5 Bahan Alami Atasi Mual, Bisa Dicoba saat Mual Melanda

Senin, 18 Oktober 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

5 Bahan Alami Atasi Mual, Bisa Dicoba Saat Mual Melanda

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Beberapa penyakit seringkali ditandai dengan rasa mual bahkan penyebabnya dapat dimulai dari berbagai alasan dan situasi. Meskipun biasanya kita menggunakan obat untuk menghilangkan rasa muall.

Bahan Alami untuk Mengatasi Mual

Faktanya mual dapat diatasi dengan cara alami. Berikut beberapa bahan alami yang bisa dicoba saat dilanda rasa mual.

1. Irisan Lemon

Foto: liputan6

Buah yang dijadikan sebagai salah satu sarana untuk mengurangi rasa mual khusunya pada ibu hamil adalah aroma jeruk dan irisan lemon. Hal ini dibuktikan dengan 100 wanita hamil diminta untuk menghirup minyak esensial lemon atau almond dengan segera setelah mereka merasa mual.

Irisan dan parutan lemon mampu bekerja dengan cara yang sama dengan membantu melepaskan minyak esensial ke udara. Manfaat dari sebotol minyak esensial lemon sering dijadikan sebagai alternatif praktis untuk digunakan ketika jauh dari rumah. Irisan lemon merupakan cara alami yang manjur untuk menghilangkan mual.

2. Kurangi Porsi Makanan dan Coba dengan Sesuatu yang Hambar

Foto: idntimes

Faktanya adalah terlalu banyak makan menyebabkan mual. Selain itu, penyebabnya adalah makan terlalu banyak akan meregangkan perut, mengakibatkan kembung, mulas, dan gerakan pencernaan yang berlebihan sehingga menyebabkan mual.

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa hambar adalah makan dalam porsi kecil, sering, dan mengonsumsi makanan hambar tanpa rasa yang kuat. Faktanya, menghilangkan mual secara alami dapat dilakukan dengan makanan hambar mudah dicerna dan bisa membantu menenangkan perut.

3. Rempah-rempah

Foto: cnnindonesia

Cara lain yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi jenis rempah untuk mengatasi mual. Salah satu contohnya adalah bubuk fennel. Rempah ini biasa digunakan sebagai sarana untuk mengurangi mual karena gejala menstruasi. Sedangkan, kayu manis bisa menurunkan mual karena menstruas

4. Jahe

Foto: republika

Jahe merupakan rempah alami yang populer untuk mengatasi mual. Hal ini disebabkan oleh senyawa dalam jahe yang dapat bekerja dengan cara yang mirip dengan obat anti mual.

Sebagai contoh, jahe mampu dengan efektif untuk mengurangi mual selama kehamilan. Selain itu, Jahe efektif untuk mengurangi rasa mual yang biasa dialami orang setelah perawatan kemoterapi atau operasi. Keefektifan jahe setara dengan beberapa obat resep, namun memberikan lebih sedikit efek samping negatif.

Penggunaan jahe aman bagi kebanyakan orang. Sama halnya dengan beberapa kegiatan lainnya, jahe memang baik untuk tubuh tapi perlu ada pembatasan asupan jahe khususnya terhadap tekanan darah rendah atau gula darah rendah. Tidak hanya itu, ini merupakan catatan penting bagi pengonsumsi pengencer darah.

5. Aromaterapi Peppermint

Foto: 99

Aromaterapi peppermint merupakan alternatif lain dan modern dalam membantu mengurangi mual. Mual bukan hanya terjadi karena penyakit tapi efek dari wanita yang baru saja melahirkan dengan operasi caesar.

Mereka yang terpapar bau peppermint merasa jika rasa mual lebih mudah hilang dibandingkan dengan obat anti mual atau plasebo.

Itu dia beberapa bahan alami yang dapat mengatasi rasa mual. Semoga bermanfaat.