Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | BAGAIMANA MENJAGA POSTUR TUBUH DAN PUNGGUNG KETIKA WFH

Bagaimana Menjaga Postur Tubuh dan Punggung Ketika WFH

LS Health
Penulis: LS Health
Rabu, 15 April 2020 | 02:54:17
Durasi baca: 2 menit, 12 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Bagaimana Menjaga Postur Tubuh dan Punggung Ketika WFH

Pastinya, ada enaknya bekerja dari rumah. Kamu tidak perlu berdandan, bisa bekerja dari sofa, dan pastinya camilan yang tidak ada habisnya. Akan tetapi, jika kita tidak duduk di kursi dan meja yang benar selama bekerja di rumah, maka bisa menyebabkan masalah pada postur tubuh. Belum lagi, perasaan pegal pada area sekitar leher, bahu dan punggung, yang dapat menjadi isu kesehatan yang serius di masa depan. Untungnya, ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghindari hal tersebut. Baca artikel ini sampai habis--dan pastikan postur tubuhmu benar. 

Miliki Tempat Khusus untuk Bekerja

Adalah sangat penting untuk memiliki ruangan untuk bekerja di rumah, dengan kursi dan meja dalam posisi yang tepat--persis seperti yang kamu miliki di kantor. Hindari bekerja dengan duduk di sofa, di sekitar meja makan, kebun, atau meja kopi. Soalnya, jika bekerja dari tempat-tempat seperti itu, maka tubuhmu akan tegang dan kemungkinan besar menjadi pegal-pegal dan nyeri. Apalagi jika dilakukan setiap hari. 

Gunakan Kursi yang Tepat

Oleh karena kamu akan hampir selalu duduk saat bekerja, maka kursi yang tepat adalah faktor yang paling penting untuk memastikan postur tubuh tetap benar. 

Baca juga: Makanan Ini Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa di Tengah Corona Covid-19

Jika kamu bekerja di ruang makan, kombinasi kursi yang rendah dan meja yang lebih tinggi  akan membuatmu terlalu meregangkan tubuh atau membungkuk. Alhasil, leher, bahu dan punggungmu akan terasa nyeri. Jika memang hanya tersedia kursi makan di rumah, coba tambahkan tinggi badan dengan menaruh bantal dan boks untuk meletakkan kaki agar posisi tubuh lebih ideal. Hindari menyilangkan kaki, karena bisa menimbulkan masalah postur tubuh. 

Atur Tinggi Layar Komputer/Laptop

Jika layar komputer dan laptop di bawah level mata, kemungkinan besar kamu akan menunduk dan bisa merusak postur tubuh. Jadi jika hal ini terjadi padamu, tinggikan layar komputer atau laptop dengan menambahkan boks atau buku di bawahnya. Dan pastikan keyboard dan tetikus yang kamu gunakan berada dekat dengan tubuh untuk mencegah kamu terlalu merenggangkan tubuh. 

Bergeraklah secara Teratur 

Salah satu cara untuk memastikan postur tubuh tetap baik adalah dengan bergerak sesering mungkin, apalagi di situasi seperti sekarang ini. Jadi, beranjaklah dari tempat dudukmu setiap 20 menit atau setidaknya setiap jam. Untuk membantumu ingat hal ini, pasang alarm. 

Pastikan Tubuh Menjulang dan Tidak Kaku

Coba usahakan posisi badanmu dalam keadaan menjulang dan tidak kaku selama duduk dan bekerja. Untuk melakukan ini, bayangkan torso sedang ditopang tulang belakang dan lemaskan perut tanpa membuat tubuh merosot. Lalu, bayangkan kepalamu sedang menjaga keseimbangan ringan di atas tulang belakang. 

Lakukan Peregangan 

Seperti yang sudah kita tahu, melakukan peregangan adalah salah satu cara untuk mengendurkan tubuh setelah bekerja seharian. Oleh karena itu, lakukan peregangan ringan bagian leher, sekitar bahu dan punggung. 

Baca juga: Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa Di Tengah Pandemi


Sumber foto utama: Freepik.com

menjaga postur tubuh trik menjaga kesehatan punggung tips bekerja dari rumah tips tubuh sehat

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health