Menjadi Pelepas Dahaga, 4 Bahaya Terlalu Banyak Minum Es Teh Manis

Selasa, 28 September 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Menjadi Pelepas Dahaga, 4 Bahaya Terlalu Banyak Minum Es Teh Manis

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Es teh manis adalah salah satu jenis minuman favorit orang Indonesia. Hampir di semua restoran atau warung makan menyediakan es teh manis. Karena tidak bisa dimungkiri kesegaran dari minuman yang satu ini seolah menjadi pelengkap dari semua makanan yang kita santap.

Namun meski demikian, kebiasaan minum es teh manis dinginterlalu sering, mungkin harus segera kamu kurangi. Karena menurut sebuah penelitian, keseringan minum es teh manis akan berdampak buruk bagi kesehatan

Fakta dan Bahaya Terlalu Banyak Minum Es Teh Manis 

Sejatinya teh adalah salah satu jenis tumbuhan yang kaya akan manfaat, khususnya untuk kesehatan. Namun fungsi ini berubah jika kamu memberinya tambahan gula dan es batu.

Meski menjadi solusi pelepas dahaga, tanya es teh manis juga dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit berbahaya.

Salah satu dampak buruk jika terlalu banyak konsumsi es teh manis adalah berisiko mengalami penyakit batu ginjal. Ini karena dalam minuman tersebut mengandung asam oksalat yang sangat buruk untuk kesehatan ginjal. 

1. Risiko Penyakit Diabetes 

Foto: Ladiestory.id

Selain dapat mempengaruhi kesehatan ginjal, minum es teh manis sering-sering juga dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes. Bayangkan saja dalam satu cangkir es teh manis yang dijual di resto atau warung makan mengandung kurang lebih 33 gram gula atau bahkan lebih. Kalikan saja dengan berapa gelas es teh yang kamu minum dalam satu hari. 

2. Berisiko Alami Obesitas

Foto: Ladiestory.id

Jika kamu memiliki berat badan berlebih dan sedang berusaha menurunkannya, menghindari konsumsi es teh manis wajib hukumnya. Sebab, dalam segelas es teh manis mengandung sebanyak 250 kalori. Jika sering minum es teh manis, maka akan sulit untuk menurunkan berat badan berlebih. Bahkan seseorang bisa mengalami obesitas.

3. Salah Satu Pemicu Stroke

Foto: Ladiestory.id

Risiko mengalami stroke adalah salah satu penyakit yang akan dihadapi orang yang sering minum es teh manis. Hal ini karena kandungan gula bisa memicu kadar trigliserida jadi lebih tinggi. Kondisi inilah yang memicu terjadinya stroke.

4. Sistem Kardiovaskular Memburuk

Foto: Ladiestory.id

Dalam satu gelas es teh manis mengandung setidaknya 47 miligram kafein. Jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan, maka akan memicu terjadinya gangguan pada sistem kardiovaskular. Hal ini biasanya ditandai dengan perasaan gelisah dan tubuh gemetar jika terlalu banyak minum es teh manis

Itulah beberapa fakta dan bahaya tentang es teh manis yang dikonsumsi terlalu sering. Jika kamu tidak ingin mengalami beberapa hal yang disebut di atas, sebaiknya kurangi atau bisa minum es teh tawar saja.

Jika memang terpaksa ingin minum es teh manis, sebaiknya ganti gula dengan menggunakan takaran yang pas atau ganti dengan gula kesehatan yang rasanya tidak terlalu manis.