Wajib Dicoba! 5 Bahan Alami untuk Basmi Cacingan pada Anak

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Wajib Dicoba! 5 Bahan Alami Untuk Basmi Cacingan Pada Anak

Ilustrasi anak mengalami cacingan. (Special)

Ladiestory.id - Anak-anak rentan mengidap penyakit cacingan lantaran tak memperhatikan kebersihan. Sementara cacingan sendiri diketahui mampu menghambat pertumbuhan si kecil.

Pasalnya, cacing tersebut mampu menyerap sari-sari makanan. Selain itu, cacingan sangatlah berbahaya lantaran bisa masuk ke kulit, paru-paru, hingga pencernaan.

Oleh sebab itu, jika sang anak mengalami cacingan sebaiknya segera diobati. Moms bisa membelikan obat cacing di apotek atau menggunakan 5 bahan alami di bawah ini.

Bawang Putih

Ilustrasi bawang putih. (Special)

Cara menyembuhkan cacingan pada anak bisa menggunakan bahan alami berupa bawang putih. Diketahui, bawang putih merupakan bumbu dapur yang mudah ditemukan di setiap rumah.

Tak hanya sebagai bumbu dapur yang membuat masakan semakin lezat. Namun, bawang putih juga memiliki berbagai fungsi. Di antaranya mampu meredakan gatal pada anus, nyeri perut, mual, hingga sulit tidur.

Bawang putih juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan cacing. Yakni dengan cara menumbuk bawang putih hingga halus. Kemudian, bawang putih tersebut dicampur dengan minyak esensial.

Jika sudah tercampur, Moms bisa gunakan kapas untuk mengambil bawang halus tersebut. Usapkan dan tempelkan kapas tersebut di bagian anus anak.

Tumbukan bawang putih ini bisa dijadikan salep yang bisa membunuh telur cacing. Bahkan, salep dari bawang putih ini bisa mencegah cacing melakukan reproduksi.

Jika si anak suka, Moms bisa memberikan bawang putih untuk dikonsumsi secara langsung.

Wortel

Ilustrasi wortel. (Special)

Mengonsumsi wortel diketahui memiliki banyak manfaat, terutama bagi tumbuh kembang anak. Wortel merupakan salah satu sayuran yang mengandung banyak sumber vitamin A.

Makanan ini kerap dikaitkan dengan manfaatnya bagi kesehatan mata. Selain itu wortel baik dikonsumsi lantaran mampu melancarkan pencernaan.

Bahkan, wortel menjadi salah satu bahan alami yang ampuh untuk mengusir cacing dari tubuh. Pasalnya, sayuran berwarna oranye ini dapat memperbaiki pencernaan anak.

Selain itu, sayuran yang mengandung banyak serat, juga mampu meningkatkan pergerakan usus si kecil. Hal ini bisa membuat cacing di dalam tubuh dapat keluar. Nantinya, cacing akan keluar melalui ekskresi ginjal.

Teh Cengkeh

Ilustrasi teh cengkeh. (Special)

Cengkeh merupakan salah satu bumbu dapur yang bermanfaat untuk mengusir cacing. Bahkan, bahan alami ini kerap digunakan pada orang dewasa untuk mengusir cacing. Anak-anak pun diperbolehkan mengonsumsinya namun dalam jumlah yang terbatas.

Tak dikonsumsi secara langsung, cengkeh tersebut akan diolah menjadi teh. Agar rasanya tidak pahit, Moms bisa tambahkan gula atau pun madu. Hal ini dilakukan agar si kecil dapat mengonsumsinya dengan nikmat.

Minyak Kelapa

Ilustrasi minyak kelapa. (Special)

Minyak kelapa juga mampu menjadi bahan alami untuk mengusir cacing. Pasalnya, minyak kelapa memiliki kandungan antibakteri dan antivirus.

Diketahui kedua kandungan ini mampu mengobati infeksi yang disebabkan cacing kremi. Caranya pun mudah, Moms bisa memberikan satu sendok minyak kelapa pada anak setiap pagi.

Selain itu, Moms juga bisa mengoleskan minyak kelapa ini di bagian anus anak. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan rasa gatal pada anus. Jika dilakukan secara teratur, maka penyaki cacingan pada anak akan cepat sembuh.

Kulit Mangga Segar

Ilustrasi kulit mangga. (Special)

Kebanyakan orang mengonsumsi buah mangga pada bagian dagingnya. Pasalnya, memang itulah yang bisa dimakan secara layak sehingga banyak yang membuang kulit buahnya yang berwarna hijau itu.

Namun, rupanya kulit mangga yang masih segar mampu menjadi bahan alami sebagai obat cacing, loh. Hal ini dikarenakan kulit mangga memiliki sifat antelmintik dan kandungan AHA. Diketahui, kedua kandungan ini dapat mematikan kuman yang ada di dalam tubuh.

Kulit mangga dijadikan sebagai obat cacingan pun caranya cukup mudah. Moms hanya perlu membersihkan dan merebus kulit mangga selama 15 menit. Kemudian, air rebusan mangga itulah yang dikonsumsi si kecil.

Agar cepat sembuh, sang anak harus mengonsumsinya setiap hari. Rebusan tersebut aman dikonsumsi hingga cacing itu keluar dari tubuh anak.