Jangan Panik, 5 Bahan Alami Ini Bantu Obati Keracunan Makanan

Sabtu, 16 April 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Jangan Panik, 5 Bahan Alami Ini Bantu Obati Keracunan Makanan

Ilustrasi keracunan makanan. (Special)

Ladiestory.id - Keracunan dapat membuat banyak orang merasa panik. Pasalnya, keracunan biasanya disertai dengan mual, muntah, dan buang air besar yang tidak wajar. Keracunan biasanya disebabkan karena tidak sengaja mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. Keracunan makanan bisa terjadi ketika ada patogen mengontaminasi makanan atau minuman.

Tak perlu panik, sebab ada bahan alami yang dapat membantu mengobati keracunan. Bahkan, bahan alami ini banyak ditemukan di rumah.

Jahe

Ilustrasi minuman teh jahe. (Special)

Jahe dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jahe kerap dijadikan olahan minuman untuk menghangatkan tubuh.

Selain itu rupanya jahe bisa digunakan untuk mengatasi keracunan makanan atau minuman. Seperti yang kita ketahui kalau jahe memang sudah sering dijadikan pengobatan dari beberapa abad yang lalu.

Pasalnya jahe dipercaya dapat memperbaiki penyerapan nutrisi esensial. Selain itu jahe juga dapat membantu melancarkan pencernaan.

Biasanya keracunan makanan akan disertai rasa mual dan muntah. Nah, jahe juga dapat meredakan rasa mual dan muntah sehingga tubuh menjadi lebih lega.

Cara mengonsumsi jahe untuk obat keracunan cukup mudah. Yakni hanya perlu membuat minuman teh jahe. Rebus satu sendok teh parutan jahe yang dicampurkan dalam segelas air. Agar rasa lebih nikmat Kamu bisa menambahkan gula atau madu.

Bawang Putih

Ilustrasi bawang putih. (Special)

Rupanya bawang putih tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur. Namun, bawang putih juga bisa digunakan untuk mengobati keracunan. Pasalnya bawang putih memiliki kandungan yang bisa membersihkan sistem pencernaan. Tak hanya itu, namun bawang putih mengandung sifat antivirus dan antibakteri.

Oleh sebab itu bawang putih dapat dijadikan obat untuk orang yang keracunan karena dapat melawan berbagai bakteri dan virus. Cara menjadikan bawang putih sebagai obat keracunan pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu mengunyah satu siung bawang putih dan minum air putih satu gelas.

Air Kelapa Hijau

Ilustrasi kelapa muda. (Special)

Bahan alami yang satu ini memang sudah terkenal dengan khasiatnya yang mampu menyembuhkan tubuh keracunan. Dilansir berbagai sumber, air kelapa hijau efektif hilangkan racun di dalam tubuh. Selain itu air kelapa hijau dapat menenangkan perut yang mual karena keracunan. 

Nah jika orang tersebut sudah muntah-muntah, maka dia akan mengalami dehidrasi. Akibatnya tubuh akan kehilangan banyak air dan makanan sebab terlalu sering muntah. Air kelapa hijau berperan sebagai penenang dan mencegah sisa rasa busuk berkembang di mulut. Pasalnya sisa rasa busuk di mulut akan membuat kita tidak nafsu makan hingga ingin muntah lagi.

Pisang dan Yoghurt

Ilustrasi pisang dan yoghurt. (Special)

Ternyata buah pisang dicampur yoghurt juga bermanfaat untuk menghilangkan atau mengobati seseorang keracunan. Pasalnya, pisang memiliki kandungan potasium yang dapat membunuh bakteri penyebab keracunan.

Sedangkan, yoghurt memiliki kandungan mikro organisme dan probiotik alami. Kedua kandungan dalam yoghurt ini mampu melawan bakteri jahat penyebab penyakit. Nah, Kamu cukup potong-potong pisang dan campurkan dengan satu sendok makan yoghurt untuk mengobati gejala keracunan.

Lemon

Ilustrasi lemon. (Spesial)

Tak hanya dikenal membantu menurunkan berat badan, namun lemon juga termasuk bahan alami yang bisa mengobati keracunan. Sebab lemon memiliki kandungan anti inflamasi dan antibakeri.

Kedua kandungan ini bantu mengatasi masalah keracunan makanan. Lemon juga mengandung senyawa asam yang mampu membunuh bakteri dalam tubuh akibat keracunan.

Cara menjadikan lemon sebagai obat keracunan pun terbilang mudah dan nikmat. Pasalnya Kamu hanya perlu membuat teh lemon, yakni mencampurkan satu gelas teh dengan air perasan lemon.

Sebaiknya minum teh lemon saat masih hangat. Dengan begitu, rasa mual muntah dapat mereda dan melegakan perut.

s