Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | BEGINI TRIK MENGHILANGKAN RASA NGANTUK SAAT BERPUASA

Begini Trik Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Berpuasa

LS Health
Penulis: LS Health
Kamis, 23 April 2020 | 10:10:08
Durasi baca: 2 menit, 3 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Begini Trik Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Berpuasa

Mengantuk adalah hal yang normal, di mana hal ini merupakan alarm bagi tubuh untuk mengistirahatkan diri, karena tidur cukup adalah hal yang baik untuk tubuh. Kalau mengantuk di saat yang tepat, tentulah menyenangkan. Seperti memang sudah saatnya tidur. Apabila rutinitas tidur terganggu, misalnya semalam lembur, kurang tidur, atau kelelahan dari perjalanan. Esoknya mengantuk dapat dikatakan wajar. Lalu bagaimana jika kamu selalu merasa mengantuk selama puasa sementara ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan? Coba ikuti tips di bawah ini. 

Tidur lebih cepat

Bila biasanya kamu tidur jam 23.00, maka di bulan puasa ini ubahlah jadwal tidurmu menjadi satu jam lebih cepat atau jam 22.00. Setelah itu, pada jadwal makan siang karena sedang berpuasa, kamu bisa menggunakannya untuk tidur atau istirahat sejenak.

Mencoba power nap

Sama seperti penjelasan di atas, cobalah istirahat selama 20 menit di saat jam siang atau jam makan siang kamu. Jika kamu pekerja kantoran, cobalah tidur di atas meja kerjamu atau di masjid usai sholat dzuhur.

Baca juga: Trik Makeup Buat Si Kulit Sawo Matang Hitam Manis

Perhatikan lingkungan tidur

Ohya, pastikan lingkungan tidur kamu bersih, tenang dan minim cahaya pada saat tidur malam. Bila perlu, gunakan masker mata agar kamu mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Perhatikan pola makan

Kamu harus memperhatikan pola makanmu di bulan puasa ini. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, tinggi gula, dan terlalu pedas. Serta jangan terlalu banyak makanan yang digoreng-goreng. Cobalah makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Minum cukup air putih

Saat tubuh mempunyai kadar air yang baik maka proses kerja jantung akan jauh lebih optimal untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke otak. Ada salah satu iklan dari merek air mineral membuat adegan orang yang tidak fokus karena kekurangan cairan tubuh. Hal tersebut memang begitu adanya, orang yang kekurangan cairan tubuh maka akan kehilangan sebagian besar konsentrasinya. Selain meningkatkan kinerja fungsi otak, air putih juga dapat memberikan efek untuk memaksimalkan kinerja fisik. Orang yang mengalami dehidrasi akan mempunyai suhu tubuh yang tidak stabil sehingga mengakibatkan kelelahan hingga lemas.

Selain beberapa faktor di atas, kamu juga bisa mudah mengantuk karena penggunaan obat-obatan seperti obat untuk mengatasi penyakit tertentu, seperti hipertensi, asma, atau gangguan jantung. Rasa mengantuk yang muncul juga bisa dipengaruhi oleh kondisi medis seperti anemia, diabetes mellitus, hingga malnutrisi.

Kurang tidur pada malam hari juga bisa bikin kamu mengalami tanda-tanda penuaan dini lho, karena kantung mata jadi lebih gelap, dan muncul keriput secara perlahan. Yang paling sering dirasakan adalah jadi mudah sakit alias gampang terserang penyakit.

Baca juga: Trik Memilih Cincin Tunangan Yang Sesuai Dengan Impian Kamu


Yuk, manfaatin waktu istirahat dengan maksimal agar ibadah puasa tetap lancar dan tetap bisa beraktivitas seharian tidur. 

tips menghilangkan rasa ngantuk saat puasa cara menghilangkan rasa ngantuk saat puasa menghilangkan rasa ngantuk saat puasa

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health