Benda yang Harus Ada di Tas Siaga Bencana, Yuk Mulai Siapkan!

Sabtu, 15 Januari 2022 | 11:30:00

Lia Puspita

Penulis : Lia Puspita

Benda Yang Harus Ada Di Tas Siaga Bencana, Yuk Mulai Siapkan!

Tas Siaga.(Special)

Ladiestory.id - Baru-baru ini digemparkan dengan gempa yang ada di Banten. Gempa tersebut juga terasa hingga daerah Jabodetabek, tetapi tidak berpotensi tsumani. Gempa tersebut sempat membuat panik masyarakat Banten dan sekitarnya.

Di Indonesia sendiri, gempa bumi sering terjadi. Hal ini karena letak gerografisnya yang berada di antara lempeng Australia, lempeng Eurasia dan lempeng pasifik. Selain itu, Indonesia termasuk dalam cincin api pasifik.

Untuk mengantisipasi bencana, ada baiknya Kamu mulai mempersiapkan tas siaga bencana, Ladies. Tas ini akan berguna untuk bertahan hidup sebelum mendapat bantuan.

Lantas apa saja benda-benda tersebut? Ladiestory.id merangkum beberapa benda yang wajib Kamu masukkan dalam tas siaga bencana.

1. Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi.(Special)

Salah satu hal yang paling penting adalah dokumen pribadi. Jika Kamu masih single, Kamu perlu mempersiapkan dokumen pribadi Kamu. Namun, jika Kamu yang sudah berkeluarga, Kamu harus ektra cepat untuk mengumpulkan banyaknya dokumen Kamu, istri/suami, dan anak-anak.

Setelah terkumpul, sebaiknya dokumen tersebut dimasukan ke dalam sebuah map plastik agar tidak mudah basah jika terkena air. Dokumen pribadi adalah aset yang bisa Kamu gunakan untuk ke depannya. Mungkin untuk pekerjaan, sekolah atau hal lainnya setelah bencana usai.

2. Pakaian Layak Pakai

Pakaian Layak Pakai.(Special)

Pakaian-pakaian layak pakai bisa juga Kamu persiapan ketika bencana datang. Disarankan jangan membawa baju yang berlebihan. Pilihlah pakaian yang memang masih bisa digunakan agar benda-benda lain bisa untuk dimasukkan. Disarankan pilihlah bahan pakaian yang tidak terlalu tebal karena akan memakan tempat dalam tas Kamu nantinya. 

3. Alat Komunikasi

HP.(Special)

HP juga merupakan benda yang penting Kamu bawa. Pasalnya, Kamu bisa menghubungi kerabat serta keluarga Kamu yang dekat dari daerah tempat Kamu tinggal dan mungkin bisa membantu Kamu dalam bencana tersebut.

Selain menghubungi kerabat, Kamu juga bisa tahu informasi terkini tentang bencana yang Kamu alami. Kamu juga bisa menghubungi atau memberitahu perusahaan yang tempat Kamu kerja untuk libur sementara hingga bencana usai.

Selain HP, ada baiknya Kamu mempersiapkan charger dan powerbank. Untuk berjaga-jaga jika baterai HP-mu lowbat. Radio portable dan baterai juga bisa dimasukkan dalam tas, agar Kamu bisa mendapatkan informasi terkait bencana saat HP-mu tak lagi dapat digunakan saat tidak ada sumber listrik.

4. Obat-obatan

Foto: Ladiestory.id

Jangan lupa Kamu juga harus meyediakan obat-obatan dalam tas siaga Kamu. Jika Kamu belum mempunyainya, segeralah Kamu ke apotek dan membelinya sesuai dengan keluhan yang pernah Kamu alami. Obat penting saat Kamu belum mendapat bantuan atau berada tempat pengungsian.

Hal itu karena obat-obatan bisa membantu Kamu yang mempunyai riwayat penyakit bisa ditolong dengan pertolongan pertama. Obat-obatan juga bisa Kamu pisahkan dengan benda-benda yang lainnya menggunakan plastik agar mudah ditemuka bila dalam kondisi darurat.

5. Lampu emergency atau Senter

Lampu emergency.(Special)

Lampu emergency bisa Kamu masukkan dalam tas. Lampu ini bisa berguna sebagai tanda penerangan buat Kamu sehingga ada cahaya. Kamu juga bisa menggunakan lampu emergency untuk penerang saat Kamu tidur di tempat pengungsian.

Selain untuk menerangi, lampu dan senter juga dapat digunakan untuk meminta bantuan, dengan memberikan sinyal tertentu.

6. Uang Tunai dan Kartu ATM

Uang Tunai.(Special)

Uang tunai juga penting Kamu persiapkan. Kegunaannya untuk hal-hal yang tidak terduga selama Kamu di tempat pengungsian. Selain itu, jangan lupa bawa kartu ATM Kamu. Uang dan Kartu ATM bisa juga Kamu masukkan kedalam plastik atau bisa di dompet Kamu.

Disarankan di dalam dompet dan dompetnya dimasukkan kedalam plastik agar tidak basah. Selain itu, uang tunai bisa digunakan untuk membeli beberapa bahan keperluan di sekitar tempat pengungsian.

Selain apa yang disebutkan di atas, bawalah makanan instan dan air putih dalam tas siaga bencana. Hal ini penting saat Kamu belum mendapat bantuan.