Bawa Oleh-oleh, 5 Tips Ketemu Calon Mertua Pertama Kali

Selasa, 14 Juni 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Bawa Oleh-Oleh, 5 Tips Ketemu Calon Mertua Pertama Kali

Menatu Idaman Mertua (Special)

Ladiestory.id - Terkadang bertemu orang baru membuat Kamu merasa gugup. Terutama jika hendak bertemu dengan calon mertua. Apalagi jika menjadi pertemuan pertama dengan mereka. Banyak perempuan akan merasa bingung harus berbuat apa. 

Bahkan banyak perempuan yang bingung harus berpenampilan seperti apa. Hal ini menjadi perasaan yang wajar dialami oleh kebanyakan perempuan. Pasalnya, Kamu tidak ingin first impression calon mertua jelek terhadap diri Kamu. Tenang dan jangan khawatir, karena berikut adalah beberapa hal yang perlu Kamu lakukan jika bertemu calon mertua.

Berpenampilan yang Pantas 

Foto: Ladiestory.id

First impression atau kesan pertama itu penting bagi setiap orang. Terlebih, jika hendak bertemu orang baru, termasuk bertemu calon mertua. Biasanya, kesan pertama muncul dari apa yang dilihat secara kasat mata. Dalam arti, penampilan menjadi hal penting dan utama saat bertemu dengan seseorang. 

Kamu perlu mencari informasi bagaimana budaya keluarga calon pasanganmu. Cari tahu seperti apa tipe keluarganya. Apakah mereka tipe keluarga yang modern atau konservatif. Cari tahu apakah keluarga calon pasanganmu tipe yang religius. 

Jika iya, akan kurang pantas bila Kamu menggunakan pakaian yang sedikit terbuka. Hal inilah yang kerap membuat wanita bingung untuk memilih pakaian. Amannya, Kamu bisa menggunakan pakaian yang rapi dan tidak berlebihan. Pakailah pakaian sesuai dengan acara yang diadakan. 

Jangan Pasif 

Menatu Idaman Mertua (Special)

Jika Kamu diajak bertemu dengan calon mertua dan keluarganya bersiaplah untuk menjadi perempuan yang aktif. Hal ini pun berlaku bagi Kamu yang memiliki tipe kepribadian introvert. Setidaknya Kamu harus bersikap ramah. Terutama Kamu harus menyapa terlebih dahulu calon mertua dan keluarganya. Hindari berdiam diri dan memojok sendirian.

Teruslah aktif dan berinteraksi dengan mereka. Misalkan, Kamu diundang acara makan bersama, bantulah calon ibu mertua menata piring atau beberes setelah makan. Hal tersebut harus menjadi insiatif, meski mereka tidak meminta tolong. Namun ingat ya, bersikap aktif bukan berarti hiperaktif yang membuat mereka ilfeel denganmu. 

Jangan Ngomongin Hal Sensitif 

Foto: Ladiestory.id

Jagalah ucapanmu, terlebih jika Kamu dan calon mertua belum terlalu akrab. Sebaiknya, hindari obrolan yang mengacu kepada hal-hal sensitif. Sebaiknya Kamu perlu menghindari topik yang terlalu berat. Pasalnya, topik pembicaraan seperti itu akan memicu timbulnya image Kamu adalah orang yang sok tahu dan suka ikut campur. 

Misalnya, calon mertua adalah single parent dan Kamu juga berasal dari orang tua single parent. Jangan pernah membahas perceraian di awal pertemuan. Atau mungkin ada beberapa hal yang tidak sependapat, tahan diri untuk berdebat. Sebaiknya jadi pendengar yang baik. 

Bawa Oleh-oleh

Foto: Ladiestory.id

Hal ini menjadi salah satu poin yang kerap dilakukan oleh banyak wanita saat hendak bertenu calon mertua. Membawa makanan atau minuman yang bisa dinikmati bersama. Coba cari tahu apa yang menjadi kegemaran dari calon mertua.

Terlebih, jika ada sesuatu hal yang menjadi pantang mereka terkait beberapa penyakit yang diderita. Kamu bisa membawa martabak, roti bakar, atau pun lainnya. Tidak perlu mengusahakan membeli makanan yang mahal. Yang terpenting adalah makanan kesukaan mereka sehingga Kamu dapat mencuri hati calon mertua. 

Anggap Calon Mertua sebagai Orang Tua Sendiri

Menatu Idaman Mertua (Special)

Poin kelima bukan berarti Kamu bisa seenaknya saja. Menganggap calon mertua sebagai orang tua sendiri bisa membuat Kamu lebih santai saat bertemu mereka. Namun ingat, Kamu harus tetap hormat dan menghargai calon mertua. Bila sudah kenal cukup lama, jangan lupa bertukar nomer telepon agar bisa menjaga komunikasi di antara kalian. 

Bahkan Kamu bisa memberi perhatian layaknya orang tua sendiri. Jika berjodoh, nantinya mereka juga menjadi orang tuamu juga.

s