Bye-bye Nyeri, Ini 3 Bahan Alami Cegah Sakit Gigi

Minggu, 21 November 2021 | 00:02:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Bye-Bye Nyeri, Ini 3 Bahan Alami Cegah Sakit Gigi

Foto: iStockphoto/ shironosov

Ladiestory.id - Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang dapat diobati dengan mudah. Hal ini dibuktikan dengan berbagai bahan yang dijadikan sebagai bahan untuk obat pertolongan pertama untuk mengatasi sakit gigi.

Sebelumnya, sakit gigi muncul dari rasa nyeri pada bagian dalam atau sekitar gigi. Namun, untuk penyebab sakit gigi, ada banyak hal dari kerusakan gigi, tumbuh gigi, gigi bengkak, infeksi pada gusi, infeksi sinusitis, cedera, fraktur gigi, hingga tambalan gigi yang rusak.

Meskipun begitu, biasanya sakit gigi bukan hanya ditandai dengan muncul rasa nyeri, tapi gejala lain, seperti sakit kepala, gigi bengkak, sensitif terhadap panas dan dingin, bahkan perdarahan pada gigi.

Bahan Alami yang Bisa Mencegah Sakit Gigi

Untuk mengatasinya, sakit gigi bisa dapat menggunakan obat alami yang mudah didapat di rumah, di antaranya adalah: 

1. Garam

Foto: gojek

Pemakaian garam untuk obat sakit gigi dapat dilakukan dengan mudah. Mulai dengan campurkan 1/2 sendok teh garam pada segelas air hangat, kemudian jadikanobat kumur.

Manfaat lain dari air garam berperan menjadi disinfektan alami dalam mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut. Selain itu, Berkumur dengan air garam membantu membuang sisa makanan dan kotoran yang menempel di antara gigi.

2. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh dapat dikatakan efektif untuk meredakan rasa sakit, mengurangi peradangan, dan mengandung senyawa kimia eugenol yang merupakan antiseptik alami dan obat sakit gigi.

Cara pengaplikasian cengkeh adalah mencampurkan 3 tetes minyak cengkeh dengan 1/4 sendok teh minyak zaitun, masukkan kapas dan biarkan minyak menyerap ke dalam  kapas.

Lalu, taruh kapas di gigi yang sakit.Tips lain yang dapat dilakukan adalah meneteskan 1 minyak cengkeh ke segelas air, kemudian jadikan sebagai obat kumur.

Untuk mendapatkan minyak cengkeh dapat ditemukan pada toko obat. Meskipun diakui kurang efektif dalam menghilangkan sakit gigi, tapi cara ini dapat mengurangi nyeri.

3. Teh Peppermint

Foto: tirto

Teh dengan jenis yang berbeda dapat dijadikan sebagai obat sakit gigi dan gigi sensitif. Caranya dengan memanaskan air, celupkan kantung teh peppermint, angkat dan dinginkan kantung teh di dalam freezer selama beberapa menit.

Setelah dingin, gigit kantong teh peppermint menggunakan gigi yang sakit. Namun untuk lebih menjaga kesehatan gigi, usahakan untuk rutin menyikat gigi pada pagi dan malam.

Selain itu, coba memakai sikat gigi berbulu sikat lembut dengan gagang yang pas supaya dapat menjangkau sela-sela gigi. Untuk pemiliki gigi sensitif, lebih baik gunakan pasta gigi khusus ketika menyikat gigi.

Jika penggunaan obat sakit gigi alami sudah dilakukan selama 2 hari tetapi keluhan tak kunjung membaik, segera konsultasikan ke dokter gigi. Apalagi jika sakit gigi disertai dengan gejala lain, seperti demam, gusi merah, pipi dan rahang membengkak, telinga sakit, atau sulit untuk bernapas dan menelan.