Begini Cara Memulai Bisnis Online Yang Bisa Kamu Lakukan

Selasa, 22 Desember 2020 | 00:28:26

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Begini Cara Memulai Bisnis Online Yang Bisa Kamu Lakukan

Bisnis online kian menjamur. Dalam urusan jual beli misalnya, banyak pedagang yang mengalihkan aktivitasnya ke onlineKamu pasti udah sering dengar kan, banyak pebisnis online yang meraup untung menggiurkan tanpa perlu membuka lapak fisik. Walau terlihat mudah, namun memulai bisnis online tidak bisa kamu lakukan setengah-setengah. Kamu perlu melakukan berbagai cara memulai bisnis online, sehingga bisnis kamu semakin laris. 

1. Mulai bisnis online kamu dengan terlebih dahulu memetakan pasar bukan produk

Banyak yang memulai bisnis dengan membuat produk telebih dahulu lalu baru mencari pasarnya. Tidak salah memang, namun bila kamu ingin sukses berbisnis online, maka akan lebih baik bila kamu melakukan pemetaan pasar terlebih dahulu, baru menentukan produknya. Pemetaan tersebut melingkupi jenis produk apa saja yang laku di pasaran atau produk seperti apa yang disukai oleh masyarakat pada kelompok umur tertentu atau berapa besar kompetisi pada satu jenis produk, dan lainnya.

2. Riset yang matang

Riset yang matang harus dilakukan terlebih dahulu bila menginginkan bisnis online dengan keuntungan yang optimal. Riset tersebut tak perlu dilakukan dengan susah payah, kamu dapat mengunjungi forum-forum online untuk melihat tren produk yang tengah digandrungi. Kamu juga bisa melihat kata kunci apa yang sering ditemui di mesin-mesin pencari internet.

3. Disain produk dengan baik

Disain sangatlah penting untuk meningkatkan nilai produkmu. Disain yang dimaksud bisa berupa disain kemasan atau pembungkus produk. Buatlah semenarik mungkin sehingga pembeli tertarik untuk membelinya. Kamu juga perlu mendesain platform pemasaran online yang kamu gunakan. Entah itu berbentuk website, Instagram, situs belanja online, dan lainnya.

4. Pilih platform online yang sesuai

Dalam memilih platform online kamu perlu tahu target pasar yang dibidik. Bila kamu menargetkan pelanggan berusia 30 tahun ke atas, website dan situs belanja online bisa menjadi pilihan platform online yang paling baik. Ini mengingat, pelanggan dengan kelompok usia tersebut lebih mementingkan keamanan bertransaksi.

5. Gunakan media sosial untuk promosi

Namun bila kamu menyasar pelanggan pada kelompok usia 20 tahun-an atau remaja, Instagram menjadi pilihan yang tepat. Hal ini sesuai dengan profil pengguna instragram yang umumnya berumur di bawah 30 tahun. Target pasar yang satu ini senang mengikuti tren. Mereka cenderung mencari dan menggunakan produk yang sedang banyak digunakan. Mereka pun sangat visual sehingga gambar-gambar yang ada di Instagram membantu mereka dalam mengambil keputusan untuk membeli barang.

Sumber Foto Utama: Freepik.com