Pengganti Obat Sirop, Ini 5 Bahan Alami tuk Redakan Batuk Anak

Minggu, 23 Oktober 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Pengganti Obat Sirop, Ini 5 Bahan Alami Tuk Redakan Batuk Anak

Ilustrasi obat sirop. (Special)

Ladiestory.id - Baru-baru ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau untuk menghindari penggunaan obat sirop, terutama pada anak. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan atas meningkatnya kasus gangguan ginjal akut misterius.

Orang tua diimbau mulai menggunakan bahan alami untuk membantu pengobatan bagi sang anak yang mengalami keluhan batuk, pilek hingga demam. Nah, bagi kamu yang masih bingung bahan alami apa saja yang dapat digunakan bagi anak usia di atas satu tahun, Ladiestory.id merangkum lima bahan alami yang bisa membantu meredakan batuk.

Madu dan Lemon

Ilustrasi madu dan lemon. (Special)

Madu bisa membantu menyembuhkan keluhan batuk pada anak. Bagi anak usia di atas satu tahun, kamu cuma perlu mengambil dua sampai tiga sendok madu dan larutkan dengan air hangat.

Setelah larut, tambahkan perasaan lemon. Campuran ini ampuh dalam membantu anak menyembuhkan batuk anak.

Selain memiliki rasa manis, madu dan lemon juga memiliki sifat penekan bakteri sehingga menghindari terjadinya infeksi dan juga meredakan sakit tenggorokan anak. Namun, pastikan madu yang kamu gunakan adalah madu asli tanpa campuran gula, ya.

Perlu diketahui, campuran ini tidak dianjurkan untuk diberikan pada bayi atau anak usia di bawah satu tahun.

Jahe

Ilustrasi jahe. (Special)

Dikenal sebagai salah satu rempah-rempah, jahe memiliki segudang manfaat. Salah satu manfaatnya adalah memiliki sifat anti-inflamasi, yang mampu meredakan batuk kering, nyeri, asma dan mual.

Jahe sendiri sebenarnya sudah menjadi bahan pengobatan tradisional sejak dahulu kala. Bagi kamu yang mau mencoba menggunakan jahe sebagai obat batuk, caranya cukup mudah.

Kamu bisa memberikan campuran jahe ke dalam teh hangat, air putih, atau susu hangat. Sehingga, secara alami akan membantu menyembuhkan batuk pada anak.

Gunakan Humidifier

Ilustrasi humidifier. (Special)

Humidifier merupakan alat pelembap udara yang memiliki cara kerja menyemprotkan uap ke udara. Alat ini cukup ampuh untuk membantu meringankan gejala batuk, pilek hingga demam pada anak dengan menambahkan kelembapan udara dalam ruangan.

Humidifier juga membantu melonggarkan lendir pada anak yang sedang bergejala batuk dan pilek. Cara menggunakannya, cukup letakkan humidifier dalam ruangan yang dekat dengan lokasi aktivitas anak, sehingga efek yang diberikan lebih optimal.

Probiotik

Ilustrasi makanan kaya probiotik. (Special)

Untuk meredakan batuk, kamu juga bisa menggunakan kandungan probiotik untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada anak selama masa pemulihan. Selain itu, probiotik juga memiliki manfaat untuk menyeimbangkan bakteri pada usus.

Hal ini sangatlah efektif untuk membantu melawan infeksi penyebab batuk, pilek hingga demam pada anak. Beberapa jenis makanan yang mengandung tinggi probiotik adalah sup miso, kimchi hingga yoghurt.

Uap

Ilustrasi uap. (Special)

Kamu bisa menggunakan uap sebagai salah satu obat alami bagi anak. Hal ini cukup efektif dalam membantu mengatasi batuk dan pilek.

Caranya cukup mudah, lho. Pertama, siapkan mangkuk besar yang berisi air panas. Kemudian, tambahkan minyak esensial, seperti kayu putih atau rosemary.

Selanjutnya, mintalah anak untuk membungkuk di atas mangkuk dan letakkan handuk di atas kepala. Hal tersebut bertujuan untuk membuat uap dapat dihirup oleh anak secara maksimal.

Lakukan proses ini selama 10 hingga 15 menit. Selain itu, dapat juga dilakukan sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

Selamat mencoba dan salam sehat, Ladies.