Berapa Idealnya Besar Karat Berlian pada Cincin Lamaran?

Rabu, 24 November 2021 | 00:01:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Berapa Idealnya Besar Karat Berlian Pada Cincin Lamaran?

Foto: Ilustrasi pasangan

Cincin lamaran berukuran besar memang menarik perhatian semua orang. Tapi apa benar besar artinya selalu lebih baik? Cincin lamaran atau yang sering juga disebut sebagai proposal ring sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari perjalanan cinta pasangan modern.

Kalau dulu hanya dilihat di film-film, kini proposal ring menjadi simbol ikatan cinta lebih serius yang bisa dilihat di media sosial siapa pun, dari selebriti, influencer, sampai orang biasa.

Karena bentuknya yang signifikan, cincin lamaran mudah dikenali dengan bentuknya yang biasanya berupa cincin solitaire dengan satu berlian atau batu mulia. Yang menjadi pertanyaannya, berapakah ukuran berlian yang ideal pada cincin solitaire? Dan apa saja faktor yang berpengaruh terhadap ukuran ini?

Tergantung Lokasi dan Demografi

Menurut data yang disampaikan oleh Anna Jay, seorang ahli berlian bersertifikat GIA Amerika Serikat, ukuran karat pada cincin lamaran berbeda-beda menurut lokasi dan demografi. Di Amerika Serikat umum dipakai ukuran 1 karat, sementara di Inggris Raya dan Eropa lebih kecil yaitu 0,6 dan 0,5 karat. 

Sedangkan menurut demografi, pasangan usia di 20-an sampai 30-an ada di angka rata-rata 1-2 karat. Sementara pasangan di atas 30-an biasanya lebih memilih di atas 2 karat, biasanya karena kondisi keuangan yang lebih mapan.

Foto: Ilustrasi cincin tunangan

Faktor Tangan dan Bentuk Berlian

Banyak yang berpikir, semakin besar karat berlian pada proposal ring ini akan lebih baik, karena ukurannya juga dipercaya akan lebih besar dan lebih spektakuler. Padahal, besar saja bukan sebuah jaminan sebuah cincin lamaran akan terlihat besar.

Cincin satu karat misalnya, akan terlihat besar di tangan yang mungil, sementara di tangan yang besar akan terlihat lebih kecil. Bentuk berlian yang oval, misalnya, akan memberi efek tampilan lebih memanjangkan jari sehingga tampak lebih besar, dibanding dengan berlian berbentuk persegi, misalnya.

Foto: Ilustrasi cincin tunangan

 

Ukuran Bukan Segalanya

Jadi, saat memilih cincin lamaran yang kini biasanya dilakukan bersama-sama oleh calon pengantin pria maupun wanita, ukuran bukanlah satu-satunya.

Tentukan pilihan berdasarkan apa yang disuka oleh calon pengantin wanita, bentuk berlian mana yang terlihat cantik di jarinya, dan tentunya mana yang masih memenuhi budget yang sudah direncanakan. Ketiga tiga hal ini jadi pertimbangan, maka bisa dipastikan pilihan akhir menjadi yang terbaik.

Foto: Ilustrasi cincin lamaran

Masih bingung memilih cincin tunangan atau cincin lamaran yang sesuai? Nikmati pilihan engagement ring yang begitu beragam dari rumah perhiasan Frank & co. yang koleksinya bisa dilihat di www.frankncojewellery.com.

Tidak hanya itu, tersedia pula pilihan cincin kawin, perhiasan wanita dan hadiah unik untuk perayaan momen cinta Anda, apapun tingkatannya,

Karena cinta tidak hanya perlu diungkapkan dengan kata-kata tapi juga simbol indah yang abadi selamanya.