Berhenti Cintai Orang yang Tak Cinta Kamu! Begini Caranya Move On

Senin, 10 Oktober 2022 | 14:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Berhenti Cintai Orang Yang Tak Cinta Kamu! Begini Caranya Move On

Ilustrasi perempuan yang meragukan perasaan dan keyakinannya. (Spesial)

Ladiestory.id - Jatuh cinta menjadi momen yang membahagiakan, terlebih jika orang yang kamu cintai juga memiliki perasaan yang sama denganmu. Namun, hidup tak melulu indah apalagi perihal jatuh cinta.

Tak jarang, cinta harus bertepuk sebelah tangan. Ya, orang yang kamu cinta tak membalas perasaanmu. Lantas apa yang harus kamu lakukan?

Berikut beberapa cara yang dapat membantumu berhenti mencintai orang yang salah dan move on, seperti yang dilansir dari Health Line Online.

Akui Kebenaran Situasinya

Ilustrasi patah hati. (Special)

Optimisme bukanlah sifat yang buruk. Faktanya, kemampuan untuk mempertahankan harapan dalam situasi yang sulit atau menyakitkan biasanya dianggap sebagai tanda kekuatan pribadi.

Tetapi ketika menyangkut hubungan yang sulit, akan lebih membantu untuk mempertimbangkan kenyataan saat ini daripada masa depan yang kamu bayangkan.

Orang yang kamu cintai mungkin tidak merasakan hal yang sama, atau mungkin kamu merasa sangat jatuh cinta selama momen-momen intim tetapi menghabiskan banyak waktu untuk berbagai perbedaan prinsip antara kalian.

Menyadari bahwa hubunganmu tidak akan berhasil mungkin tidak akan membuat perasaan hilang dalam semalam, tetapi ini adalah langkah yang signifikan.

Identifikasi Kebutuhan Hubungan

Ilustrasi Hubungan. (Special)

Lihatlah dengan cemran apa yang kamu inginkan dari suatu hubungan, serta apa yang sama sekali tidak diinginkan. Hal ini dapat membantumu menunjukkan dengan tepat bagaimana minat cinta mungkin bukan pasangan terbaik.

Jika kamu memprioritaskan komunikasi yang baik dalam hubungan, sementara ketidakmampuan pasanganmu untuk membangun hal tersebut adalah indikator yang cukup bagus bahwa kalian tidak cocok.

Ketika menyadari bahwa seseorang yang kamu cintai tidak cukup memenuhi kebutuhanmu, kamu mungkin akan lebih mudah melupakan perasaanmu.

Lihatlah ke Masa Depan

Ilustrasi move on. (Special)

Cinta untuk mantan atau seseorang yang tidak membalas perasaanmu dapat membatasimu. Jika Kamu tetap terjebak pada seseorang yang tidak dapat menjalin hubungan denganmu, kemungkinan besar kamu akan kesulitan menemukan kebahagiaan dengan orang lain.

Mungkin, jika kamu tidak merasa siap untuk sesuatu yang serius, kencan santai juga dapat membantu kamu menyadari bahwa ada banyak orang hebat di luar sana.

Berkomitmenlah untuk melihat ke depan, bukan kembali ke masa lalumu, bahkan jika itu sulit pada awalnya.

Prioritaskan Hubungan Lain

Ilustrasi pertemanan yang langgeng. (Special)

Orang yang mengatasi patah hati sering cenderung "melupakan" tentang hubungan penting lainnya dalam hidup mereka.

Teman dan anggota keluargamu dapat menawarkan dukungan saat kamu berusaha untuk sembuh. Mereka bahkan mungkin memiliki beberapa wawasan atau kebijaksanaan yang bermanfaat untuk dibagikan dari pengalaman mereka sendiri.

Orang yang dicintai juga dapat memberikan kekuatan dan bimbingan jika kamu mencoba untuk menyembuhkan dari efek hubungan yang tidak sehat. Pastikan untuk memperhatikan bagaimana interaksimu.

Jika kamu merasa seseorang menghakimimu atau pilihanmu, atau membuat kamu merasa buruk dengan cara lain, mungkin bijaksana untuk membatasi waktu bersama mereka.

Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Ilustrasi me time. (Special)

Ketika merasa jatuh cinta, kamu mungkin membuat perubahan kecil pada penampilan atau kepribadianmu untuk menyelaraskan dengan apa yang kamu pikir mereka inginkan dari pasangan.

Pertimbangkan bagian-bagian dirimu yang mungkin telah kamu tolak, tekan, atau ubah. Mungkin bisa dengan berpakaian lebih manis dari yang kamu inginkan, mulai mengikuti olahraga yang tidak kamu minati, atau berhenti dari hobi favoritmu.

Pahami Mungkin Perlu Waktu

Ilustrasi perempuan sedih atau galau. (Special)

Perasaan cinta dapat dan memang akan memudar, tetapi ini umumnya bukan proses yang cepat. Sangat normal untuk merasakan banyak ketidaknyamanan pada saat-saat tersebut

Untuk dapat melewati periode ini kamu harus bersabar dengan diri sendiri,  latih self-compassion dengan mengatakan pada diri sendiri apa yang mungkin kamu katakan kepada teman dalam situasi yang sama.

Terimalah bahwa wajar untuk merasa terluka. Ingatkan dirimu bahwa rasa sakit tidak akan bertahan selamanya.

Yuk, move on!