7 Bahan Alami Ampuh Hilangkan Ketombe, Bye Gatel!

Senin, 21 Februari 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

7 Bahan Alami Ampuh Hilangkan Ketombe, Bye Gatel!

Ilustrasi perempuan dengan rambut berketombe. (Special)

Ladiestory.id - Ketombe menjadi salah satu keluhan yang dialami untuk rambut. Tak hanya terganggu dengan rasa gatal, namun ketombe juga membuat penampilan rambut kurang sedap dipandang.

Oleh sebab itu, orang yang memiliki permasalahan rambut satu ini kerap tidak percaya diri hingga malu. Bahkan, orang yang memiliki ketombe berlebih sering berjatuhan ke baju.

Banyak orang mencari cara untuk menghilangkan ketombe. Tak heran jika banyak merek sampo khusus mengatasi masalah rambut satu ini. Namun rupanya ada tujuh bahan alami yang mampu mengusir ketombe secara efisien.

1. Minyak Kelapa

Ilustrasi minyak kelapa. (Special)

Salah satu cara menghilangkan ketombe di kepala secara alami yakni menggunakan minyak kelapa. Hal ini disebabkan minyak kelapa mampu menghidrasi kulit kepala.

Minyak kelapa memiliki kandungan yang bersifat antimikroba yang dapat menghilangkan jamur penyebab infeksi. Cara menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan ketombe cukup mudah.

Tuangkan 2 sendok makan minyak kelapa dan pijat secara perlahan. Sebelum membilas dengan sampo dan air bersih, diamkan minyak kelapa tersebut secara meresap selama 1 jam.

2. Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya. (Special)

Lidah buaya memang dikenal memiliki segudang manfaat untuk kecantikan, salah satunya membasmi ketombe. Hal ini disebabkan lidah buaya memiliki kandungan antijamur dan antibakteri.

Jika Kamu tidak memiliki tanaman lidah buaya, maka gunakan aloe vera yang dijual di pasaran. Kemudian pakai gel lidah buaya tersebut untuk memijat kulit kepala.

Diamkan selama 1 jam sebelum membilasnya dengan bersih. Untuk hasil yang maksimal, Kamu bisa menggunakannya 2 kali dalam seminggu.

3. Daun Sirsak

Bahan alami pembasmi ketombe kali ini berasal dari daun sirsak yang memiliki acetogenin. Ini berfungsi untuk membunuh racun, sehingga daun sirsak juga bermanfaat bagi kesehatan.

Tak hanya ketombe, jika Kamu memiliki kutu, daun sirsak juga ampuh membasminya. Cara menggunakannya pun mudah, yakni haluskan daun sirsak.

Kemudian oleskan pada rambut seolah dijadikan sebagai masker rambut. Sebelum membilas dengan bersih, diamkan selama 30 menit.

4. Bawang Putih

Ilustrasi bawang putih. (Special)

Bawang putih memang digunakan sebagai bahan dapur untuk memasak. Namun siapa sangka, bawang putih juga ampuh untuk mengusir ketombe.

Hal ini disebabkan, bawang putih memiliki antijamur dan bau yang menyengat. Cara menggunakannya pun terbilang mudah. Hanya perlu menumbuk bawang putih yang dicampur dengan air hangat.

Agar bau tidak terlalu menyengat, Kmu bisa menambahkan sedikit jahe atau madu. Oleskan ke kulit kepala dan diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan bersih.

5. Jeruk Nipis

Ilustrasi jeruk nipis. (Special)

Jeruk nipis memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya memiliki vitamin C, B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, magnesium.

Nah berbagai vitamin di dalam jeruk nipis ini ampuh untuk mengusir ketombe. Tak hanya itu, namun kandungan di dalam jeruk nipis juga bisa membantu pertumbuhan akar rambut.

Cukup peras jeruk nipis lalu campurkan dengan air secukupnya. Oleskan ke kulit kepala, lalu diamkan beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih.

6. Garam

Ilustrasi garam. (Special)

Bumbu dapur lainnya yang mampu menghilangkan ketombe adalah garam. Bumbu dapur yang memiliki rasa asin ini dapat menjadi scrub yang mengangkat sel kulit mati di kepala.

Cara menggunakannya pun seperti scrub pada umumnya. Yakni menggosokkan garam ke kulit kepala. Kemudian diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.

7. Cuka

Ilustrasi cuka. (Special)

Cuka juga menjadi salah satu bahan alami yang mampu membasmi ketombe. Cuka sudah dikenal mampu merawat kulit gatal dan kering yang dapat mematikan jamur.

Sifat asam di dalam cuka membuat dia bermanfaat untuk mengelupas ketombe secara maksimal. Kamu bisa mencampurkan air dan cuka dengan perbandingan 1:1.

Lalu oleskan ke kulit kepala dan diamkan kurang lebih selama 30 menit. Bilaslah kepala dengan sampo dan air hingga bersih.