Lebih Cerdas?

Saat melatih otak, maka kamu akan menjadi seorang pembelajar yang cepat dalam menguasai berbagai keterampilan yang berbeda. Bisa berupa keterampilan bahasa atau keterampilan teknis yang mendukung pekerjaan. Dalam hal berpikir, baik yang sedang ataupun lamban ternyata hal tersebut dapat diperbaiki jika tahu cara-cara melatihnya. Tentu saja hal ini bertujuan agar kemampuan otak dalam memahami suatu hal menjadi meningkat, baik dalam waktu yang cepat maupun lamba Lalu, bagaimana cara mudah untuk melatih otak agar lebih cerdas?

1. Baca buku fiksi atau non fiksi secara rutin

Tantang dirimu untuk menghabiskan satu buku bacaan apapun dalam seminggu. Selain menambah pengetahuan dan wawasan, kamu juga melatih memori otak dengan mengingat alur cerita dari sebuah buku, menambah kosakata, meningkatkan kemampuan menulis dan mencegah penyakit demensia atau Alzheimer. Buku fiksi menarik untuk kita mempelajari dan mengerti karakter-karakter di dalam buku, memasuki dunia dengan prespektif yang berbeda. Sedangkan buku non fiksi bisa memperkenalkan kamu dengan topik-topik baru seperti psikologi, politik.

2. Bermain permainan yang membuat kamu berpikir

Bermain juga merupakan cara yang tepat dan menyenangkan untuk mengasah otak lho. Cari permainan yang menantang dirimu untuk berpikir juga memperluas ide. Misalnya catur, scrabble, puzzle, membangun bermacam-macam benda dengan Lego juga bisa mengasah kekreatifan yang ada di dalam dirimu lho!

3. Berolahraga dan makan makanan sehat

Terakhir, agar pikiranmu tetap segar dan cerdas, kamu harus menjaga tubuh tetap sehat dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan penuh gizi. Jika kamu merasa sedang tidak ada ide atau stuck, gerakkan badanmu dengan menari atau berjalan-jalan kecil di luar rumah. Ingat tubuh sehat membantu otak untuk berpikir lebih efektif!

4. Membaca koran

Bacalah koran setiap hari, kalau kamu memang tidak sempat paling tidak usahakan membaca semua judul yang ada di halaman koran. Hal ini dapat membantumu untuk menjadi lebih sadar akan dunia sekelilingmu, membuatmu bisa berbicara mengenai banyak hal dengan orang-orang serta topik yang mereka minati.

5. Lakukan dan tulis hal yang baru kamu pelajari

Habis menonton cara bermain gitar? Membaca buku mengenai coding? Apapun yang baru saja dipelajari, coba langsung kamu praktekkan sendiri sesering mungkin. Bisa karena biasa, pernah kan dengar kata itu? Hehehe. Jangan lupa menulis hal apa saja yang kamu pelajari hari ini secara rutin biar bisa jadi motivasi untuk belajar lebih lagi keesokan harinya. Semakin banyak kamu belajar mengenai sesuatu, semakin kamu sayang untuk melepasnya bukan?

6. Bagikan apa yang kamu pelajari ke orang lain

Dengan membagikan apa yang kamu ketahui ke orang lain, kamu bisa mengulang dan mengingat lagi apa yang telah dipelajari sehingga kamu tidak lupa dan lebih menguasai hal tersebut. Kamu dapat berbagi pendapat juga ide dari orang lain setelah kamu memberitahu apa saja yang sudah dipelajari, dan bisa saja dari perbincanganmu dengan orang lain tersebut dapat membantu kamu untuk lebih tersinspirasi.

7. Berkumpul bersama orang-orang yang positif

Habiskan beberapa waktu dengan orang-orang positif yang lebih pintar darimu untuk bisa kamu ajak berbagi ide dan berdiskusi. Bersikaplah rendah hati dan mau belajar, tanya sebanyak mungkin hal-hal yang ingin kamu ketahui kepada mereka yang memang tahu lebih banyak.

Tujuh cara melatih otak di atas adalah teknik sederhana yang akan membantu kamu untuk belajar dengan lebih cepat dan mengingat lebih banyak.Hal yang penting untuk diingat adalah biasakan diri kamu untuk terus mempelajari sesuatu yang baru. Bisa belajar bahasa baru atau keterampilan baru yang akan mendukung karir dan pekerjaan kamu.

Sumber Foto Utama: Freepik.com