Sering Menyerang Wajah, 5 Bahan Alami Hilangkan Milia

Selasa, 15 Maret 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Sering Menyerang Wajah, 5 Bahan Alami Hilangkan Milia

Milia (Special)

Ladiestory.id - Salah satu permasalahan kulit yang kerap membuat seseorang insecure adalah milia. Milia kerap disebut dengan "jerawat bayi" sebab kerap muncul pada bayi yang baru lahir. Meski begitu, milia juga dialami oleh orang dewasa dan remaja.

Bentuk dari milia adalah benjolan kecil berwarna putih. Sebenarnya, milia dapat hilang dengan sendirinya. Namun memang banyak orang yang tidak sabar sehingga mencari banyak cara untuk menghilangkannya dari wajah.

Oleh sebab itu, Kamu bisa gunakan beberapa bahan alami di bawah ini untuk menghilangkan milia secara efektif.

Lemon

Ilustrasi menghilangkan noda jamur dengan lemon. (Spesial)

Bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk menghilangkan milia adalah lemon. Ya, buah yang memiliki kandungan kaya akan vitamin C ini bagus untuk kulit wajah.

Sebab kandungan asam sitrat dalam lemon dapat membantu menghilangkan lemon. Bahkan lemon juga mampu menghilangkan bekas milia. Tak hanya itu, namun buah berasa asam ini juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah.

Kalau tipe kulit wajahmu berminyak, cukup gosokan lemon ke area milia. Lalu biarkan air lemon meresap ke wajah sebelum membilasnya hingga bersih.

Namun jika kulitmu cenderung kering, campurkan air perasan lemon dengan sedikit garam. Jika sudah tercampur dengan rata, gunakan kapas sebagai aplikator untuk mengoleskan campuran lemon dan garam ke area wajah yang terdapat milia.

Biarkan meresap sebelum membilasnya dengan air hangat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Kamu bisa melakukannya setiap malam. Lakukan treatment ini sebelum tidur dan sebelum menggunakan skincare ya.

Madu Manuka

Foto: Ladiestory.id

Tak hanya nikmat dan sehat untuk dikonsumsi. Madu Manuka juga bisa membantu untuk menghilangkan milia di wajah.

Hal ini disebabkan madu manuka memiliki sifat antimikroba, antiinflamasi dan antibaketi yang mampu menenangkan milia. Bahkan madu manuka juga dapat mengatasi iritasi hingga mencegah infeksi mikroba lebih lanjut.

Cara menggunakannya pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan madu sebanyak setengah sendok makan ke seluruh kulit. Terutama di daerah wajah yang terdapat banyak milia.

Diamkan selama 30 menit lalu bilas wajah hingga bersih. Agar hasil lebih maksimal, Kamu bisa mencampuran madu manuka dengan sedikit ekstrak kayu manis.

Kentang

Ilustrasi irisan kentang. (Special)

Ya, kentang kerap dijadikan bahan pangan pengganti karbohidrat maupun dijadikan sebagai cemilan. Rupanya jenis umbi-umbian ini mampu menghilangkan milia di wajah.

Sebab kentang memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengontrol produksi sebum berlebih. Bahkan kentang dapat membantu sel-sel kulit mati terkelupas.

Cara menggunakan kentang sebagai bahan alami penghilang milia pun terbilang mudah. Namun memang kentang tidak bisa langsung dibeli dan dipakai.

Sebab Kamu harus mengupas kulit kentang hingga bersih. Lalu simpan kentang di dalam kulkas sampai dingin. Jika sudah, parut kentang dan aplikasikan ke daerah wajah yang terdapat milia.

Kemudian, biarkan parutan kentang di wajah mengering sebelum dibilas hingga bersih. Agar hasil maksimal, aplikasikan parutan kentang sebanyak dua kali sehari.

Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya. (Special)

Bahan alami satu ini memang terkenal memiliki banyak manfaat bagi kecantikan. Tak ketinggalan, lidah buaya dapat menghilangkan milia di wajah.

Sebab lidah buaya juga memiliki antiinflamasi, antioksidan yang mampu mengatasi permasalahan wajah yang satu ini. Bahkan lidah buaya mampu menenangkan kulit yang sedang iritasi.

Caranya pun sama seperti biasanya. Cukup oleskan gel lidah buaya ke daerah wajah yang terdapat milia.

Diamkan hingga gel tersebut menyerap ke wajah hingga mengering. Lalu bersihkan wajah dengan membilas menggunakan air bersih. 

Telur

Ilustrasi telur. (Special)

Ya, bahan pangan yang mengandung banyak protein ini juga dapat membantu menghilangkan milia. Sebab telur mengandung retinol este yang mempercepat pergantian kulit secara alami. Retinol juga berfungsi untuk memproduksi kolagen.

Kamu cukup gunakan satu putih telur yang dicampur dengan satu sendok madu. Lalu aplikasikan ke wajah dan tunggu selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Agar hasil maksimal, Kamu bisa menggunakannya selama tiga kali dalam seminggu.