Viral Teh Kekinian Terlalu Manis, Berapa Batas Aman Konsumsi Gula per Hari?

Senin, 26 September 2022 | 16:15:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Viral Teh Kekinian Terlalu Manis, Berapa Batas Aman Konsumsi Gula Per Hari?

Ilustrasi minuman Es Teh Indonesia. (Special)

Ladiestory.id - Brand minuman teh kekinian, Es Teh Indonesia, tengah ramai diperbincangkan di media sosial. Hal ini lantaran brand tersebut melayangkan somasi kepada warganet yang memberikan kritik bahwa produknya, yakni Chizu Red Velvet, dianggap terlalu manis.

Pembahasan ini pun membuat warganet turut menyoroti kandungan gula pada minuman kekinian. Pasalnya, mengonsumsi minuman manis dapat memicu diabetes.

Maka dari itu, asupan gula per hari perlu dikontrol, sebagai langkah mencegah diabetes. Lantas, berapa batas aman konsumsi gula per hari?

Ilustrasi menambahkan gula. (Special)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menganjurkan konsumsi gula per hari adalah 10 persen dari total energi (200kkal). Jumlah tersebut sebanding dengan empat sendok makan atau 50 gram gula per orang per hari.

Anjuran konsumsi gula harian tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 30 Tahun 2013. Aturan tersebut pun menjadi dasar bagi produsen makanan dan minuman untuk mencantumkan informasi kandungan gula pada produk yang dipasarkan.

Pencantuman informasi kandungan gula pada produk dinilai sangat penting. Sebab, informasi tersebut dapat digunakan oleh konsumen untuk menentukan batas konsumsi gula harian.

Sementara itu, menurut American Heart Association (AHA), batas asupan gula per hari dibagi menurut usia dan jenis kelamin. Pada kondisi normal, pria dewasa dianjurkan mengonsumsi maksimal 36 gram gula atau setara 9 sendok teh.

Untuk perempuan dewasa, batas yang direkomendasikan adalah 24 gram atau sebanding dengan 6 sendok teh. Sedangkan, untuk anak usia 2-18 tahun, disarankan untuk mengonsumsi gula kurang dari 24 gram atau setara 6 sendok teh.

Ilustrasi perempuan mengonsumsi makanan manis. (Special)

Perlu diketahui, mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula tinggi secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Melansir Medical News Today, mengonsumi gula secara berlebihan dapat memberikan efek dalam jangka pendek maupun panjang.

Efek jangka pendek yang bisa dirasakan akibat mengonsumsi gula berlebihan adalah timbulnya jerawat, berat badan bertambah, hingga tubuh menjadi lemas. Dalam jangka panjang, konsumsi gula berlebih dapat mengakibatkan berbagai penyakit kronis, seperti obesitas, diabetes tipe 2 hingga penyakit jantung.