5 Jenis Makanan Terbaik Untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Senin, 6 September 2021 | 07:39:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Jenis Makanan Terbaik Untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Foto: Ladiestory.id

Setiap orang tidak selalu diberkahi memiliki kulit yang normal dan tanpa masalah serius. Beberapa orang ada yang mempunyai kulit kering atau berminyak. Mempunyai kulit berminyak kadang-kadang menjadi nilai minus bagi penampilan, sebab bisa meninggalkan bekas pada wajah sehingga tampak kusam dan lengket.

Kulit yang berminyak merupakan kulit yang sangatlah mudah mengalami masalah seperti komedo dan jerawat. Mempunyai jenis kulit berminyak memang tidak dapat dianggap sepele, sebab hal ini akan menjadikan penampilan seseorang menjadi tidak maksimal.

Dikutip dari Emmy Graber, MD, seorang ahli dermatologi dari Boston University School of Medicine, kulit berminyak adalah kondisi yang sangat umum terjadi.

Problematika kulit berminyak tidak hanya terjadi pada kaum muda saja, tetapi orang yang lebih tua juga masih mengalaminya. Kulit berminyak juga tidak terbatas pada jenis kelamin. Wanita maupun pria dapat mengalami masalah kulit yang berminyak.

Makanan Untuk Mengatasi Kulit Berminyal

Kulit berminyak terjadi karena kelenjar minyak (sebaceous) yang terletak pada bawah permukaan kulit manusia terlalu banyak menghasilkan sebum atau minyak.

Sebum sendiri berasal dari lemak tubuh dan berfungsi guna melembabkan kulit, namun jika pembuatannya terlalu banyak maka dapat menyumbat pori-pori sehingga akan timbul komedo, kulit kusam, jerawat, dan noda hitam.

Untuk tipikal kulit berminyak juga memiliki jenis makanannya sendiri. Apa saja ya? Berikut daftarnya.

1. Gandum Utuh

Foto: Ladiestory.id

Ketika kamu mengurangi memakan karbohidrat dan memperbanyak memakan gandum utuh, permukaan kulit akan menjadi makin cerah dan halus. Oleh karena itu, roti gandum adalah pilihan yang lebih sehat daripada roti tawar.

Makanan yang tinggi akan serat layaknya havermut, roti gandum dan nasi merah bisa mengurangi toksin pada tubuh dan menyehatkan kulit. Serat juga ampuh dalam melancarkan pencernaan dan mengurangi masalah kulit.

2. Sayuran berdaun hijau

Foto: Ladiestory.id

Sayur-sayuran yang memiliki daun berwarna hijau merupakan salah satu sayuran yang terbaik bagi kulit berminyak. Vitamin C yang dibuat oleh sayuran berdaun hijau berfungsi guna melawan radikal bebas yang terkena pada wajah kita tiap harinya.

Memang tidak semua orang dapat mengkonsumsi sayuran dengan sukarela, tetapi terdapat beberapa upaya supaya dapat terbiasa memakan sayuran. Seperti membuat salad, smoothies sayuran, atau menambahkan sayuran sedikit demi sedikit pada menu makanan sehari-hari.

3. Makanan Rendah Gula

Foto: Ladiestory.id

Yang berikutnya ada makanan rendah gula. Seperti yang diketahui, makanan manis dapat menaikkan kadar insulin dalam tubuh sehingga menyebabkan peradangan dan naiknya kadar hormon yang pada akhirnya akan menyebabkan pori-pori tersumbat.

Saat pori tersumbat dan meradang, maka sudah pasti hal itu akan menjadikan kulit wajah kamu menjadi berminyak dan berjerawat. Sebab itu kamu mesti mencari sumber bahan makanan yang rasa manisnya lebih alami.

4. Timun

Foto: Ladiestory.id

Timun memiliki kandungan kadar air yang cukup tinggi. Tiap 100 gram timun memiliki kandungan sekitar 95 gram air yang berfungsi guna menjaga keseimbangan cairan pada tubuh serta membuang toksin. Selain bisa melawan inflamasi, timun pun kaya akan antioksidan yang baik bagi kesehatan kulit dan mengurangi jerawat.

5. Makanan mengandung probiotik

Foto: Ladiestory.id

Diketahui dapat membantu mengurangi peradangan pada usus yang bisa mengurangi jerawat, makanan yang memiliki kandungan probiotik sangat disarankan untuk mereka yang mempunyai masalah kulit berminyak. Makanan yang memiliki kandungan probiotik yakni kefir, coklat hitam, acar, tempe, kol, yogurt, kimchi, dan teh kombucha.

Itulah beberapa makanan yang disarankan untuk pemilik kulit berminyak. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait