Beberapa Kualitas yang Harus Dimiliki Female Leader Agar Tak Mudah Dijatuhkan!

Selasa, 10 Desember 2019 | 21:59:21

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Beberapa Kualitas Yang Harus Dimiliki Female Leader Agar Tak Mudah Dijatuhkan!

Berbagai gerakan emansipasi wanita yang memperjuangkan kesetaraan gender akhir-akhir ini sedang gencar menyuarakan kebebasan dan hak perempuan untuk berkarier. Begitu pula membuka jalan yang lebar agar wanita Indonesia bisa mewujudkan mimpinya menjadi pemimpin atau female leader di bidang yang disukainya. Memang, tak mudah untuk menjadi seorang female leader yang tak mudah dijatuhkan, Ladies. Tapi, bukan berarti pula kamu tidak bisa menjadi pemimpin yang kuat. Hanya saja, ketika kamu sudah memutuskan ingin menjadi seorang female leader, kamu harus punya beberapa kualitas di dalam diri yang bisa membuatmu menjadi seorang pemimpin yang bijaksana sekaligus kuat, agar kamu tak mudah dijatuhkan oleh siapapun. Sebab itulah, untuk kamu yang sedang menjabat sebagai pemimpin di sebuah perusahaan, atau yang sedang dipercaya untuk memimpin proyek di tempat kerja, ada 5 kualitas yang harus kamu miliki nih, sebagai female leader yang kuat. Yuk, kita simak!

1. Wanita yang kuat itu sabar

Wanita yang kuat itu sabar
sumber: freepik.com

Kualitas yang harus dimiliki female leader yang kuat adalah kesabaran. Sebab, wanita yang kuat adalah wanita yang sabar menghadapi segala rintangan dan tantangan. Kesabaran yang baik membuat wanita tidak mudah marah dan bisa mengontrol perasaannya. Tentu, jika seorang wanita mampu mengontrol dirinya sendiri, terlebih perasaannya agar tak mudah dipengaruhi, ia pun juga bisa lebih leluasa menggunakan logikanya untuk berpikir dan mengambil keputusan. Selain itu, ketika kamu menjadi seorang female leader, mungkin kamu akan menemui situasi yang membuatmu harus menuntun para bawahanmu untuk bergerak maju. Seorang pemimpin yang baik adalah yang mau melihat karyawannya turut maju dan berkembang.

2. Wanita yang kuat itu memiliki kepercayaan diri yang cukup

Wanita yang kuat itu memiliki kepercayaan diri yang cukup
sumber: freepik.com

Percaya diri adalah modal utama seorang pemimpin wanita. Sebab, dengan memiliki kepercayaan diri yang cukup, kita bisa membuat orang lain percaya dengan apa yang kita negosiasikan dan tawarkan. Selain itu, orang yang percaya diri biasanya tak akan pernah ragu untuk berbicara, tak akan pernah malu untuk banyak bertanya, dan tak akan merasa rendah diri apabila bertemu dengan banyak orang yang apalagi merupakan petinggi-petinggi yang sudah berpengalaman lebih lama. Selain itu, kepercayaan diri yang cukup membuat wanita bisa memposisikan dirinya sebagai pemimpin yang bijaksana dan tidak over percaya diri.

3. Wanita yang kuat memilki self-awareness yang tinggi

Wanita yang kuat memilki self-awareness yang tinggi
sumber: freepik.com

Pemimpin wanita yang baik adalah yang punya kesadaran akan dirinya sendiri, Ladies. Bagaimanapun ia berusaha untuk memahami orang lain, ia pun juga tetap mempunyai waktunya sendiri untuk mengenal dan memahami dirinya sendiri. Selain itu, seorang female leader yang kuat adalah mereka yang bisa memenuhi kebutuhan batinnya sendiri sebelum mampu memenuhi kebutuhan orang lain. Bukannya egois, hanya saja semestinya kita sadar, bahwa satu-satunya yang setia menemani kita adalah diri kita sendiri. Lagipula, apabila jiwa kita sudah penuh terisi dengan kebutuhan yang sudah kita cukupi, diri pun akan semakin mudah melangkah dan pikiran pun akan lebih jernih ketika membuat strategi untuk membantu orang lain.

4. Wanita yang kuat memiliki koneksi yang luas

Wanita yang kuat memiliki koneksi yang luas
sumber: freepik.com

Wanita yang kuat itu memiliki jaringan atau koneksi yang luas dan terhubung dengan banyak orang. Bukan sebab kepribadiannya adalah seorang extrovert, mereka yang introvert pun juga bisa memiliki koneksi yang luas. Terhubung dengan orang lain bukan berarti harus selalu bertemu atau berkabar setiap saat, akan tetapi memiliki ikatan yang baik dalam jangka panjang, dan tak sekadar kenalan baru yang langsung lupa di kemudian hari saja. Selain itu, ketika kita terhubung dengan banyak orang, kita bisa saling tukar pikiran dan mempelajari banyak hal yang bisa kita dapatkan ketika berbincang dengan mereka.

5. Wanita yang kuat memiliki ketangguhan diri

Wanita yang kuat memiliki ketangguhan diri
sumber: freepik.com

Jika kamu adalah seorang female leader yang bekerja di tengah-tengah banyaknya pekerja pria, kamu harus memiliki ketangguhan diri agar tak mudah dijatuhkan. Bukan berarti berburuk sangka kepada mereka, hanya saja, sejarah di negeri ini lebih banyak mengukir pria yang menjadi pemimpin ketimbang wanita. Sehingga, tentu masih banyak pria di luar sana yang menginginkan jabatan kepemimpinan yang kamu pegang, Ladies. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menjadi pemimpin yang bisa memimpin dalam waktu yang lama. Sebab, ketangguhan yang kamu miliki bisa menjauhkanmu dari godaan untuk menyerah.

Jika kamu sudah memiliki 5 kualitas yang harus dimiliki female leader agar tak mudah dijatuhkan ini, artinya kamu sudah siap untuk menjadi pemimpin wanita yang kuat dan bijaksana.