5 Bahan Alami Atasi Gatal-gatal di Kulit

Selasa, 10 Mei 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Bahan Alami Atasi Gatal-Gatal Di Kulit

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Semua orang pasti pernah mengalami rasa gatal pada kulit. Rasa gatal inipun bisa disebabkan oleh banyak faktor. Di antaranya gigitan serangga, alergi, hingga penyakit tertentu, seperti diabetes. Beberapa orang menganggap rasa gatal ini sebagai hal yang biasa.

Sehingga banyak yang membiarkan rasa gatal sembuh dengan sendirinya. Namun jika rasa gatal tersebut tidak kunjung sembuh, banyak orang mulai mencari obat di apotek. Sejatinya, beberapa jenis obat gatal-gatal seluruh badan juga dapat Kamu gunakan untuk membantu meredakan rasa gatal. Obat ini ada yang bisa dibeli bebas, ada juga yang perlu dibeli dengan resep dokter.

Untuk mengatasi gatal-gatal, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui penyebabnya. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa gatal. Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati rasa gatal pada kulit.

Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya. (Special)

Salah satu cara mengatasi kulit terasa gatal yakni dengan mengoleskan lidah buaya. Ya, pada dasarnya lidah buaya memang memiliki banyak manfaat bagi kulit maupun kecantikan. Termasuk lidah buaya dapat menjadi obat alami mengatasi gatal pada kulit. Gel lidah buaya ini mampu membantu mengatasi gatal pada kulit ringan, termasuk karena gigitan serangga atau iritasi.  

Pada dasarnya gel lidah buaya memiliki sensasi dingin jika diaplikasikan pada kulit. Sehingga gel lidah buaya dapat meredakan rasa gatal pada kulit.

Minyak Mentol

Ilustrasi minyak mentol. (Special)

Selain lidah buaya, untuk mengatasi rasa gatal pada kulit bisa menggunakan minyak mentol. Dilansir berbagai sumber, mentol dapat memberikan efek dingin dan dapat membantu menghilangkan rasa sakit sampai gatal.

Cara menggunakan minyak mentol untuk mengatasi kulit gatal cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak esensial mentol yang sudah diencerkan ke area yang gatal dua kali sehari. Agar kulit gatal cepat sembuh dan hasil maksimal, Kamu bisa menggunakan minyak mentol ini setidaknya selama dua minggu.

Oatmeal

Oatmeal (Special)

Oatmeal merupakan salah satu menu sarapan yang sering dijadikan pilihan jika tidak ingin makan nasi. Oatmeal juga kerap dijadikan untuk perawatan kecantikan. Salah satunya menjadikan oatmeal sebagai masker wajah. Namun tak hanya itu, masih ada kegunaan oatmeal yakni membantu mengatasi gatal pada kulit.

Pada dasarnya, oatmeal memiliki sifat humektan, yaitu bisa membantu melembapkan kulit. Sehingga cara menggunakan oatmeal untuk menyembuhkan kulit gatal terbilang mudah.

Kamu hanya perlu mencampurkan oatmeal yang berbentuk krim koloid ke dalam air mandi. Oatmeal juga disebut memiliki kandungan zat antiinflamasi dan antioksidan yang bisa mengurangi rasa gatal, kulit kering, serta kulit kasar atau keras.

Oleskan Cuka Apel  

Ilustrasi cuka apel. (Special)

Bahan selanjutnya untuk mengatasi rasa gatal adalah dengan cuka apel. Pada dasarnya, cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang telah digunakan ribuan tahun sebagai bahan alami disinfektan dan antiseptik untuk luka. Dilansir berbagai sumber cuka apel juga dapat membantu menghilangkan rasa gatal di kulit.  Cara menggunakan cuka apel untuk obat kulit gatal cukup mudah.

Campur cuka apel dan air bersih dengan perbandingan 1:1.  Oleskan larutan tersebut ke kulit dan biarkan sampai kering. Setelah itu, baru bilas dengan air hangat.  Hal yang perlu diingat, cuka apel bisa mengiritasi luka terbuka.

Namun perlu diingat, sebaiknya hindari mengoleskan cuka apel pada kondisi kulit pecah-pecah atau berdarah. Pasalnya, hal itu bisa membuat luka tersebut terasa perih dan tidak kunjung sembuh.

Kompres dengan Air Dingin

Ilustrasi kompres air dingin. (Special)

Cara tersimpel untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit yakni mengompres daerah yang gatal dengan air dingin. Bahkan cara inipun dapat dengan mudah dilakukan di rumah tanpa memerlukan bahan yang harus dibeli.

Pasalnya, Kamu hanya memerlukan air dingin dan handuk kecil. Langkah ini bertujuan untuk menenangkan kulit yang gatal yang terus menerus muncul dan tidak kunjung hilang. Untuk melakukannya, basahi handuk atau kain bersih dengan air dingin, peras airnya, lalu tempelkan pada area kulit yang meradang atau gatal.

s