Miliki Dampak Buruk, Ini Bahaya Over Sharing di Media Sosial

Selasa, 19 Juli 2022 | 09:45:00

Miliki Dampak Buruk, Ini Bahaya Over Sharing Di Media Sosial

Ilustrasi kampanye media sosial. (Special)

Ladiestory.id - Saat kamu dekat dengan seseorang, baik itu secara langsung maupun lewat media sosial, mungkin kamu memberikan kepercayaan penuh padanya. Tetapi, kamu juga perlu memperhatikan jangan sampai hal itu malah berdampak buruk untuk kamu.

Apa itu Over Sharing?

Ilustrasi komunikasi (Special)

Menurut Illinoisworknes, over sharing adalah saat seseorang berbagi informasi pribadi terlalu banyak kepada khalayak umum atau orang asing.

Apakah Over Sharing itu Baik?

Orang Berbicara. (Special)

Melakukan over sharing atau memberikan informasi pribadi pada orang lain memang membuat perasaan kamu nyaman. Namun, jika berlebihan akan berdampak tidak baik untuk kamu.

Tak hanya dilakukan pada teman, kerabat, ataupun keluarga, over sharing juga dapat dilakukan di media sosial sebagai bentuk posting-an atau kabar terbaru yang dapat kamu lakukan pada profil media sosial kamu.

Memang, tujuan sebuah posting-an pada profil media sosial adalah sebagai kabar mengenai kegiatan atau kesibukanmu. Namun, jangan gunakan itu sebagai wadah untuk mem-posting hal yang seharusnya bersifat privasi.

Bahaya terlalu oversharing

Ilustrasi komunikasi (Special)

Over Sharing yang sering dilakukan akan berdampak bahaya untuk kehidupan kamu. Salah sautnya yaitu tidak adanya batasan informasi yang kamu berikan kepada orang lain. Hal yang seharusnya menjadi ranah privasi akhirnya dapat diketahui oleh orang lain. Jika orang tersebut memiliki maksud jelek, maka bisa saja ia menyebarkan privasimu dari satu orang ke orang lain. Tentu hal ini akan merugikan kamu, karena terlalu percaya pada orang lain yang tidak dapat menjamin kerahasiaanmu.

Bahaya lainnya yaitu akan berpengaruh pada kesehatan mental. Tak jarang orang mengalami gangguan kesehatan mental akibat terlalu over sharing. Informasi yang telah menyebar, baik itu langsung maupun secara online, dapat menimbulkan banyak opini dari orang lain.

Opini atau pendapat itulah yang kerap bisa mengganggu kesehatan mental kamu dalam kehidupan. Respons negatif dari berbagai sumber bisa menjadi boomerang bagi kamu saat membagikan informasi pada banyak orang. Jika kamu mengunggah sebuah peristiwa atau kabar harian pada sebuah media sosial, pastinya kamu harus siap untuk menerima banyak opini dari orang lain, baik itu teman maupun orang yang tak dikenal.

Bahaya yang terakhir mungkin terjadi yaitu menimbulkan niat jahat orang lain. Kesempatan informasi yang di dapat oleh orang lain, akan menimbulkan niat jahat. Biasanya dalam media sosial, niat jahat tersebut dapat berupa melaporkan akun media sosial, atau memberikan komentar tidak baik pada unggahanmu dan lainnya.

Cara Mengatasi Over Sharing

Foto: Ladiestory.id

Namun, jika kamu sudah terlanjur over sharing kepada orang lain, hal itu masih bisa kamu atasi dengan membatasi penggunaan ponsel. Kamu akan terhindar dari over sharing media sosial. Kecanduan akan menyebabkan kamu mudah memberikan informasi pada banyak orang di media sosial, jika berlebihan akan memberikan efek yang tidak baik untuk kamu. Lakukan kegiatan seperti membaca buku, membersihkan rumah, atau menonton film, sehingga dapat mengurangimu dalam penggunaan ponsel.

Selanjutnya, selektiflah terhadap lawan bicaramu. Memperhatikan lawan bicara menjadi salah satu cara untuk mengurangi over sharing. Namun, bukan berarti orang dekat dapat dengan mudah kamu percayai dengan informasi yang bersifat rahasia.

Itulah penjelasan tentang over sharing, mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya. Perhatikan selalu untuk tidak memberikan semua informasi kepada orang lain.