Chiki Ngebul Makan Korban, Ini 5 Bahaya Makanan dengan Nitrogen Cair

Sabtu, 14 Januari 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Chiki Ngebul Makan Korban, Ini 5 Bahaya Makanan Dengan Nitrogen Cair

Ilustrasi Ice Smoke. (Special)

Ladiestory.id - Jajanan chiki ngebul atau ice smoke kini menjadi salah satu jajanan yang viral. Jajanan ini cukup menarik karena dapat mengeluarkan asap. Chiki ngebul terbuat dari sereal yang dicampur dengan nitrogen cair. Sehingga, efeknya dapat muncul asap dan sensasi dingin dari jajanan tersebut. 

Jajanan viral ini kini tengah menjadi sorotan. Pasalnya, puluhan anak di Jawa Barat, tepatnya di Tasikmalaya dan dan Bekasi keracunan akibat mengonsumsi chiki ngebul ini.

Ternyata selain menyebabkan keracunan, chiki ngebul dan makanan yang menggunakan nitrogen cair dapat membahayakan kesehatan, lho. Nah, berikut ini Ladiestory.id telah merangkum lima bahaya makanan yang menggunakan nitrogen cair. 

Sulit Bernapas

Ilustrasi sesak napas. (Special)

Dalam jajanan chiki ngebul digunakan zat kimia yaitu berupa nitrogen cair. Nitrogen cair adalah zat nitrogen yang berbentuk cair dan memiliki suhu yang sangat rendah hingga mencapai -196° C. 

Penggunaan nitrogen cair pada makanan sebenarnya telah cukup lama. Namun, fungsinya yaitu untuk mengawetkan makanan. Seiring berjalannya waktu, kemudian nitrogen cair ini digunakan dalam makanan dan minuman, sehingga dapat memunculkan efek asap. 

Makanan chiki ngebul akan mengeluarkan banyak asap akibat adanya nitrogen cair. Jika kamu terlalu banyak menghirup asap atau uap nitrogen tersebut dapat menyebabkan sesak napas. Pasalnya, kamu lebih banyak menghirup nitrogen dibandingkan oksigen. Sehingga, kamu akan kekurangan oksigen dan menyebabkan sulit untuk bernapas. 

Sakit Perut

Ilustrasi sakit perut. (Special)

Bahaya selanjutnya yang ditimbulkan akibat mengonsumsi makanan yang mengandung nitrogen cair adalah mengalami sakit perut. Bahkan, efek sakit perut yang ditimbulkan adalah sakit perut yang sangat parah. 

Penderita yang keracunan chiki ngebul ini umumnya akan mengalami sakit perut parah disertai dengan sesak napas. Bahkan, nitrogen cair ini juga dapat merusak organ pencernaan, lho Ladies. 

Kerusakan Lambung

Ilustrasi lambung. (Special)

Selain menyebabkan sakit perut yang sangat parah, nitrogen cair yang dikonsumsi juga dapat merusak organ pencernaan, salah satunya adalah lambung. Jika kamu menelan nitrogen cair dalam bentuk makanan dalam jumlah besar maka dapat menyebabkan lambung mengalami perforasi alias robek. 

Hal ini dapat terjadi karena nitrogen cair bersuhu sangat rendah, sehingga sangat dingin dan menyebar cepat memenuhi isi lambung. Oleh karena itu, dinding lambung pun dapat mengalami kerusakan bahkan berlubang. 

Luka Bakar

Ilustrasi luka bakar. (Special)

Dalam dunia medis, nitrogen cair umumnya digunakan untuk membakar hal-hal yang tidak diinginkan pada kulit. Hal ini dikarenakan, sifat nitrogen cair yang mudah membakar jaringan kulit. Meskipun tidak mengeluarkan api, namun nitrogen cair sangat berbahaya dan menyebabkan luka bakar jika mengenai kulit. 

Sehingga, jika nitrogen cair ini mengenai bagian kulit maka dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, seperti luka bakar, melepuh, dan cedera radang dingin (frostbite). Nah, kamu bisa membayangkan bukan, bagaimana jika nitrogen cair tersebut mengenai kulitmu, Ladies?

Kematian

Ilustrasi perempuan lelah. (Special)

Dampak yang paling fatal dari nitrogen cair yang masuk ke dalam tubuh adalah dapat menyebabkan kematian. Hal ini bisa terjadi saat kamu sedang mengonsumsi makanan yang mengandung nitrogen cair di ruangan yang tertutup dan tanpa ventilasi. Secara tidak langsung, saat kamu mengonsumsi jajanan tersebut, kamu juga menghirup nitrogen cair.

Menghirup nitrogen yang terlalu banyak dapat menyebabkan konsentrasi oksigen dalam tubuh menjadi berkurang bahkan sangat rendah. Sehingga, kamu akan merasa pusing, sesak napas, tidak sadarkan diri, bahkan yang paling fatal adalah menyebabkan kematian.